Kesehatan

20 Juni 2021

Meski Mungil, Simak Ragam Manfaat Jagung Muda Ini Moms!

Moms, berikut ini segudang manfaat jagung muda untuk kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Jagung muda (baby corn), atau yang disebut putren adalah biji-bijian diambil dari jagung yang dipanen lebih awal, tangkainya masih kecil dan belum matang.

Nah, biasanya jagung muda ini dikonsumsi utuh, bisa dengan dimakan mentah atau dimasak.

Sesuai namanya, jagung muda dipanen saat masih muda sehingga tidak mengandung banyak pati dan gula seperti biji jagung. Jagung muda justru mengandung banyak nutrisi dan memiliki kadar lemak yang rendah.

Banyak manfaat yang bisa Moms dapatkan dari mengonsumsi jagung muda. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, ya!

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Jagung untuk Kesehatan, Baik untuk Diet!

Manfaat Jagung Muda untuk Kesehatan

Jagung muda mengandung banyak nutrisi dan vitamin, sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Jagung muda juga sering dijadikan dalam pelengkap berbagai makanan, seperti nasi goreng, pasta, salad, hingga sup.

Nah, berikut ini manfaat jagung muda untuk kesehatan tubuh Moms dan keluarga, yaitu:

1. Kandungan Kalori yang Rendah

Kandungan Kalori yang Rendah.jpg

Foto: freepik.com

Jagung muda dapat menjadi makanan yang cocok untuk mendukung program diet Moms, lho. Sebab, jagung muda memiliki kandungan kalori yang rendah.

Menurut US Department of Agriculture, jagung muda adalah sayuran yang hanya memiliki 25 kalori per ½ cangkir sajian atau sekitar 100 gram.

Sementara itu, ½ cangkir jagung biasa dapat memiliki lebih dari 60 kalori. Maka dari itu, jagung muda disebutkan rendah kalori yang hampir serupa dengan brokoli, kembang kol, dan kacang hijau.

Meski memiliki kalori yang rendah, jagung muda dapat menjadi makanan yang mengenyangkan.

Jika Moms tengah berjuang untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal, tidak ada salahnya untuk memasak jagung muda sebagai menu makanan lezat dan sehat.

Varian memasak jagung muda juga dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti menumis, merebus, mengukus, atau bisa dimakan mentah. Teksturnya yang renyah tentunya akan membuat makanan semakin lezat.

Baca Juga: Resep Sup Kentang Jagung

2. Sumber Nutrisi untuk Tubuh

Sumber Nutrisi untuk Tubuh.jpg

Foto: freepik.com

Ada banyak sumber nutrisi dalam jagung muda yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, natrium, kalsium, dan zat besi.

Semua nutrisi ini memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari dengan mengonsumsi setengah hingga satu cangkir jagung muda setiap harinya.

Vitamin C berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, magnesium bermanfaat untuk menunjang kinerja saraf dan otot, dan natrium menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Sementara itu, kalsium dan zat besi juga berperan memelihara kesehatan tulang, kuku, rambut, dan kulit.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran Penambah Imun Tubuh, Perbanyak Konsumsinya!

3. Kaya Serat

Kaya Serat.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat jagung muda berikutnya bisa didapatkan karena mengandung serat yang tinggi. Makanan berserat telah banyak dikaitkan dengan peningkatkan kesehatan pencernaan, sehingga baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Dikutip dari Harvard T.H Chan School of Public Health, manfaat serat juga mengurangi risiko berkembangnya berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung, diabetes, penyakit divertikular, dan sembelit.

Meski serat bermanfaat untuk tubuh, tetap cukupkan sesuai dengan kebutuhan, ya, Moms. Terlalu banyak serat justru memiliki efek samping yang berbahaya.

Terlalu banyak asupan serat dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Jadi, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, ya, Moms.

4. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Mengurangi Risiko Kanker Payudara.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kanker payudara masih menjadi salah satu jenis penyakit yang dapat mengancam nyawa perempuan. Untuk itu, dibutuhkan pengetahuan dan informasi yang tepat mengenai pola hidup sehat untuk mengurangi risikonya.

Ternyata, makan jagung muda turut berkontribusi pada pengurangan risiko kanker payudara. Hal ini karena jagung muda memiliki serat yang tinggi.

Sebuah studi yang diulas dalam jurnal Pediatrics pada tahun 2016 juga mengungkapkan, asupan serat mampu mengurangi risiko kanker payudara. Studi ini menunjukkan bahwa asupan serat sangat penting untuk dipenuhi pada masa remaja dan dewasa awal mungkin sangat penting.

