Home & Living

4 Oktober 2021

10+ Tips Jemur Pakaian Saat Musim Hujan, Efektif Keringkan Baju!

Selalu ada banyak cara yang bisa dicoba!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Musim hujan telah tiba. Meski hujan dikatakan membawa rezeki, tetapi bisa membawa ketidaknyamanan. Salah satunya masalah saat jemur pakaian yang tak kunjung kering akibat minimnya sinar matahari.

Sinar matahari menjadi sumber daya alam terpenting untuk mengeringkan pakaian yang telah dicuci bersih. Namun ketika musim hujan, sinar matahari akan terasa lebih sulit untuk didapatkan.

Alhasil, pakaian Moms dan keluarga akan membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar kering. Selain itu, kurangnya sinar matahari juga bisa membuat pakaian yang dijemur berisiko lembap dan menimbulkan bau apek.

Oleh karena itu, yuk cari tahu cara jemur pakaian saat musim hujan yang bisa Moms terapkan di rumah.

Baca Juga: Cara Mencuci Baju untuk Menghindari Kontaminasi COVID-19

Tips Jemur Pakaian

Jangan sedih Moms, berikut ini sudah dirangkumkan trik untuk jemur pakaian di musim hujan yang dijamin ampuh.

1. Manfaatkan Fitur dalam Mesin Cuci

mengeringkan pakaian

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, coba jalankan fitur pengeringan 2-3 kali sebelum meletakkannya di dudukan pengeringan.

Sementara itu, apabila Moms mencuci manual dengan tangan, biarkan air berlebih pada pakaian menetes dulu di kamar mandi, sebelum diletakkan di dudukan pakaian.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih, Bahan dan Caranya Mudah Moms!

2. Gunakan Jemuran Model Stand

mengeringkan pakaian

Foto: thehomeshoppe

Untuk mengeringkan pakaian di musim hujan, Moms sepertinya butuh stand pengering pakaian atau gantungan pakaian yang berdiri.

Moms hanya perlu menggantungkan pakaian di atasnya agar kering dan tunggu hingga angin yang mengeringkannya.

Jangan gunakan pengering listrik ya, karena akan menghabiskan biaya yang sangat besar jika Moms perlu mengeringkan baju dalam jumlah banyak.

3. Gunakan Hanger untuk Menggantung

mengeringkan pakaian

Foto: tezkarshop

Jika biasanya pakaian yang dijemur hanya diletakkan begitu saja, ada baiknya saat mengeringkan baju di dalam rumah, gunakan hanger untuk menggantung baju karena cara ini akan mempercepat proses pengeringan.

Moms hanya perlu meletakkan pakaian basah di hanger, lalu gantung di alat pengeringan dengan model berdiri. Cara jemur pakaian yang satu ini bisa mempercepat pengeringan karena baju diangin-anginkan.

Baca Juga: Ragam Arti Mimpi Tidak Pakai Baju, Ternyata Umum Terjadi!

4. Mengontrol Kelembapan di Dalam Ruangan

mengeringkan pakaian

Foto: apartmenttherapy

Tingkat kelembapan di rumah harus benar-benar rendah dan untuk ini, Moms dapat menggunakan garam atau kantong pembersih udara yang menyerap kelembapan dari ruangan.

Kantong atau garam akan menyerap kelembapan di dalam ruangan dan mengurangi pembentukan jamur, menjaga udara di dalam ruangan tetap segar, dan sehat bahkan di musim hujan.

Moms pun bisa mengeringkan baju juga di dalam rumah, jika sinar matahari sulit didapatkan karena sering hujan.

5. Tata Pakaian di Jemuran dengan Merata

tata pakaian di jemuran.jpg

Foto: Shutterstock

Ketika menjemur pakaian, usahakan untuk meletakkan setiap helai baju secara merata di dudukan jemuran. Hal ini dilakukan agar setiap pakaian mendapatkan angin atau udara yang cukup sehingga cepat kering meski tidak ada sinar matahari.

Perlu Moms ketahui, pakaian yang disatukan atau tumpang tindih akan mengalami kesulitan pengeringan. Terlebih, jika terbuat dari bahan-bahan tebal, seperti pakaian dari bahan jeans.

Jadi, hindari untuk menumpuk pakaian satu sama lainnya, ya.

Baca Juga: Bolehkah Mencuci Baju Pasca Operasi Caesar? Ini Jawabannya!

Cara Jemur Pakaian Saat Musim Hujan

Jika Moms merasa khawatir baju akan susah kering di musum hujan, berikut ini beberapa tips jemur pakaian yang bisa dicoba.

6. Letakkan Pakaian di Dekat Jendela

jemur pakaian di dekat jendela.jpg

Foto: madeformums

Saat musim penghujan tiba, sinar matahari akan lebih sulit didapatkan. Oleh karena itu, mau tidak mau, Moms harus mengeringkan pakaian dengan menjemurnya di dalam rumah.

