Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Jan 18, 2018

Ketahui 5 Jenis Gangguan Tidur yang Berbahaya Bagi Balita

Bagikan


Dilihat dari fungsi biologis, tidur adalah aktivitas penting yang harus dilakukan setiap manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan otaknya. Terutama bagi seorang balita, yang harus tidur selama 9 jam setiap harinya untuk dapat tumbuh dengan optimal. Bila balita mengalami gangguan tidur atau kualitasnya tidurnya berkurang, tumbuh kembang tubuh dan otaknya jadi tidak maksimal lho, Moms.

Ya, gangguan tidur ternyata tidak hanya bisa alami oleh orang dewasa, namun juga bisa menimpa balita. Ini dia 5 jenis gangguan tidur yang berbahaya bagi balita.

1. Sleep apnea

Foto: thetimesinplainenglish.com

Sleep apnea adalah jenis gangguan tidur yang mengganggu pernapasan balita saat dia tidur atau beristirahat. Gangguan ini menyebabkan pernapasan terhambat, sehingga buah hati tidak bisa bernapas dengan normal.

Gejala sleep apnea dapat dilihat dengan mudah, seperti mendengkur, pernapasan yang tidak lancar, hingga selalu terbangun tengah malam. Jika tak segera di atasi, gangguan tidur ini dapat berpotensi merusak jantung dan paru-paru. Bahaya sekali kan, Moms?

2. Narkolepsi

Foto: sleepkala.com

Melihat balita mungil tertidur memang menggemaskan, ya? Tapi kalau balita terlihat selalu mengantuk dan sangat gampang tertidur di mana saja, sebaiknya segera bawa dia ke dokter anak ya, Moms. Bisa jadi balita terkena narkolepsi, salah satu jenis gangguan tidur yang berbahaya bagi balita.

Faktanya, narkolepsi adalah salah satu jenis gangguan tidur yang menyebabkan otak untuk ‘tidur’ selama beberapa menit secara mendadak. Penyakit ini termasuk berbahaya karena tidak hanya mengurangi kualitas tidur balita, tapi juga dapat mengganggu perkembangan kognitifnya secara signifikan.

Baca juga: 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orangtua Saat Menidurkan Balita

3. Insomnia

Foto: romper.com

Nah, kalau insomnia pasti Moms sudah sering dengar, kan? Kondisi yang membuat kita sering tidak bisa tidur hingga harus bergadang ternyata dapat menyerang balita juga, lho. Tapi bedanya, insomnia pada balita akan berpengaruh langsung pada tumbuh kembang dan kontrol emosinya.

Balita yang terkena insomnia akan mengalami mood swing, di mana mereka dapat marah atau menangis dalam sekejap. Insomnia juga berpotensi membuat Si Kecil menjadi hiperaktif dan bersifat agresif jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Hipersomnia

Foto: itsybitsysleep.com

Hipersomnia bisa dibilang merupakan kebalikan dari insomnia, yakni balita justru tidur lebih lama dari waktu tidur pada umumnya. Balita hipersomnia bisa tidur lebih dari 10 jam, tapi akan merasa sangat kesulitan untuk bangun dari tidur dan tubuhnya akan selalu merasa lemas.

Untungnya, gangguan hipersomnia ini termasuk gangguan yang jarang terjadi. Hanya sekitar 1% dari populasi balita yang menderita ini, di mana sebagian besar penderitanya adalah balita perempuan.

Baca juga: Normalkah Jika Anak Mendengkur saat Tidur?

5. Mimpi buruk

Foto: coolmompicks.com

Mimpi buruk atau night terror termasuk gangguan tidur yang paling sering dialami oleh balita, terutama bagi mereka yang berumur 3 hingga 6 tahun. Sebenarnya, gangguan tidur ini bisa disebut normal karena memang balita baru mengenal dan mengidentifikasi rasa takut.

Gejala yang ditimbulkan dari mimpi buruk biasanya dapat terlihat dari balita yang jadi sering terbangun di tengah malam sambil menangis. Selain itu balita juga biasanya jadi berkeringat dingin, panik, dan memiliki perilaku yang agresif di siang hari.

Meskipun terdengar sepele, gangguan tidur pada balita tidak boleh dianggap remeh ya, Moms. Pastikan juga kamar dan tempat tidurnya nyaman ditempati agar kualitas tidur si kecil tidak terganggu. Apa Moms punya cara jitu untuk menidurkan balita dengan cepat?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.