Wanita yang makan lebih banyak makanan berserat tinggi selama masa remaja dan dewasa muda, termasuk sayuran dan buah, memiliki risiko kanker payudara yang jauh lebih rendah daripada mereka yang makan lebih sedikit serat.

Namun, ingat, Moms, sumber serat tidak hanya datang dari jagung muda. Ada banyak jenis sayuran hingga buah-buahan lainnya yang dapat menjadi sumber serat alami bagi tubuh Moms.

5. Sumber Folat untuk Tubuh

Sumber Folat untuk Tubuh.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat jagung muda berikutnya, yaitu kaya kandungan asam folat untuk tubuh. Ada banyak manfaat asam folat, terutama bagi kesehatan wanita. Bagi wanita yang tengah menjalani program hamil, asam folat akan meningkatkan kesuburan, serta mencegah terjadinya keguguran.

Bagi ibu hamil, asam folat berperan penting dalam mencegah cacat tabung saraf pada janin. Rutin mengonsumsi asam folat juga dapat membantu perkembangan saraf janin.

Tabung saraf janin yang tumbuh ke otak dan sumsum tulang belakang Si Kecil, dilindungi oleh asam folat untuk mencegah segala cacat prenatal selama pembentukan awal sistem saraf pusat pada janin.

Bagi ibu menyusui, asam folat mampu menghasilkan sel darah merah, yang penting untuk mencegah terjadinya anemia atau kekurangan zat besi. Asupan asam folat yang direkomendasikan sekitar 500 mg per hari.

Jumlah asupan tersebut dapat Moms peroleh dengan mengonsumsi suplemen vitamin atau makanan yang mengandung asam folat. Nah, mengonsumsi jagung muda dapat menjadi sumber asam folat baik untuk tubuh.

Baca Juga: Manfaat Makanan Sumber Asam Folat untuk Ibu Menyusui dan Bayi

6. Baik untuk Kesehatan Mata

Baik untuk Kesehatan Mata.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kesehatan mata dapat dijaga mulai dari sekarang, salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Tidak hanya wortel, Moms ternyata dapat makan jagung muda untuk menjaga penglihatan tetap baik ke depannya.

“Jagung muda mengandung senyawa karotenoid atau tetraterpenoid yang baik untuk kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan secara efektif. Karotenoid juga bagus untuk mengurangi risiko katarak,” ungkap Arushi Gupta, ahli gizi dari Dayanand Medical College.

Oleh karena itu, sangat bermanfaat untuk memasukkan sayuran kuning ini ke dalam menu makanan untuk menjaga kesehatan mata.

Apabila Moms ingin memilih jenis makanan lainnya yang baik untuk kesehatan mata, coba konsumsi sayuran hijau, buah-buahan yang mengandung vitamin A, serta ikan salmon yang kaya asam lemak omega-3.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

Menjaga Kadar Gula Darah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kadar gula darah normal, tinggi, atau rendah, tergantung pada seberapa banyak glukosa yang dimiliki dalam aliran darahnya. Nah, kadar gula darah normal dan ideal untuk siapa saja tanpa diabetes atau pradiabetes, tanpa memandang usia, di pagi hari harus kurang dari 100 mg / dL.

Salah satu cara menjaga kadar gula darah tetap normal, yaitu mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Jagung muda kaya akan kandungan serat, sehingga secara tidak langsung mampu menjaga kadar gula darah.

Cara lainnya untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, yaitu lakukan aktivitas aerobik sedang sekitar 30 menit di sebagian besar hari dalam seminggu, atau setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang dalam seminggu.

Jika Moms memiliki berat badan yang berlebih, maka sebaiknya menerapkan pola hidup sehat agar Moms dapat mengurangi risiko diabetes. Namun, jangan mencoba menurunkan berat badan selama kehamilan.

Itulah manfaat jagung muda yang baik untuk kesehatan. Nah, jadikan jagung muda sebagai menu makanan yang sehat, murah, dan bergizi, ya, Moms!

  • https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/carbohydrates/fiber/
  • https://www.livestrong.com/article/324214-baby-corn-nutritional-values/
  • https://pediatrics.aappublications.org/content/early/2016/01/28/peds.2015-1226
  • https://www.technologytimes.pk/2019/03/14/baby-corn-nutritional-health-benefits/
  • https://food.ndtv.com/health/7-incredible-benefits-of-baby-corn-you-must-know-1832767
  • https://www.onlymyhealth.com/baby-corn-health-benefits-side-effects-nutritional-value-and-ways-to-consume-1611318885
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait