Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
23 Mei 2020

Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengobati Bisul pada Anak

Bisul menjadi penyakit umum yang terjangkit pada Si Kecil. Lantas, bagaimana cara mengobatinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengobati bisul pada anak penting untuk Moms ketahui karena hal ini umum terjangkit pada Si Kecil.

Menurut Healthy Children, bisul sering terjadi karena gesekan atau iritasi kulit yang menyebabkan bakteri menyebar ke jaringan kulit yang lebih dalam (kelenjar penghasil minyak).

Walaupun bisul pada anak dianggap biasa dan kerap terjadi, namun mengobati bisul pada Si Kecil tetap tidak boleh diremehkan, guna meminimalisir risiko yang semakin parah.

Mengobati Bisul pada Anak

Dilansir dari Kids Health, sebagian besar anak-anak yang memiliki bisul tetap dianggap sehat seperti biasa atau normal. Jadi, Moms tidak perlu khawatir, ya.

Selain itu, risiko anak sakit serius karena bisul tergolong rendah. Namun, bila Si Kecil mengalami demam dan rasa sakit dari bisul semakin parah, Moms perlu segera memeriksanya ke rumah sakit.

Lantas, apa saja cara yang bisa Moms terapkan sebagai cara mengobati bisul pada anak?

1. Kompres Hangat

Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengobati Bisul pada Anak 1.jpg

Foto: pixabay.com

Cara pertama untuk mengobati bisul pada anak ialah dengan memberikan kompres hangat. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan bisul hingga kering.

Moms bisa memakai penyeka wajah yang dibasahi air hangat dan kompres di bagian bisul selama beberapa menit.

Lakukan kompres hangat beberapa kali dalam sehari dan jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah menyentuh bisul.

Baca Juga: 6 Langkah Mengobati Bisul Pada Balita, Jangan Dipencet, Ya!

2. Jaga Kebersihan untuk Menghentikan Penyebaran

Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengobati Bisul pada Anak 2.jpg

Foto: freepik.com

Penyebaran bisul bisa terjadi dengan mudah apabila kebersihan Si Kecil kurang diperhatikan, khususnya saat bisul sudah terbuka dan mulai mengering.

Bersihkan nanah atau bisul dengan kapas bersih yang direndam dengan larutan antiseptik. Kemudian, Moms bisa menempelkan plester ke area bisul untuk menghentikan penyebaran dan mencegah Si Kecil menggaruk, yang malah bisa merusak kulit dan menyebabkan infeksi.

Selain itu, kebersihan pakaian, handuk, dan kain yang menjadi penyeka bisul Si Kecil juga penting untuk dipisahkan saat akan dicuci. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran bisul bahkan ke semua anggota keluarga.

3. Jangan Pencet Bisul

Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengobati Bisul pada Anak 3.jpg

Foto: freepik.com

Si Kecil mungkin akan gregetan sekali untuk selalu memencet bisul tanpa sepengetahuan Moms. Di sinilah Moms berperan untuk memberikan informasi bahwa dengan memencet bisul hanya akan memperparah penyebaran infeksi dan meningkatkan rasa sakit atau nyeri setelahnya.

Ajarkan juga pentingnya cuci tangan dengan sabun ke Si Kecil secara berkala agar semakin meminimalisir penyebaran infeksi.

Baca Juga: Bukan Hanya Telur, Ini Dia Penyebab Bisul Pada Anak

4. Berikan Obat Pereda Nyeri

Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengobati Bisul pada Anak 4.jpg

Foto: freepik.com

Bila Si Kecil mengeluh tentang rasa sakit atau nyeri yang semakin parah, Moms bisa memberikan parasetamol untuk meredakannya. Jangan lupa berikan dosis yang tepat, sesuai dengan instruksi yang tertera.

5. Rujuk ke Dokter Jika Kondisi Semakin Parah

Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengobati Bisul pada Anak 5.jpg

Foto: freepik.com

Ada beberapa tanda yang perlu Moms ketahui untuk merujuk Si Kecil ke rumah sakit sebagai upaya mengobati bisul pada anak. Pertama, bila bisul menyebar dan bertambah banyak serta meningkatnya rasa sakit atau nyeri. Selanjutnya, ukuran yang besar pada bisul dan disertai dengan demam juga menjadi tanda untuk segera membawa Si Kecil ke dokter.

Walaupun kondisi ini dianggap umum dan kerap terjadi pada Si Kecil, usaha preventif seperti menjaga kebersihan tetap penting untuk diperhatikan guna menghindari bakteri yang mengakibatkan bisul ini.

Baca Juga: Kenali Penyebab Bisul Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Merujuk pada About Kids Health, jika bisul pada Si Kecil tak kunjung hilang atau kering bahkan bertambah besar selama 2 minggu, segera bawa ke dokter untuk penanganannya. Dokter akan melakukan pembedahan bisul jika diperlukan atau seringnya memberikan antibiotik untuk membantu membersihkan infeksi pada bisul.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait