Kesehatan

KESEHATAN
27 November 2019

4 Jenis Diabetes yang Perlu Moms Ketahui

Ada yang hanya terjadi saat hamil lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pasti sebagian besar dari Moms sudah mengenal kata diabetes. Penyakit yang dikenal dengan tingginya kadar gula dalam tubuh ini memang penyakit umum yang tidak mengenal usia penderitanya. Dari yang muda hingga yang tua dapat menderita diabetes.

“Diabetes adalah masalah serius di mana tubuh tidak bisa mengatur level normal glukosa dalam badan yang merupakan sumber energi,” terang Dr. Rita Kalyani, pakar metabolisme dan diabetes dari Johns Hopkins.

Gula darah sendiri merupakan sumber utama penghasil tenaga yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi manusia. Agar makanan dapat dicerna menjadi tenaga oleh tubuh, diperlukan hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas.

Namun terkadang beberapa orang tidak memiliki kadar insulin yang cukup untuk mengolah makanan menjadi tenaga.

Dikutip dari The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, beberapa kasus juga menunjukkan cukupnya kadar insulin dalam tubuh, namun insulin yang ada tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya, glukosa tertahan dalam darah dan tidak mencapai sel.

Dalam situs diabetes.co.uk mencatat sekitar 415 juta penduduk dunia menderita diabetes. Setidaknya 1 dari 11 populasi orang dewasa di dunia menderita penyakit ini.

Baca Juga: Sudah Tahu Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2? Yuk Simak

Jenis Diabetes

Di dunia, dikenal ada tiga jenis diabetes yang paling umum diderita. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Pradiabetes

jenis diabetes

Jenis diabetes yang pertama adalah pradiabetes. Pradiabetes adalah kondisi sebelum diabetes ketika kadar gula darah lebih tinggi dari normal, namun belum cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes.

Kondisi ini umumnya tidak menunjukkan gejala tertentu, sehingga banyak orang tak sadar jika dirinya menderita pradiabetes.

Jika tidak diatasi dengan cara mengubah gaya hidup, pradiabetes akan berlanjut menjadi diabetes dengan segala risiko kesehatan yang menyertainya.

2. Diabetes Tipe 1

jenis diabetes

Foto: medicalnewstoday.com

Jenis diabetes tipe ini adalah keadaan di mana tubuh penderita tidak menghasilkan hormon insulin yang berfungsi untuk mencerna makanan menjadi energi dalam badan.

Keadaan ini terjadi akibat adanya sistem pertahanan tubuh yang menyerang dan menghancurkan sel-sel pembuat insulin dalam pankreas. Akibatnya tidak ada insulin yang terbentuk.

Penderita jenis diabetes tipe ini biasanya banyak terdeteksi pada anak-anak hingga remaja. Dikutip dari diabetes.co.uk, pada tahun 2015 tercatat lebih dari 542 ribu anak-anak menderita jenis diabetes tipe 1.

Bagi para penderita jenis diabetes ini, diwajibkan untuk mengkonsumsi insulin setiap harinya agar dapat tetap bertahan hidup.

Baca Juga: Penting Untuk Penderita Diabetes, Ini Dia Tips Merawat Luka di Kaki

3. Diabetes Tipe 2

jenis diabetes

Foto: timesofindia.indiatimes.com

Jenis diabetes tipe 2 ini merupakan jenis diabetes yang paling banyak ditemui pada pasien dewasa. Ini adalah keadaan dimana hormon insulin dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik atau tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup.

Penderita jenis diabetes tipe 2 ini lebih memungkinkan melakukan treatment di rumah dengan cara mengurangi berat badan dan makanan manis, serta melakukan diet dan olahraga yang ketat.

Namun ada juga penderita jenis diabetes tipe 2 yang memerlukan tambahan insulin melalui obat setiap harinya.

4. Diabetes Gestasional

diabetes gestasional

Jenis diabetes gestasional ini hanya ditemukan pada ibu hamil. Semua ibu hamil di dunia punya risiko mengalami diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah diabetes yang terdeteksi saat hamil.

Seperti diabetes tipe 1 dan tipe 2, diabetes gestasional juga menyebabkan gula darah jadi terlalu tinggi.

Jika diabetes tipe lain terjadi karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin, saat hamil, ibu secara natural jadi lebih resisten terhadap insulin. Tujuannya agar lebih banyak glukosa untuk janin.

Ketika insulin dibutuhkan, pankreas akan memproduksi lebih banyak insulin. Hal itu masih masuk kategori normal. Namun, pada ibu hamil tertentu, pankreas tidak bisa meningkatkan produksi insulin.

Karena kondisi ini, gula darah jadi tidak terkontrol. Kondisi inilah yang kemudian dikenal sebagai diabetes gestasional.

Baca Juga: 4 Manfaat Kurma Bagi Penderita Diabetes

Itulah jenis-jenis diabetes yang perlu Moms ketahui. Segera cari tau jenis diabetes yang Moms miliki untuk penanganan yang tepat.

(DN)

Artikel Terkait