Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
30 Desember 2020

Ini Ciri-ciri Jahitan Lepas Pasca Melahirkan Normal, Moms Wajib Tahu!

Cari tahu juga cara merawat jahitan pasca melahirkan normal yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms pernah mengkhawatirkan jahitan lepas pasca melahirkan normal? Apa saja ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal?

Banyak calon ibu yang memiliki keinginan untuk dapat melahirkan normal. Persalinan normal merupakan proses di mana janin dalam kandungan dilahirkan lewat vagina.

Meskipun kecil kemungkinan proses persalinan normal melibatkan operasi, tetapi dalam melakukan persalinan normal juga dapat terjadi komplikasi.

Menurut American Journal of Perinatology (2011), sekitar 10 persen wanita melakukan persalinan pervaginam atau persalinan normal, akan mengalami beberapa jenis komplikasi.

Salah satu komplikasi melahirkan normal termasuk kecenderungan kulit dan jaringan di sekitar vagina akan meregang dan robek. Jika hal ini terjadi, tentunya butuh untuk dijahit.

Lalu, adakah risiko jahitan lepas usai melahirkan normal? Apa saja ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Rasa Gatal di Bekas Jahitan Caesar

Cara Menjahit Robekan Pasca Melahirkan Normal

ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal

Foto: Orami Photo Stock

Jika robekan langsung, Moms tidak perlu meninggalkan ruangan tempat bersalin. Bidan atau dokter kandungan akan memberi Moms anestesi lokal untuk membuat area tersebut mati rasa dan kemudian menjahit robekan dengan hati-hati.

Sebagian besar unit persalinan merekomendasikan agar jahitan dijahit dengan benang kontinu, bukan jahitan individual. Ini akan mengurangi rasa sakit Moms setelahnya.

Jika robekan parah, tim kebidanan akan membawa Moms ke ruang operasi, sehingga dokter kandungan dapat menjahit robekan tersebut.

Kita akan mendapatkan anestesi lokal, melalui tulang belakang atau epidural, sehingga Moms tidak akan merasakan sakit selama prosedur dilaksanakan.

Terkadang, anestesi regional atau umum diperlukan. Ini biasanya untuk robekan parah di mana ahli bedah harus dapat mengidentifikasi tingkat cedera sepenuhnya.

Dokter atau bidan akan memasukkan selang halus (kateter) melalui uretra kita, ke dalam kandung kemih kita, untuk mengalirkan urin kita. Ini akan membuat perineum Moms lebih mudah pulih. Dokter kandungan kita mungkin memasukkan infus di lengan Moms untuk memberi kita cairan.

Obat penghilang rasa sakit akan mengurangi rasa sakit setelah obat biusnya hilang. Moms akan membutuhkan banyak istirahat selama 24 jam setelah jahitan kita dipasang. Berbaringlah miring daripada duduk, karena duduk memberi tekanan pada jahitan kita.

Sesaat setelah dijahit, Moms mungkin tidak akan menemukan ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal. Namun, itu tidak berarti Moms bisa bersantai.

Moms juga perlu merawat jahitan pasca melahirkan normal untuk menghindari muncilnya ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal.

Baca Juga: Melahirkan Normal Tanpa Jahitan, Mungkinkah? Ini Kata Dokter Kandungan

Merawat Jahitan Robekan Pasca Melahirkan Normal

ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal

Foto: Orami Photo Stock

Perineum adalah area kulit dan otot antara vagina dan anus. Pada akhir persalinan kita, lapisan kulit dan otot ini menipis dan meregang untuk memungkinkan bayi bisa melewati jalan lahir.

Jika Moms pernah mengalami robekan perineum atau vagina, atau episiotomi (sayatan yang dibuat pada perineum untuk memperbesar lubang vagina), beberapa cara berikut ini akan membantu Moms untuk sembuh dan merasa nyaman dan menghindari munculnya ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal.

  • Gunakan es secara teratur, biarkan selama 10 menit setiap kali, dan aplikasikan kembali setiap jam sesuai kebutuhan untuk beberapa hari pertama, atau selama masih terasa membantu. Es harus dibungkus dengan selembar kain tipis yang dibasahi dan kemudian ditempatkan di perineum, atau kantong es dapat ditempatkan di lapisan dalam pembalut wanita.
  • Jaga kebersihan perineum dengan mandi setiap hari.
  • Ganti pembalut setidaknya setiap empat jam. Cara ini dapat membantu mengurangi risiko infeksi.
  • Berbaringlah selama kira-kira 20–40 menit setiap jam selama 24 jam pertama, jika Moms bisa, karena hal ini mengurangi pembengkakan dan membantu penyembuhan. Berbaring miring seringkali lebih nyaman daripada telentang jika Moms mengalami nyeri punggung bawah.
  • Tahan duduk dengan kaki bersilang, atau posisi duduk apa pun yang memungkinkan labia terbuka lebar, jika robek atau dijahit. Ini akan membantu mengurangi ketegangan pada perineum atau jahitan kita, sehingga tidak akan lepas.
  • Latih beberapa "denyut" dasar panggul yang sangat lembut setiap jam tanpa mencoba untuk "menahan". Ini membantu mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan.
  • Bergerak dengan lancar dan hati-hati, hindari mengejan, menahan napas, atau mengangkat barang berat, terutama balita!
  • Berhati-hatilah untuk menarik dasar panggul sebelum Moms bergerak, mengangkat, batuk, atau bersin. Cara ini akan melindungi perineum.
  • Jika Moms memiliki jahitan, jahitannya bisa larut dan akan lepas antara satu hingga tiga minggu setelah melahirkan. Kita mungkin menemukan beberapa jahitan di tisu toilet atau di kamar mandi.