Salah satu cara yang bisa Moms coba agar pakaian cepat kering, yakni menjemurnya di dekat jendela. Sebab, jendela merupakan tempat yang paling cerah dan terang di dalam rumah.

Cara ini akan memaksimalkan jumlah sinar matahari yang diterima pakaian sekaligus memungkinkan aliran udara paling banyak sehingga lebih mudah kering.

Ketika pagi hingga siang hari, Moms bisa membuka jendela tersebut untuk membiarkan angin masuk ke dalam rumah dan mempercepat waktu pengeringan pakaian.

7. Jemur dengan Kipas

jemur pakaian dengan kipas.jpg

Foto: munters

Jika rumah Moms tidak memiliki tempat yang pas untuk menjemur pakaian di dekat sumber udara, mungkin bisa memanfaatkan kipas angin sebagai gantinya.

Angin yang dihasilkan kipas bisa membantu pakaian lebih cepat kering. Namun, gunakan cara ini hanya untuk pakaian yang setengah kering.

Jangan gunakan kipas angin secara langsung pada pakaian basah yang baru dicuci karena akan membuat pemakaian listrik menjadi boros.

8. Coba Gulung dengan Handuk

mengeringkan pakaian dengan gulungan handuk.jpg

Foto: hikingmastery

Sebelum menjemur pakaian, cobalah gulung dahulu dengan handuk, Moms. Cara ini bisa menyerap kelebihan air pada baju sehingga akan lebih cepat kering ketika digantung dan diangin-anginkan.

Moms pun bisa menambahkan tisu di atas handuk sebelum menggulung pakaian agar air lebih mudah menyerap.

Bisa juga mengeringkan gulungan pakaian di dalam handuk tersebut dengan bantuan setrika. Namun, pastikan untuk tidak menyetrika pakaian yang basah secara langsung karena bisa merusak serat kain.

Baca Juga: 10 Ide Desain Ruang Laundry Artistik dan Fungsional, Cuci Baju Jadi Semangat!

9. Jangan Mencuci Terlalu Banyak

jangan terlalu banyak mencuci baju

Foto: Orami Photo Stock

Saat musim hujan, usahakan untuk tidak mencuci baju dalam jumlah yang terlalu banyak ya, Moms.

Hal ini karena bisa membutuhkan waktu yang cukup lama hingga pakaian yang dicuci benar-benar kering. Dengan cara ini, Moms juga bisa menghemat ruang menjemur.

Jadi, sebisa mungkin untuk lebih sering mencuci baju meski jumlahnya sedikit. Biasanya, mengeringkan pakaian di dalam rumah hanya membutuhkan waktu 24 jam kok, Moms.

10. Jemur di Pagi atau Siang Hari

jemur baju di pagi dan siang

Foto: Orami Photo Stock

Meski tanpa sinar matahari, menjemur baju di pagi atau siang hari bisa membuat pakaian Moms lebih mudah untuk kering, lho.

Pasalnya, ada banyak angin atau udara di kedua waktu tersebut sehingga pakaian yang dijemur menjadi lebih cepat kering. Maka, sebaiknya Moms mencuci baju segera mungkin.

Baca Juga: Praktis, Cepat, dan Hemat Tempat, Ini Cara Melipat Baju Gamis Hingga Lengan Panjang

11. Sortir Pakaian dengan Rutin

sortir baju dengan rutin.jpg

Foto: usu.edu

Ketika Moms menjemur pakaian di dalam rumah karena minim sinar matahari, sebaiknya lakukan penyortiran baju secara rutin. Pilihlah baju di jemuran setiap beberapa jam sekali.

Sisihkan baju yang sudah kering, setengah kering, dan basah. Hindari untuk mencampurkannya karena bisa memperlambar proses pengeringan.

Baca Juga: 3 Doa Memakai Baju dan Melepasnya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

12. Gunakan Sinar Matahari Sebaik Mungkin

manfaatkan sinar matahari

Foto: Orami Photo Stock

Perhatikan waktu mencuci dan menjemur pakaian dengan baik. Jika sinar matahari muncul, segera keluarkan jemuran Moms agar cepat kering.

Moms bisa mungkin mengira-ngira waktu yang tepat dengan memerhatikan ramalan cuaca.

Pakaian dengan bahan katun ringan, seperti kemeja dan seprai biasanya akan benar-benar kering jika berada di luar rumah meskipun kemungkinan akan memakan waktu hampir sepanjang hari untuk menjemurnya.

Mengeringkan pakaian di luar rumah dengan sinar matahari langsung juga dapat membuat pakaian tetap segar dan berventilasi baik, serta menghindari kelembapan terperangkap dalam serat yang dapat mendorong bau apek yang tidak sedap.

Itu dia Moms beberapa cara sederhana yang dapat membantu para ibu rumah tangga dalam jemur pakaian di musim hujan ini. Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait