Newborn

NEWBORN
17 Desember 2020

Apa yang Harus Diperhatikan Agar Jam Tidur Bayi 4 Bulan Terpenuhi?

Persiapkan pola tidur bayi 4 bulan agar perkembangannya lebih optimal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setelah merasakan waktu tidur yang panjang selama 3 bulan pertama, sekarang saatnya beradaptasi dengan jam tidur bayi 4 bulan. Saat berusia 4 bulan, biasanya akan ada lebih banyak waktu tidur siang karena akan terjadi 2-3 kali sehari.

Meski begitu, jam tidur malam bagi bayi yang berusia 4 bulan juga bisa terjadi selama 12 jam setiap malam sambil tetpa disusui. “Anak berusia empat bulan sering menyusui di malam hari, tetapi sekitar enam bulan, jika mereka tumbuh pada kurva dan semuanya sehat, maka kemampuan untuk tidur 12 jam pasti ada, ”Kata Erin Neri, konsultan tidur ank bersertifikat di Sherwood Park, Alta.

Moms juga mungkin ingin mempertimbangkan untuk melatih waktu tidur pada bayi, terutama bagi yang bayi yang muai mengalami sleep regression. Usia antara empat hingga enam bulan juga merupakan waktu untuk beralih dari bedong ke baju tidur biasa yang akan mempengaruhi waktu tidurnya.

Baca Juga: Normal atau Bahaya, Apa Penyebab Bayi Mendengkur Saat Tidur?

Jadwal Jam Tidur Bayi 4 Bulan

Jam Tidur Bayi 4 Bulan -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, jam tidur yang harus dimiliki oleh bayi 4 bulan adalah 12-17 jam dikutip What to Expect. Meski begitu, kebutuhan tidur setiap bayi berbeda-beda dan wajar jika SI Kecil tidur sebentar lebih atau kurang dari itu. Untuk menjadi gambaran, Moms bisa melihat contoh jadwal jam tidur bayi yang berusia 4 bulan saat akan membiasakan latihan tidur untuk Si Kecil.

Dengan durasi waktu bangun sekitar 2 hingga 3 jam, bayi akan memiliki lama waktu tidur dua 2 hingga 3 jam pada siang hari selama 20 menit hingga 3 jam, dan dapat tidur hingga 12 jam semalam atau bangun sekali atau dua kali. Total waktu tidur bayi 12 hingga 16 jam sehari.

Contoh Jadwal jam tidur bayi 4 bu lan dengan 3 kali tidur siang yakni;

  • 7 sampai 7:30 pagi - Bangun (2,5 sampai 3 jam)
  • 10.00 - Tidur siang pertama (1 jam)
  • 11 pagi - Waktu bangun (2,5 jam)
  • 13:30 - Tidur siang kedua (2 jam)
  • 15.30 - Waktu bangun (1,5 jam)
  • 17.00 - Tidur siang ketiga (30 menit)
  • 17:30 - Waktu bangun (2 hingga 2,5 jam)
  • 20:30 sampai 8 pagi - Tidur (11+ jam, dengan atau tanpa bangun malam)

Total waktu tidur: 14,5 hingga 15,5 jam

Pastikan Bayi Cukup Tidur

Jam Tidur Bayi 4 Bulan -2

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir Raising Children, bayi sering terbangun karena khawatir akan berpisah dengan Moms. Sentuhan atau pelukan akan membantu bayi mengetahui bahwa Moms berada di dekatnya.

Meski begitu, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan bayi hanya berbagi kamar dengan orang tua, bukan berbagi tempat tidur. Ini dapat dilakukan idealnya selama satu tahun, tetapi setidaknya bisa dilakukan selama enam bulan.

Hal ini untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat, Ssetidaknya sekitar 3.700 bayi meninggal karena penyebab terkait tidur pada 2015, termasuk 1.600 dari SIDS.

Jika Moms khawatir jam tidur bayi yang berusia 4 bulan tidak tercukupi, Moms bisa memantau bayi saat tidur selama seminggu atau lebih. Ini dapat membantu dalam mendapatkan gambaran yang jelas tentang kebutuhan tidur bayi.

Mom bisa mencatat dalam sebuah bagan yang diisi dengan jam tidur 4 bulan secara harian, yang diuraikan dalam blok per-jam dalam bentuk kolom. Setelah selesai mengamati, kolom-kolom akan memberi tahu Moms hal-hal seperti:

  • Kapan bayi akan tidur,
  • Berapa lama bayi tidur,
  • Berapa kali bayi terbangun di malam hari selama seminggu,
  • Kapan saja waktu bayi terbangun di malam hari,
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan bayi untuk tenang setelah bangun malam.

Setelah mendapatkan hasilnya, pertahankan grafik jam tidur bayi 4 bulan yang dirasa telah memenuhi kebutuhan waktu tidurnya. Ini akan memungkinkan Moms untuk menilai kemajuan Si Kecil dan melihat seberapa banyak perubahan yang terjadi.

Baca Juga: Foto Bayi Lucu Didandani Ala Cosplay saat Tidur, Gemas!