Baca Juga: Apakah Hypnobirthing Cocok dengan Kita? Simak Penjelasannya di Sini, Moms!

Kemungkinan Jahitan Lepas Usai Melahirkan Normal

jahitan lepas usai melahirkan normal-1.jpg

Foto: 1life.co.za

Menurut dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, RS Pondok Indah - Pondok Indah, akan ada kemungkinan bahwa jahitan dapat lepas usai persalinan normal.

"Jahitan lepas usai melahirkan normal mungkin saja terjadi. Ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal yaitu luka terasa lebih perih, pada beberapa keadaan bisa terjadi perdarahan segar dan luka terbuka," jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Yuslam mengatakan bahwa ada beberapa penyebab lepasnya jahitan pasca persalinan normal.

"Penyebab dari lepasnya jahitan adalah simpul benang terbuka karena simpul kurang kuat, benang terputus sebelum waktunya, terjadi trauma seperti terjatuh dan terpeleset saat selesai operasi, dan infeksi," jelasnya.

Ciri-ciri Jahitan Lepas Pasca Melahirkan Normal

jahitan lepas pasca melahirkan normal

Foto: Orami Photo Stock

Ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal biasanya diketahui dengan keluarnya darah atau nanah dan bau menyengat. Beberapa lainnya adalah munculnya gejala demam dan rasa nyeri yang tidak tertahan.

Ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan lainnya yang mungkin akan Moms rasakan adalah:

  • Munculnya gumpalan darah pada vagina. Jika Moms sebelumnya menjalani prosedur cesar lalu kehamilan kedua menjalani prosedur normal, hal ini dapat terjadi.
  • Keputihan berlebihan dengan bau tidak sedap juga menjadi tanda jahitan terbuka.
  • Mengalami gangguan buang air kecil. Ada rasa nyeri ata sensasi seperti rasa panas terbakar saat buang air kecil tanda jahitan bermasalah.
  • Bengkak pada beberapa bagian tubuh, umumnya di bagian kaki.

Baca Juga: 4 Nutrisi Agar Jahitan Melahirkan Cepat Pulih

Faktor penyebab jahitan setelah melahirkan normal terbuka antara lain:

  • Luas bagian tubuh yang mendapat jahitan
  • Lokasi jahitan, apakah berada pada persendian atau bagian tubuh yang sering ditekuk, bergeser atau bergerak.
  • Adanya faktor infeksi

Pencegahan dan Penanganan Jahitan Lepas Usai Melahirkan Normal

jahitan lepas usai melahirkan normal-2.jpg

Foto: businessinsider.com

Setelah mengetahui ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal, penting juga bagi Moms inntuk tahu cara mengegah dan menanganinya.

Dokter Yuslam juga menjelaskan bentuk pencegahan seperti apa yang bisa dilakukan agar Moms tidak mengalami jahitan lepas usai melahirkan normal yang cukup meresahkan.

Salah satunya cara pencegahannya yaitu dengan merawat luka jahitan tetap bersih dengan rajin membersihkannya.

"Pencegahan agar tidak lepas jahitannya, luka perlu dijaga tetap bersih. Bila perlu, berikan kompres antiseptik atau salep antibiotik. Setelah proses persalinan, ibu harus lebih berhati-hati saat berakivitas," terangnya.

Untuk penanganan jahitan lepas usai melahirkan normal juga tidak berbeda jauh dengan bentuk pencegahannya. Moms bisa mengompres luka jahitan dan menjaga kebersihan lukanya.

Baca Juga: 4 Hal Penting untuk Bertahan Menghadapi Depresi Pascapersalinan

"Penanganannya apabila jahitannya sudah lepas, lakukan kompres luka dengan obat antiseptik. Jaga kebersihan luka dan sekitarnya," terang dr. Yuslam.

Ia juga menyarankan, apabila luka jahitan lepas usai melahirkan normal semakin terasa perih atau nyeri, sebaiknya lakukan kontrol ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal. Penting bagi Moms untuk merawat jahitan pasca melahirkan normal dengan baik untuk menghindari munculnya ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal.

Artikel Terkait