Rupa-rupa

6 September 2021

3 Jenis Durian Unggulan yang Jadi Favorit Banyak Orang

Bagi pecinta durian, wajib mencoba tiga jenis durian unggulan berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Debora

Buah durian menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Jenis durian pun beragam, mulai dari durian unggul, montong, hingga musang king yang dapat dipilih sesuai selera.

Baunya yang khas dan rasanya yang manis membuatnya diburu banyak orang. Meskipun tak semua orang suka bau buah durian, tapi di wilayah Asia Tenggara ia dijuluki sebagai 'raja buah'.

Tak hanya itu, durian juga kaya dengan nutrisi yang tidak ada pada buah-buahan lainnya.

Berikut ini kandungan nutrisi pada buah durian dalam satu cangkir buah durian (234 gram) melansir dari U.S. DEPARTMENT OF AGRICULTURE:

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Manfaat Durian untuk Kecantikan

  • Kalori: 357
  • Lemak: 13 gram
  • Karbohidrat: 66 gram
  • Serat: 9 gram
  • Protein: 4 gram
  • Vitamin C: 80% dari Nilai Harian (DV)
  • Tiamin: 61% dari DV
  • Mangan: 39% dari DV
  • Vitamin B6: 38% dari DV
  • Kalium: 30% dari DV
  • Riboflavin: 29% dari DV
  • Tembaga: 25% dari DV
  • Folat: 22% dari DV
  • Magnesium: 18% dari DV
  • Niasin: 13% dari DV

Profil nutrisi ini menjadikan durian salah satu buah paling bergizi di seluruh dunia. Buah durian juga kaya akan senyawa tanaman sehat, termasuk anthocyanin, karotenoid, polifenol, dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Semua bagian tanaman durian yakni daun, kulit, akar, dan buah telah digunakan dalam pengobatan tradisional Malaysia untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam tinggi, penyakit kuning, hingga berbagai kondisi kulit lainnya.

Nah, sebelum mengenal lebih jauh terkait manfaat kesehatan buah durian, sebaiknya kenali dulu jenis buah durian yang banyak ditemukan di Indonesia.

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai jenis buah durian. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Rasanya Lezat, Coba 6 Kuliner dari Durian yang Unik dan Menarik!

Jenis Durian Unggul

jenis durian

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut LLDIKTI Kemdikbud, jenis durian dikatakan unggul apabila memiliki sifat-sifat yang disukai konsumen.

Meskipun berbeda-beda, tapi durian unggul memiliki keunggulan yakni sama-sama diminati banyak orang. Setidaknya ada beberapa jenis durian yang masuk dalam kategori unggul, berikut daftarnya:

1. Durian Matahari

Durian matahari merupakan durian lokal yang berasal dari Banten. Disebut 'matahari' karena daging buahnya kuning tua mirip seperti warna cahaya matahari.

Selain itu, keunggulan jenis durian ini ialah daging buahnya tebal, aromanya tidak terlalu tajam, dan biji buahnya kecil. Sehingga memuaskan para pecinta durian ketika menyantapnya.

Durian matahari tumbuh subur di dataran rendah dengan kebutuhan cahaya matahari tinggi. Masa produktifnya sekitar 4-5 tahun terhitung dari masa penanaman. Ukuran buahnya sekitar 2-3,5 kg/ buah.

Baca Juga: Patut Tahu Nih, 3 Tips Aman Makan Durian Untuk Penderita Diabetes

2. Durian Bintana

Durian bintana adalah salah satu jenis durian unggul asal Medan, Sumatera Utara. Rasa duriannya manis dengan sedikit pahit dan legit sehingga cocok untuk Moms yang tak suka durian terlalu manis.

Ukuran buahnya terbilang besar yakni mencapai 6 kg. Warna buahnya kuning semu oranye dengan masa produktif 3-4 tahun sejak penanaman.

3. Durian Simimang

Durian si mimang merupakan jenis durian asli Banjarnegara, Jawa Tengah. Ia mendapat predikat sebagai durian unggulan juara nasional pada awal tahun 2000-an.

Varietasnya mulai dikenal banyak orang ketika menjuarai Festival Buah Unggulan Nasional tahun 2003. Rasa durian ini manis, pulen, sedikit berserat, berdaging tebal, dengan sedikit rasa alkohol.

Meskipun ukuranya lebih kecil dibandingkan jenis durian unggulan lainnya, tapi durian ini akan sangat memuaskan jika dimakan sendirian.

Selain ketiga jenis durian unggulan tersebut, masih ada 20 durian unggulan lainnya, yaitu durian ripto, durian bondowonosalam, durian kalumpang sijunjung, durian sidodol, durian tawing, durian sijapang, durian gapu, durian dahlan, durian sijantung kampar.