Mengenalkan Latihan Tidur Bagi Bayi 4 Bulan

Jam Tidur Bayi 4 Bulan -3

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun tidak perlu melatih bayi untuk tidur untuk mendapatkan jam tidur optimal pada bayi 4 bulan, banyak orang tua menemukan bahwa latihan tidur akan membantu bayi belajar tidur sepanjang malam. Dokter anak pun sering memberi lampu hijau kepada orang tua untuk mencoba pelatihan tidur pada usia 4 bulan.

Pada usia ini, bayi belajar cara menenangkan diri dan kembali tidur tanpa bantuan Moms. Studi Clinical Medicine and Research mencatat, ada dua hal yang bisa membuat bayi hanya menghabisakan lebih sedikit waaktu terbangun di malam hari.

Moms harus cepat menyusui bayi saat mulai menangis, atau segera mengganti popok bayi. Ini akan membantu agar bayi 4 bulan mendapatkan jam tidur yang ideal dan lebih berkualitas. Selain itu, Mom bisa menenangkan cengan cepat saat Si Kecil mulai menangis atau memeluk saat mimpi buruk.

Meskipun tidak ada cara yang tepat untuk melatih tidur, ada beberapa metode berbeda yang bisa disesuaikan dengan Si Kecil, Momsm, dan keluarga di rumah. Beberapa metode yang lebih populer adalah metode cry it out (atau extinction) yaitu Moms membiarkan bayi menangis sampai tertidur tanpa intervensi apa pun, metode Ferber yaitu memeriksa bayi pada interval yang semakin lama, dan metode kursi yaitu Moms duduk di kursi di kamar bayi, perlahan-lahan memindahkannya dan keluar.

Ingatlah bahwa latihan tidur tidak selalu sama dengan menyapih di malam hari dan anak Anda yang berusia 4 bulan mungkin masih perlu makan setidaknya sekali di malam hari. Dokter anak Anda dapat menawarkan panduan tentang waktu terbaik untuk meninggalkan salah satu makanan malamnya.

Tips Agar Bayi 4 Bulan Mendapat Jam Tidur Optimal

Jam Tidur Bayi 4 Bulan -4

Foto: Orami Photo Stock

Agar jam tidur bayi usia 4 bulan tercukupi, Moms harus terus fokus membangun kebiasaan tidur yang sehat. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Luangkan waktu untuk tummy time. Karena masalah tidur sering terjadi saat bayi sedang menguasai perkembangan baru, pastikan bayi memiliki banyak waktu tummy rime di siang hari untuk berlatih berguling.
  • Patuhi rutinitas waktu tidur. Memandikan bayi nda, mengenakan piyamanya, mendengarkan musik, dan membaca cerita bersama sebelum mematikan lampu akan membantu bayi bersantai dan memberi tanda bahwa sudah waktunya untuk tidur.
  • Mulailah rutinitas tidur pada waktu yang sama setiap malam. Pastikan rutinitas waktu tidur Si Kecil berlangsung sekitar 30 menit sebelum tertidur.
  • Buatlah rutinitas waktu tidur yang singkat untuk tidur siang. Tidak perlu sama seperti rutinitas tidur malam, tetapi buatlah versi pendek yang berisi beberapa elemen seperti pelukan atau membaca buku yang akan membantu memberi sinyal kepada bayi bahwa sudah waktunya tidur.

Baca Juga: Bayi Tidur Tanpa Digendong? Bisa!

Masalah Tidur Bayi Usia 4 Bulan

Jam Tidur Bayi 4 Bulan -5

Foto: Orami Photo Stock

Bahkan jika Moms mengikuti tips di atas, masalah tidur bisa saja terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang paling umum yang mungkin akan dihadapi pada usia ini.

  • Bayi rewel di malam hari. Tunggu beberapa menit sebelum Anda merespons untuk memberinya kesempatan menenangkan dirinya.
  • Bayi tidak bisa tidur siang. Bayi membutuhkan lebih sedikit tidur seiring bertambahnya usia. Namun, setiap bayi berbeda. Jika bayi tidur tetapi lebih rewel, cobalah versi singkat dari rutinitas tidur malam saat tidur siang.
  • Bayi sulit tidur di malam hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh regresi tidur yang akan mengganggu jam tidur bayi 4 bulan, yang bisa saja terjadi saat bayi kelelahan karena terlalu banyak waktu terjaga di siang hari. Konsisten dengan tidur siangnya, pastikan bayi tidak bangun selama lebih dari dua jam setiap kali tidur.
  • Regresi tidur. Secara umum, regresi tidur adalah fase ketika bayi lebih sering bangun di malam hari atau kesulitan tidur siang. Ini juga sering kali bertepatan dengan fase perkembangannya. Pada usia 4 bulan, Si Kecil menjadi lebih sadar akan lingkungannya dan mungkin belajar cara berguling. Untungnya, regresi ini normal dan biasanya tidak berlangsung lama.

Memenuhi jam tidur bayi usia 4 bulan dengan baik akan membuat ritme tidurnya terjaga dan pertumbuhannya berlangsung dengan lancar.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait