Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Keamanan Balita | Oct 31, 2018

Jangan Pernah Tinggalkan Balita Sendirian di Dalam Mobil, Ini Alasannya!

Bagikan


Jangan Pernah Tingalkan Balita Sendirian di Dalam Mobil, Ini Alasannya!

Saat sedang berpergian dengan Si Kecil dengan membawa kendaraan roda empat, terkadang ada beberapa tempat yang perlu Mom datangi.

Tentu saja Mom harus membawa Si Kecil keluar bersama meski hanya untuk sebentar saja.

Tapi, tentu tak jarang Mom terpikir untuk meninggalkannya sendirian di mobil karena toh tak terlalu lama membeli sesuatu. Hati-hati, jangan remehkan bahaya tinggalkan balita sendirian di mobil, lho, Moms!

Walau hanya akan meninggalkan mobil sesaat untuk mengambil uang di ATM atau membeli pulsa di gerai swalayan, lebih baik urungkan niat untuk meninggalkan Si Kecil sendirian didalam mobil meski hanya semenit saja.

Menurut data organisasi keselamatan Kids and Cars, di Amerika Serikat setiap tahunnya ada 37 kasus anak meninggal karena ditinggal sendiri didalam mobil.

Yang mengejutkan, sebagian besar disebabkan karena orang tua lupa kalau anaknya masih ada di mobil.

Merasa yakin tidak akan terjadi apapun kalau Moms membiarkan balita ditinggalkan di mobil  meski dalam waktu singkat?

Ya, inilah yang awalnya diyakini oleh ratusan orang tua di seluruh dunia yang anaknya meninggal dunia karena ditinggal sendirian didalam mobil.

Baca Juga : Bolehkah Anak Duduk di Bangku Depan Mobil?

Untuk meningkatkan kewaspadaan Moms, mari kita lihat beberapa risiko fatal yang mungkin terjadi bila balita ditinggalkan sendirian di mobil. Pahami baik-baik, ya.

1. Heat Stroke

 utk per 1 Nov foto2 artikel kita kasih clue ya di gdocs. Supaya sesuai dengan judul artikel dan memudahkan pencariannya juga

Foto : Somersetlive.co.uk

Bahaya tinggalkan balita di mobil yang paling mematikan tapi sering dianggap sepele adalah sengatan panas atau heat stroke, yaitu kondisi dimana suhu tubuh mencapai 40°C atau lebih.

Dengan suhu di Indonesia yang berkisar antara 26-36°C, temperatur di dalam kabin mobil bisa dengan cepat mencapai 40-60°C. Walaupun cuaca sedang sejuk atau mendung, temperatur didalam mobil tetap bisa naik hingga lebih dari 37°C.

Mengingat suhu tubuh balita bisa naik 3 hingga 5 kali lebih cepat ketimbang orang dewasa, meninggalkan mereka didalam mobil hanya beberapa menit saja bisa memicu terjadinya heat stroke yang dapat mengakibatkan demam tinggi, dehidrasi, kejang, stroke hingga kematian.

Baca Juga : Perlukah Menggunakan Car Seat untuk Bayi di Mobil?

2. Terjepit Jendela Mobil

Jangan Pernah Tingalkan Balita Sendirian di Dalam Mobil, Ini Alasannya!

Foto : Positiveparenting.com

Melihat balita yang sedang tidur dengan tenang di kursi belakang, banyak orang tua berasumsi tidak akan ada masalah jika mereka meninggalkan mobil beberapa menit untuk melakukan sesuatu. Padahal, ada banyak yang bisa terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

Di seluruh dunia sudah ada ribuan kasus dimana balita membuka atau memainkan jendela dengan tombol otomatis saat ditinggalkan sendirian di mobil, lalu lehernya terjepit dan kemudian patah atau tidak bisa bernapas.

Baca Juga : Fatal Akibatnya, Ini Alasan Bayi Cuma Boleh Menggunakan Car Seat Paling Lama 2 Jam!

3. Kecelakaan Akibat Menggerakkan Mobil

Jangan Pernah Tingalkan Balita Sendirian di Dalam Mobil, Ini Alasannya!

Foto : Dekra-solutions.com

Moms, bisa bayangkan apa yang terjadi kalau balita memainkan tuas dan tombol saat dia ditinggalkan di dalam mobil yang masih menyala?

Jelas bukan hanya akan membahayakan dirinya, tapi juga lingkungan serta orang yang ada di sekitar.

Di negara bagian Utah, Amerika Serikat, sebuah pom bensin self-service mengalami kebakaran besar karena balita yang ditinggalkan sendirian di dalam mobil membuat mobil berjalan mundur hingga menabrak stasiun pengisian bensin. Padahal ibunya hanya keluar untuk membayar bensin saja.

Dan di Indonesia sendiri, tepatnya di Cirebon pernah terjadi sebuah mobil masuk ke sungai setelah balita menarik rem tangan sehingga membuat mobil bergerak mundur dengan sendirinya. Saat itu ibunya keluar sebentar untuk membeli sesuatu di swalayan.

Baca Juga : Pilih Car Seat Sesuai Usia Anak

Duh, dari kejadian-kejadian dan alasan tadi tentu sangat jelas kalau bahaya tinggalkan balita sendirian di mobil tidak boleh dianggap sepele ya, Moms.

Apapun yang terjadi, selalu bawa keluar balita saat akan keluar mobil dan biasakan untuk mengecek ulang kabin sebelum pergi meninggalkan mobil.

Bagaimana dengan Moms, pernahkan meninggalkan buah hati sendirian di mobil? Sebaiknya stop hal ini dan infokan juga pada orang-orang terdekat, ya.

(WA)

Sumber: parents.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.