Ada juga durian namlung petaling, durian tionsu, durian salisun, durian kromo banyumas (bawor), durian omeh kampar, durian kelud, durian gelapir, durian manoreh kuning, durian bentara, durian nanga, dan durian sambeng.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Makan Durian? Ternyata Ini Menurut Ahli!

Jenis Durian Montong

jenis durian

Foto: Orami Photo Stocks

Siapa yang tak mengenal varietas durian montong? Jenis durian yang termasuk dalam spesies Durio zibethinus ini merupakan salah satu durian yang paling populer di Indonesia.

Durian yang berasal dari Thailand ini dikenal memiliki ukuran daging buah yang besar dengan biji kecil sehingga puas ketika disantap. Kini, durian montong mulai banyak dibudidayakan di Indonesia.

Nah, berikut ini sifat hingga spesifikasi lainnya tentang durian montong.

1. Karakteristik Durian Montong

Durian montong dijuluki sebagai 'King of Fruit' karena keunggulannya. Selain itu, harganya pun relatif lebih mahal dibandingkan sejumlah durian lainnya.

Berikut ini karakteristik durian montong:

  • Daging buahnya berwarna kuning dan tebal namun agak kering. Rasa buahnya manis dan teksturnya halus serta beraroma tajam.
  • Kulit buahnya hijau kekuningan dengan berat sekitar 3-5 kg per buah.
  • Batang tanamannya bisa mencapai 5-8 meter dengan tajuk pohon selebar 2-4 meter.
  • Bunga-bunga durian montong memiliki ciri khas warna putih kekuningan. Dan dalam satu kelompok bunga durian montong terdiri dari 2-3 bunga.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Begini Penjelasannya

2. Mengapa Disebut Durian Unggulan?

Mungkin Moms bertanya-tanya menga durian montong termasuk dalam durian unggulan?

Hal ini karena durian montong memiliki rasa yang lezat, baunya yang menyengat menjadi ciri khas yang digemari banyak orang.

Selain itu, buah duriannya lebih besar dibandingkan durian lokal, dagingnya lebih tebal dan biji atau ponggenya kecil, rasanya juga lebih manis.

Jenis Durian Musang King

jenis durian

Foto: Orami Photo Stocks

Tak hanya durian montong, jenis durian musang king juga populer di kalangan masyarakat.

Jenis ini berasal dari Malaysia dan dikenal sebagai buah durian terbaik di dunia. Maka tak heran jika buah durian ini dibanderol dengan harga selangit.

Salah satu yang membedakan durian musang king dengan jenis lainnya ialah warna buahnya yang khas yakni warna kunyit yang mencolok sehingga disebut juga sebagai durian 'raja kunyit'.

Sementara itu, untuk rasanya, daging durian musang king sangat unik dengan daging tebal dan dominan rasa manis serta sedikit pahit.

Di Indonesia, durian musang king dijual dengan harga Rp 280 ribu per kilogram.

Baca Juga: 17 Manfaat Buah Durian, Bisa Mencegah Penuaan dan Menjaga Kesehatan Tulang, Luar Biasa!

Hal ini karena rasa dan kualitasnya yang jauh lebih baik dibandingkan durian lokal.

Selain itu, perawatan dan budidaya pohon durian musang king juga sulit sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Pohon durian musang king rentan terkena hama dan penyakit dibandingkan dengan pohon durian jenis lainnya.

Umumnya, pohon durian king siap berbuah setelah 5 tahun penanaman. Masa panen dua kali setahun yakni pada bulan Juni dan Juli serta Desember dan Januari. Namun, terkadang bisa lebih cepat atau lambat tergantung jarak pembibitan pohon.

Itulah jenis-jenis buah durian beserta karakteristik, sifat, kelebihan, dan kekurangannya. Apakah Moms pernah mencoba ketiga jenis durian unggulan tersebut? Manakah yang jadi favorit Moms?

  • https://www.healthline.com/nutrition/durian-fruit#downsides
  • https://www.kartani.co.id/produk/bibit-durian-matahari/
  • https://lldikti6.kemdikbud.go.id/2021/04/15/ump-tanam-23-durian-unggul-indonesia/
  • https://travel.kompas.com/read/2016/04/04/200600327/Inilah.Durian.Si.Mimang.Juara.Nasional.Sejak.Tahun.2003
  • https://rumahtanaman.com/budidaya-durian-montong-durian-monthong/amp/
  • https://travel.kompas.com/read/2020/01/19/073512827/durian-musang-king-durian-manis-dengan-daging-legit-dan-creamy?page=all
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait