Kesehatan Umum

1 Oktober 2021

Sudahkah Moms Ketahui Berbagai Manfaat Jambu Mete untuk Kesehatan?

Lebih dikenal dengan kacangnya, jambu mete ternyata memberikan banyak nutrisi untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms dan Dads salah satu penggemar cemilan kacang mete? Ternyata tidak banyak yang tahu bahwa kacang mete berasal dari buah jambu mete.

Jambu mete memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Kepopuleran kacang mete dalam dunia kuliner sudah tidak bisa diragukan lagi. Kacang mete memiliki rasa yang sedikit manis dengan tekstur yang renyah.

Banyak yang mengira bahwa kacang mete termasuk jenis kacang-kacangan, padahal kacang mete berasal dari buah yang disebut jambu mete atau jambu monyet.

Jambu mete berasal dari pohon tropis yang dikenal dengan sebutan Anacardium occidentale dan merupakan pohon dari keluarga sumac (Anacardiaceae).

Jambu mete merupakan tanaman asli Brazil timur laut. Misionaris Portugis membawanya ke Afrika Timur dan India selama akhir abad ke-16, di mana tumbuhan ini tumbuh subur di dataran rendah dekat pantai.

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kacang mete, dan telah lama menjadi komoditas andalan untuk diekspor ke luar negeri.

Jika buah lainnya memiliki daging buah yang menjadi bagian utama untuk dikonsumsi, berbeda dengan jambu mete yang justru bijinya yang bisa dikonsumsi. Itulah yang disebut dengan kacang mete.

Dalam jurnal Botanical briefs: The cashew tree--Anacardium occidentale L, dikatakan bahwa di dalam jambu mete biji dan kulit terluarnya secara teknis dianggap sebagai kacang dan buah.

Tetapi cangkang bijinya tidak dapat dimakan karena mengandung zat yang beracun. Untuk itu, kacang mete tidak memiliki kulit seperti kacang-kacang lainnya ketika dijual.

Baca Juga: 6 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu?

Manfaat Jambu Mete

Jambu mete memiliki biji yang dapat dikonsumsi dan dikenal dengan sebutan kacang mete. Biji atau kacang mete kaya akan minyak dan memiliki rasa yang khas.

Biasanya digunakan dalam masakan Asia Selatan dan Tenggara, kacang mete juga merupakan bahan khas dari banyak hidangan ayam dan vegetarian di India selatan.

Di beberapa negara lainnya, kacang mete dimakan sebagai makanan ringan kaya protein berkualitas premium.

Jambu mete kaya akan nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Khasiat jambu mete yang terkenal adalah manfaatnya untuk menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, dan dapat menyehatkan jantung.

Sekarang mari bahas satu persatu manfaat jambu mete, yuk!

1. Kaya Nutrisi

Jambu mete mengandung banyak nutrisi

Foto: frewaremini.com

Jambu mete kaya akan nutrisi penting untuk menyehatkan tubuh yang terkandung di dalam bijinya. Dalam 1 ons (28 gram) kacang mete mentah dan tawar, terdapat sekitar:

  • Kalori: 157
  • Protein: 5 gram
  • Lemak: 12 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tembaga: 67% dari AKG
  • Magnesium: 20% dari AKG
  • Mangan: 20% dari AKG
  • Seng: 15% dari AKG
  • Fosfor: 13% dari AKG
  • Besi: 11% dari AKG
  • Selenium: 10% dari AKG
  • Tiamin: 10% dari AKG
  • Vitamin K: 8% dari AKG
  • Vitamin B6: 7% dari AKG

Jambu mete juga kaya akan lemak tak jenuh, rendah gula, sebagai sumber serat, dan mengandung protein yang hampir setara dengan daging yang dimasak.

Selain itu, biji pada jambu mete mengandung banyak tembaga, mineral penting untuk produksi energi, perkembangan otak yang sehat, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Jambu mete juga merupakan sumber magnesium dan mangan, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang.

2. Mengandung Senyawa Tumbuhan yang Bermanfaat

Manfaat jambu mete selanjutnya adalah biji jambu mete mengandung antioksidan.

Kandungan oksidan pada jambu mete adalah polifenol dan karotenoid. Antioksidan adalah senyawa tanaman bermanfaat yang menjaga tubuh agar tetap sehat dan dapat menangkal radikal bebas.

Karena profil antioksidannya, khasiat jambu mete dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh dan dapat mengurangi kerusakan sel oksidatif. Terutama untuk kacang mete panggang, yang memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kacang mentah.

Meski begitu, jumlah penelitian khusus tentang khasiat jambu mete terbatas dan diperlukan lebih banyak penelitian sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat.

Baca Juga: Selain Tinggi Antioksidan, Ini 8 Khasiat Buah Plum Bagi Anak

3. Menurunkan Berat Badan

Membantu menurunkan berat badan

Foto: Freepik.com

Khasiat jambu mete selanjutnya adalah jambu mete dapat membantu menurunkan berat badan.

Kacang-kacangan umumnya kaya akan kalori dan lemak, untuk itu bagi yang ingin menurunkan berat badan disarankan untuk mengurangi konsumsi kacang.

Namun, penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition mulai menghubungkan konsumsi kacang dengan penurunan berat badan yang lebih besar dan bobot tubuh yang lebih rendah secara keseluruhan daripada diet tanpa kacang.

Faktanya, kacang mete memiliki kalori yang sedikit dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya.

Menurut database Food Data Central dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam 1 ons (28 gram) kacang mete mengandung sekitar 157 kalori.

Dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa tubuh manusia hanya dapat mencerna dan menyerap sekitar 84% kalori ini.

Ini mungkin karena sebagian dari lemak yang dikandungnya tetap terperangkap di dalam dinding berserat kacang mete daripada diserap selama pencernaan.

Di sisi lain, memanggang atau menggiling kacang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencernanya sepenuhnya, sehingga meningkatkan jumlah kalori yang diserap.

Manfaat jambu mete untuk membantu menurunkan berat badan mungkin paling cocok untuk kacang mete mentah utuh, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

Baca Juga: 6 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu?

Khasiat Jambu Mete

Selain manfaat jambu mete yang beragam, berikut ini beberapa khasiat jambu mete yang bisa membuat Moms menjadi tertarik untuk mengonsumsinya.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jambu mete untuk diabetes

Foto: Freepik.com

Mengutip dari Mayo Clinic, mengonsumsi kacang-kacangan sebagai bagian dari diet sehat kemungkinan baik untuk kesehatan jantung karena kacang mengandung asam lemak tak jenuh dan nutrisi lainnya.

Terdapat beberapa penelitian yang berfokus untuk mengetahui khasiat jambu mete untuk kesehatan jantung.

Salah satu International Journal of Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 mengonsumsi 10% kalori harian dari kacang mete memiliki kolesterol jahat (LDL) yang lebih sedikit dibandingkan dengan kolesterol baik (HDL) daripada mereka yang tidak makan kacang mete sama sekali.

Rendahnya LDL ini dianggap sebagai penanda kesehatan jantung yang baik. Dalam penelitian lainnya mengaitkan konsumsi kacang mete dengan kadar HDL yang tinggi dan tekanan darah yang lebih rendah, serta menurunkan kadar LDL.

Namun, dalam sebuah tinjauan terbaru menunjukkan hasil yang bertentangan.

Salah satu penelitian yang disertakan menunjukkan bahwa asupan kacang mete secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida, tetapi tidak menemukan efek pada kadar kolesterol total, LDL maupun HDL.

Peneliti berpendapat bahwa hasil yang tidak konsisten ini mungkin disebabkan oleh terbatasnya jumlah studi dan jumlah partisipan yang kecil.

Mereka menyimpulkan bahwa meskipun kacang mete sama-sama bermanfaat bagi kesehatan jantung seperti kacang-kacangan lainnya, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini.

Baca Juga: Moms, Ketahui Lebih Lanjut Tentang Alergi Kacang pada Anak Berikut Ini

5. Bermanfaat untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Jambu mete juga bermanfaat untuk orang yang menderita diabetes tipe-2.

Hal ini karena kacang mete merupakan sumber serat yang baik, nutrisi yang membantu mencegah lonjakan gula darah dan diyakini menawarkan perlindungan terhadap diabetes tipe-2.

Dalam sebuah penelitian, orang dengan diabetes tipe 2 yang makan 10% kalori harian mereka dari kacang mete memiliki kadar insulin yang lebih rendah daripada mereka yang tidak makan kacang mete sama sekali.

Namun studi yang mengamati efek kacang mete pada kadar gula darah masih terbatas.

6. Mudah Ditambahkan Ke Dalam Menu Diet

khasiat jambu mete

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mendapatkan khasiat jambu mete sangat mudah, Moms. Kacang mete dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

Kacang mete boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dipanggang untuk dijadikan camilan sehat. Kacang mete dapat dikonsumsi utuh atau digiling, dan dapat dimasukkan ke dalam berbagai hidangan seperti salad.

Tetapi perlu diingat, kacang mete panggang dan asin dapat mengandung banyak minyak dan garam tambahan.

Jika tujuan Moms adalah untuk membatasi kelebihan garam atau lemak tambahan, pertimbangkan untuk memilih varietas mete panggang kering atau mentah bila memungkinkan.

Baca Juga: 7 Jenis Kacang-kacangan Ini Baik untuk MPASI Si Kecil

7. Menyehatkan Tulang

Manfaat jambu mete lainnya adalah memiliki khasiat untuk menyehatkan tulang. Kacang mete mengandung tembaga yang cukup tinggi. Pada 1 ons kacang mete mengandung 622 mg tembaga.

Mengutip dari Medical News Today, kekurangan tembaga telah dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah dan peningkatan risiko osteoporosis.

Tembaga juga berperan penting dalam pemeliharaan kolagen dan elastin, yang merupakan komponen struktural utama tubuh. Tanpa tembaga yang cukup, tubuh tidak dapat menggantikan jaringan ikat yang rusak atau kolagen yang membentuk perancah tulang.

Hal ini tentu dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk disfungsi sendi saat jaringan tubuh mulai rusak.

Magnesium dalam kacang mete juga penting untuk pembentukan tulang karena membantu asimilasi kalsium ke dalam tulang. Mangan, mineral lain dalam kacang mete, telah terbukti dapat mencegah osteoporosis, yang dikombinasikan dengan kalsium dan tembaga.

Mengonsumsi cemilan sehat ini tentunya juga dalam batas yang sewajarnya ya, Moms dan Dads.

Agar manfaatnya untuk kesehatan bisa didapatkan secara maksimal, jangan lupa disertai dengan pola makan sehat, ya.

  • https://www.healthline.com/nutrition/are-cashews-good-for-you
  • https://www.britannica.com/plant/cashew
  • https://www.healthline.com/nutrition/are-cashews-nuts
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4144111/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6408729/
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/nuts/art-20046635
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/309369#benefits
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait