Kesehatan

KESEHATAN
24 Desember 2020

11 Cara Mengatasi Mata Bintitan, Ampuh!

Kantung teh bekas bisa untuk mengobati mata bintitan lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya
Disunting oleh Amelia Puteri

Mata merupakan panca indera yang paling penting. Saat mata mengalami gangguan tentunya akan menghambat aktivitas kita. Salah satu gangguan kecil yang mengganggu kesehatan mata kita adalah mata bintitan.

Tak hanya mengganggu, kita juga sering merasa kurang percaya diri, apalagi jika disertai dengan mata belekan.

Mata bintitan atau hordeolum memang bukan gangguan kesehatan yang parah. Mata bintitan adalah infeksi pada folikel bulu mata atau kelenjar air mata.

Menurut dokter Michael Rabovsky, MD, Chair of Department of Family Medicine, jika kita menggosok mata bakteri dari tangan masuk melalui folikel atau kelenjar kemudian menyumbat dan akhirnya terinfeksi.

Para ahli kesehatan mata juga mengungkapkan, bahwa mata bintitan pada umumnya disebabkan oleh bakteri stafilokokus.

Sebenarnya bakteri jenis ini tidak terlalu berbahaya. Tapi, kita tetap perlu waspada, pasalnya jika bakteri ini masuk terlalu dalam ke bagian kulit dan mata, akan menimbulkan infeksi.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Penularan Sakit Mata

Cara Mengatasi Mata Bintitan

images (3).jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Pada umumnya mata bintitan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Pembengkakan untuk mata bintitan berlangsung sekitar 3 hari. Hingga pada akhirnya akan pecah dan mengering.

Proses penyembuhan bisa berlangsung sekitar 7 hingga 10 hari dengan perawatan sederhana. Mata bintitan jarang menjadi masalah medis yang serius, tetapi bisa sangat mengganggu

Tapi, ada beberapa cara untuk mengatasi mata bintitan dengan cepat. Apa saja? Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!

1. Obat Pereda Nyeri

Jika mata bintitan cukup mengganggu hingga membuat badan demam dan lelah, cara mengatasi mata bintitan Moms bisa mengonsumsi obat pereda nyeri sementara.

Minumlah obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen, acetaminophen atau parasetamol untuk meredakan nyeri. Ikuti petunjuk pada kemasan untuk memastikan meminum dosis yang benar.

Namun, perlu anjuran dari dokter untuk cara mengatasi mata bintitan ini selain mengoleskan salep di area mata yang sakit.

Karena, tidak semua orang yang sedang mengalami mata bintitan memerlukan obat pereda nyeri untuk cara mengatasi mata bintitan.

2. Obat Antibiotik

Cara mengatasi mata bintitan yang lainnya adalah minum obat antibiotik. Dokter mungkin akan meresepkan obat tetes mata antibiotik atau krim antibiotik topikal untuk dioleskan ke kelopak mata.

Jika infeksi kelopak mata berlanjut atau menyebar ke luar kelopak mata, dokter mungkin merekomendasikan antibiotik dalam bentuk tablet atau pil, menurut Mayo Clinic.

Biasanya obat antibiotik ini sebagai cara mengatasi mata bintitan disertai penggunaan salep atau krim untuk meredakan infeksi pada area mata.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Sakit Mata pada Anak yang Wajib Diwaspadai

3. Mengompres Mata dengan Air Hangat

images (4).jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi mata bintitan selanjutnya adalah dengan kompres air hangat. Cara ini cukup mudah dan efektif dalam meredakan mata bintitan. Obat mata bintitan alami ini cukup sering diterapkan untuk meredakan rasa nyeri pada area bintitan.

Gunakan kain dan masukkan pada air bersih hangat, kemudian peras hingga air tidak menetes, kompreskan pada mata sekitar 5-10 menit.

Tindakan ini bisa menekan nanah naik hingga ke permukaan kelopak mata, sehingga nanah bisa keluar dengan alami. Eits, tapi jangan sampai menekan bagian benjolannya ya Moms.

