Kehamilan

KEHAMILAN
20 Mei 2020

Amankah Janin Aktif Menendang Sepanjang Malam?

Semakin besar kehamilan Si Kecil semakin aktif menendang ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Gerakan bayi pada masa kehamilan menjadi parameter tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Menurut American Pregnancy Association, setiap bayi memiliki perbedaan sebelum dan sesudah dilahirkan.

Seorang ibu akan sering merasakan gerakan bayi saat mendekati masa persalinan.

Normal dan tidaknya gerakan tersebut tentu bervariasi, namun umumnya semua gerakan merupakan pertanda baik. Lalu amankah janin menendang sepanjang malam?

Baca Juga: Harus Musik Klasik untuk Stimulasi Janin dalam Kandungan?

Gerakan Janin Normal

amankah bayi aktif menendang sepanjang malam.jpg

Foto: bellybelly.com.au

Dilansir dari First Cry Parenting, memasuki bulan ketujuh kehamilan, bayi dalam kandungan akan sering tertidur, bahkan 95% waktunya berada di dalam digunakan untuk tidur.

Gerakan yang dirasakan ibu hamil adalah menendang, meregangkan tubuh, dan berkedip.

Pada periode tersebut, bayi memiliki gerakan unik. Hal tersebut membuat sulit untuk menyatakan gerakan yang baik atau tidak. Biasanya dokter akan menguji respon dan detak jantung janin melalui USG untuk memastikan kesehatan bayi.

Semakin mendekati persalinan, semakin unik gerakan yang dilakukan bayi dalam kandungan. Gerakan janin normal memang sulit untuk ditentukan, namun setiap janin meregangkan persendian, cegukan, kedipan, sendawa, dan tendangan.

Jika Moms merasakan gerakan yang tidak normal, segera berkonsultasi dengan dokter anak untuk penjelasan yang lebih rinci mengenai pergerakan bayi.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Makan Saat Hamil yang Ternyata Berisiko Untuk Kesehatan Janin

Amankah Janin Menendang Sepanjang Malam?

amankah bayi aktif menendang sepanjang malam 2.jpg

Foto: babycenter.com

Menurut American Pregnancy Association, beberapa bayi aktif di malam hari. Moms akan merasakan tendangan yang sangat keras jika bayi dalam kandungan kesal tentang sesuatu.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh ketidaknyamanan atau kurangnya ruang bagi bayi untuk melakukan peregangan. Ketika janin tumbuh, ia akan menjadi lebih sadar akan lingkungannya.

Aktivitas bayi di malam hari disebabkan oleh ketidakaktifan ibu di malam hari. Pada saat siang hari, gerakan ibu dapat memiliki efek yang mirip dengan buaian yang menggoyangkan bayi untuk tidur.

Ketidakaktifan bisa memicu janin merasa waspada. Psychology Today memperkirakan bahwa bayi bisa waspada dan bergerak di malam hari karena alasan sederhana seperti asupan malam atau cemilan larut malam atau hanya ingin berinteraksi dengan ibunya.

Studi mengatakan bahwa memasuki usia kehamilan ketujuh, bayi akan bereaksi positif dan akan merasa tenang saat mendengar suara ibu. Maka janin menendang sepanjang malam tidak berbahaya.

Baca Juga: Yuk Kenali Tahap Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu!

Tips Mengenai Gerakan Janin di Malam Hari

amankah bayi aktif menendang sepanjang malam 3.jpg

Foto: www.momswhothink.com

Bayi yang menendang atau bergerak berlebihan di malam hari bisa sangat tidak nyaman bagi ibu.

Studi yang dilakukan American Pregnancy Association membuktikan bahwa suara seorang ibu membantu menenangkan bayi.

Moms dapat melantunkan nyanyian dibandingkan memainkan musik. Moms juga dapat beraktivitas positif agar bayi dalam kandungan ikut serta dalam segala kegiatan sebelum tidur, seperti menonton TV, berbaring, atau membaca buku.

Kegiatan menetap bahkan selama beberapa jam dapat mengajarkan bayi untuk beradaptasi dengan kegiatan non-gerakan. Moms juga perlu mengamati gerakan bayi di siang hari untuk memahami perilaku mereka.

JIka bayi bergerak di malam hari, Moms tidak perlu khawatir. Pergerakan ini dipengaruhi oleh siklus nokturnal. Perbanyak komunikasi dengan bayi melalui suara, agar bayi tetap tenang dan dapat beradaptasi dengan lingkungan.

Buang perasaan cemas, karena bayi akan ikut merasakan kecemasan yang nantinya membuat bayi merasa tidak nyaman. Konsultasi dengan dokter mengenai pergerakan bayi secara detail.

Baca Juga: 3 Kebiasaan Baik untuk Janin yang Bisa Dilakukan Setiap Pagi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait