Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Keamanan Bayi | Feb 20, 2018

Jangan Kaget, Ini 10 Hal yang Perlu Diketahui tentang Bayi Baru Lahir

Bagikan


 

  

Bayi baru lahir memang menjadi kado yang sangat istimewa bagi orang tua, khususnya sang ibu. Namun, perlu Moms ingat bahwa sebenarnya merawat bayi bukanlah perkara mudah.

Ada begitu banyak hal mengenai bayi baru lahir yang sangat perlu Moms ketahui. Di bawah ini merupakan 10 hal yang perlu diketahui tentang bayi baru lahir sebagai bekal menyambut kelahiran buah hati tercinta.

  

1. Tampak kurang menggemaskan

Mungkin si kecil lahir dengan kondisi kepalanya yang terlihat agak peyang, seluruh tubuhnya ditumbuhi dengan bulu-bulu halus hingga matanya yang lebih sering terpejam. Semua hal tersebut adalah normal, seiring pertumbuhannya bayi akan menjadi begitu menggemaskan sebagaimana yang Moms inginkan.

  

2. Terkesan sangat sulit dimengerti

Hingga setidaknya bayi berusia 6 minggu, Moms mungkin hanya akan merasakan lelah yang tiada henti. Seolah-olah bagaikan sedang mengerjakan berbagai perintah dari seorang bos yang hanya tidak pernah berhenti mengeluh. Moms tidak perlu emosi karena pada usia tersebut bayi memang hanya bisa merasa nyaman saat berada di dekat ibu maupun ayahnya.

 

3. Hingga tali pusar lepas, cukup mandikan bayi dengan menyekanya

Jika kondisi pusar bayi tetap kering, biasanya akan terlepas lebih cepat yang umumnya hanya 2 minggu. Bukan hanya itu, bayi yang baru lahir juga tidak begitu kotor. Sehingga menyekanya dengan washlap saja sudah cukup untuk membersihkan tubuh bayi.

 

4. Menangani titik rawan bayi, seperti ubun-ubun

Terkadang Moms mungkin merasa takut jika membahayakan bayi hanya karena menyentuh titik rawan tubuh bayi seperti misalnya ubun-ubun. Namun, sebenarnya Moms tidak perlu merasa takut. Memang ubun-ubun bayi terkesan berdenyut, itu hanya karena berada tepat di atas pembuluh darah otak.

 

5. Tanda bayi mendapatkan asupan nutrisi tepat

Pada minggu-minggu awal berat badan bayi cenderung menyusut dari berat lahirnya. Untuk mengetahui cukup atau tidaknya nutrisi yang didapatkan oleh bayi, Moms bahkan bisa memperhatikan dari popok yang dipakaikan pada si kecil. Semakin sering bayi berganti popok, maka ada banyak stok makanan yang didapatkan dalam perutnya.

 

6. Kulit kering adalah normal untuk bayi baru lahir

Awalnya kulit bayi cenderung halus dan lembut, tetapi tiba-tiba berubah kering. Moms tidak perlu panik dan berusaha melakukan segala cara demi mengatasi kulit kering pada bayi. Sebagai ibu baru, tentunya Moms perlu mengetahui bahwa kulit kering pada bayi adalah hal yang normal karena selama berada di dalam rahim selalu terkena cairan. Moms bisa memberikan lotion alergi tanpa pewangi jika bayi terlihat mengalami bintik-bintik merah maupun ruam popok.

 

7. Kesehatan bayi baru lahir sangat rentan

Kesehatan bayi yang baru lahir sangat rentan. Jauhkan bayi dari paparan matahari dan orang sakit. Jika ada tamu maupun anggota keluarga lain yang ingin menyentuhnya, minta mereka untuk terlebih dahulu cuci tangan. Tangan dan wajah bayi adalah area paling rawan terkena penyebaran infeksi.

 

8. Sering menangis

Sebagai ibu baru, Moms tidak perlu panik berlebihan saat bayi lebih sering menangis. Menangis menjadi cara bayi berkomunikasi, contohnya seperti mengisyaratkan bahwa mereka lapar, kedinginan, popoknya kotor maupun mengantuk. Moms mungkin awalnya merasa frustasi, tetapi lama-kelamaan Moms akan bisa memahaminya dengan baik.

 

9. Waktu bayi lebih banyak untuk tidur

Bayi baru lahir memang wajar lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, umumnya 6 hingga 8 jam per hari. Namun bayi juga butuh makan 2-3 jam sekali. Jadi, Moms lebih baik bangunkan bayi untuk makan saat siang hari. Sedangkan pada malam hari biarkan bayi tidur sepuas yang diinginkannya.

 

10. Masa-masa Baru Lahir Berlalu Dengan Cepat

Moms mungkin merasa lelah, frustasi, dan berbagai perasaan ibu baru lainnya saat menghadapi bayi yang baru lahir. Namun perlu Moms ketahui bahwa masa-masa bayi baru lahir akan berlalu dengan cepat. Jadi, pastikan saja Moms sudah memberikan perhatian terbaik selama usia-usia awal kelahiran si kecil.

  

Bukan hal yang sulit bukan menghadapi bayi baru lahir?

 

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.