4. Obat Ampuh Mata Bintitan

Cara mengatasi mata bintitan dapat menggunakan obat untuk mencegah infeksi pada mata.

Penggunaan obat ini sebagai cara mengatasi mata bintitan tentunya perlu anjuran dari dokter mata, dan tidak boleh sembarang.

Beberapa kandungan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri pada mata bintitan antara lain:

  • Eritromisin. Antibiotik makrolida, eritromisin, mengobati infeksi mata seperti konjungtivitis pada orang dewasa. Bayi baru lahir dapat menggunakan obat ini untuk mencegah konjungtivitis neonatal dan cara mengatasi mata bintitan.
  • Ciprofloxacin. Antibiotik kuinolon yang digunakan untuk banyak infeksi mata akibat bakteri, ciprofloxacin mungkin cocok untuk anak di atas 2 tahun.
  • Gentamisin. Antibiotik aminoglikosida ini mengobati blepharitis, konjungtivitis, dan infeksi mata akibat bakteri lainnya.
  • Polymyxin B-neomycin-bacitracin (Neosporin). Neosporin adalah antibiotik kombinasi yang mengobati konjungtivitis, keratitis, dan blepharitis pada orang dewasa dan cara mengatasi mata bintitan.
  • Polymyxin B-bacitracin (Polysporin). Antibiotik kombinasi ini diresepkan untuk sebagian besar infeksi mata akibat bakteri.
  • Tobramycin. Antibiotik aminoglikosida ini cocok untuk sebagian besar infeksi mata akibat bakteri. Ini dapat digunakan pada anak-anak di atas 2 tahun.

5. Mengompres dengan Kantung Teh Hangat

images (5).jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi mata bintitan yang selanjutnya adalah kompres dengan kantung teh hangat. Sama halnya dengan air hangat, mengompres dengan kantung teh bekas yang masih hangat juga bisa mengobati mata bintitan dengan cepat.

Apalagi teh hitam sangat efektif memiliki kandungan antibakteri dan bisa mengurangi bengkak pada mata.

Kita bisa melakukan hal yang sama seperti mengompres dengan air, letakkan kantung teh hangat pada mata dan biarkan 5-10 menit. Obat mata bintitan alami ini cukup efektif dan dapat meredakan rasa gatal dan nyeri pada mata bintitan.

Baca Juga: Singkirkan Mata Lelah dengan Ampas Kopi

6. Suntik Steroid

Suntik steroid dapat membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri dengan lebih cepat. Seorang dokter mungkin menyuntikkan steroid sebagai cara mengatasi mata bintitan untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.

Steroid dalam bentuk krim topikal dan obat tetes mata juga dapat membantu, tetapi Moms harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba pengobatan ini.

7. Mengompres dengan Air Garam

images (7).jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi mata bintitan yang selanjutnya adalah kompres dengan air garam. Garam merupakan antiseptik alami, selain itu memiliki kandungan magenesium yang efektif mengurangi peradangan dan antibakteri.

Caranya cukup mudah, Moms tinggal melarutkan dalam gelas yang berisi air hangat lalu aduk, masukkan kapas atau kain kedalam air larutan garam, kemudian peras dan kompreskan ada mata.

Baca Juga: Mengenal Kalazion pada Bayi, Kondisi Mata Bengkak Seperti Bintitan

8. Operasi

Jika mata bintitan tidak kunjung hilang atau reda, dokter dapat merekomendasikan tindakan pembedahan atau operasi.

Cara mengatasi mata bintitan dengan cara ini biasanya dilakukan pada infeksi mata bintitan yang akut dan serius. Operasi dilakukan dengan mengatasi luka kecil di dalamnya untuk mengeluarkan nanah.

Operasi cara mengatasi mata bintitan dengan prosedur sederhana, yang biasanya dilakukan seseorang dengan anestesi lokal, dapat mengeringkan mata bintitan. Mengeringkannya juga dapat mencegah mata bintitan timbul kembali.

9. Hindari Penggunaan Makeup

Hindari memakai makeup jika sedang mengalami bintitan. Makeup dapat semakin mengiritasi mata dan menunda proses penyembuhan.

Cara mengatasi mata bintitan dengan alami ini cukup mudah diterapkan selain penggunaan salep dan antibiotik.

Ketika sedang bintitan masih menggunakan makeup, ia dapat memindahkan bakteri ke riasan dan peralatan makeup lainnya, dan menyebarkan infeksi ke mata yang lain.

Cuci kuas yang telah digunakan kembali secara teratur. Jika Moms memakai lensa kontak, tetap gunakan kacamata sampai bintitan sembuh. Bakteri dari bintitan dapat mengenai lensa kontak dan menyebarkan infeksi.

Baca Juga: Inilah Makeup Sesuai Zodiak, Apa Sesuai dengan Zodiak Moms?

10. Salep Erythromycin

Cara mengatasi mata bintitan lainnya yakni penggunaan salep yang mengandung erythromycin.

Salep ini digunakan untuk mengobati infeksi mata tertentu seperti konjungtivitis dan mata bintitan, menurut studi yang dikeluarkan oleh National Center for Biotechnology Information. Ini juga digunakan untuk mencegah infeksi mata tertentu pada bayi baru lahir.

Salep erythromycin ini termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai antibiotik makrolida. Erythromycin bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Untuk mempercepat pemulihan dan mencegah penyebaran infeksi, lakukan kompres hangat dan oleskan salep eryhtromycin yang dioleskan dua kali sehari untuk pengobatan yang cukup.

Salep ini hanya mengobati infeksi mata akibat bakteri. Tidak cukup efektif untuk jenis infeksi mata lainnya. Penggunaan atau penyalahgunaan salep mata yang tidak perlu dapat menyebabkan efektivitasnya menurun.

11. Lidah Buaya

images (8).jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi mata bintitan yang selanjutnya adalah dengan lidah buaya.

Lidah buaya berguna sebagai analgesik yang mampu mengurangi peradangan, antivirus, dan antibakteri. Belah lidah buaya untuk kita ambil getah atau lendirnya menggunakan cotton bud.

Lalu, cukup oleskan getahnya pada bintitan di mata kita

Dikutip dari American Academy of Ophthalmology, ada dua jenis mata bintitan atau hordeolum, yaitu hordeolum internal dan eksternal, pada hordeolum internal, penyumbatan terjadi pada kelenjar di lapisan dalam kelopak mata atau dikenal sebagai kelenjar meibom.

Sedangkan, pada hordeolum eksternal penyumbatan terjadi pada glandula zeis atau kelenjar zeis.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Mata Merah pada Anak

Gejala Mata Bintitan

images (1).jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa gejala mata bintitan yang perlu Moms waspadai. Berikut ciri-ciri yang biasa dirasakan.

  • Mata berair
  • Sensasi seperti kelilipan atau ada benda asing di kelopak mata
  • Titik kekuningan pada benjolan yang akan menjadi tempat keluarnya nanah
  • Biasanya beberapa penderita mengalami belekan pada bagian mata.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Mata Belekan Pada Anak!

Apakah Mata Bintitan Menular?

Menurut Debra Rose Wilson, PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, mata bintitan tidak menular secara langsung, seperti halnya jerawat, jerawat juga tidak menular.

Ini adalah fenomena peradangan dan iritasi lokal yang tidak dapat menular dengan mudah melalui kontak biasa. Tetapi sejumlah besar bakteri dalam nanah dapat menyebabkan kulit berjerawat lainnya.

Nah, agar kita terhindar dari gangguan kesehatan mata ini, maka pastikan kita rajin mencuci tangan setelah beraktivitas terutama saat hendak mengucek mata.

Ini karena kondisi tangan yang kotor bisa memaparkan virus dan bakteri dengan mudah.

Jika mata kita bintitan dan ingin sembuh dengan cepat maka ikuti cara mengatasi mata bintitan di atas ya, Moms.

Artikel Terkait