Rupa-rupa

10 Agustus 2021

Cari Tahu Ragam Jenis Ikan Lele Budidaya hingga Lele Berukuran Besar

Ide bisnis lele yang menguntungkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Ada banyak jenis ikan lele di dunia. Salah satu yang terkenal tentu sudah sering kita temui di warung pecel lele ya, Moms. Maka tidak salah jika ikan lele masuk kedalam ikan komersial yang memiliki peminat cukup banyak.

Dalam bahasa Inggri, ikan yang disebut dengan catfish ini adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar, dikenal dengan tubuh licin serta kepala berkumis.

Nah rata-rata ukuran ikan lele yang dijual dipasaran memang kecil-kecil yang digunakan untuk pecel lele biasanya disajikan untuk satu orang saja.

Tapi pernahkan Moms melihat jenis ikan lele ukuran raksasa?

Tidak hanya itu Moms, ada pula jenis lele cantik yang diperuntukkan sebagai hewan hias.

Informasi berikut ini akan membahas tentang berbagai jenis ikan lele. Disimak yuk, Moms!

Baca Juga: 3 Resep Mangut Lele yang Nikmat, Moms Pecinta Lele Wajib Cicip!

Jenis Ikan Lele untuk Budidaya

Kalau lele yang biasa Moms temui di pasar dan meja makan, itu termasuk dalam jenis ikan lele yang dibudidayakan.

Alasannya tentu karena rasanya yang enak, tidak terlalu banyak lemak, serta ukurannya juga sesuai dengan peminatnya di pasaran.

Jenis ikan lele apa saja yang masuk ke dalam jenis untuk budidaya? Ini dia beberapa diantaranya:

1. Lele Dumbo

lele dumbo.jpg

Foto: Dinas Pangan dan Perikanan

Lele Dumbo merupakan jenis ikan lele unggul yang kali pertama diperkenalkan ke Indonesia pada awal 1980-an. Lele ini berasal dari benua Afrika.

Tubuhnya berwarna coklat kehitaman dan akan timbul bercak-bercak warna putih bila terkejut atau stres.

Lele Dumbo bisa tumbuh bongsor dan besar. Dari ukuran tubuhnya yang besar inilah akhirnya nama Dumbo disematkan pada lele ini.

Patil lele dumbo tidak beracun sehingga relatif lebih aman bila dipegang dengan tangan kosong. Selain itu ukuran sungut lele dumbo juga lebih panjang dibanding lele lokal.

2. Lele Sangkuriang

6bbeb7_ca286290d26948198202755072dc57e9_mv2.jpg

Foto: isw.com

Lele Sangkuriang merupakan jenis ikan lele hasil rekayasa para peneliti di Balai Besar budidaya Ikan Air Tawar (BBBAT) Sukabumi.

Lele Sangkuriang merupakan varietas unggulan dari lele dumbo hasil perkawinan antara lele dumbo betina F2 (induk betina generasi kedua) dengan lele dumbo jantan F6 (induk jantan generasi keenam) yang menghasilkan lele dumbo jantan F2-6

Selanjutnya lele dumbo jantan F2-6 dikawinkan kembali dengan lele dumbo betina F2 sehingga menghasilkan ikan lele Sangkuriang. Ciri-ciri lele Sangkuriang ini antara lain memiliki warna punggung hitam kehijauan dan bagian perutnya berwarna putih kekuningan.

Beberapa sifat unggul yang dimiliki lele Sangkuriang di antaranya pertumbuhan harian bobot pada pembesaran selama 3 bulan sekitar 3,35 persen dan konversi pakan berkisar 0,8 ñ 1,0.

Lele Sangkuriang secara resmi dirilis sebagai jenis lele unggul oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 21 Juli 2004.

Baca Juga: 6 Jenis Ikan yang Aman Dikonsumsi oleh Balita

3. Lele Masamo

ikan lele masamo.jpg

Foto: trobosaqua.net

Lele Masamo diproduksi dan diperkenalkan pertama kali oleh pabrik pakan ikan PT. Matahari Sakti di Mojokerto, Jawa Timur.

Jenis ikan lele Masamo merupakan hasil pengumpulan sifat berbagai plasna nutfah lele dari berbagai negara. Diantaranya adalah lele Dumbo dan Clarias macrochephalus (bighead catfish) yang merupakan lele Afrika yang dikembangkan di Thailand

Lele Masamo memiliki ciri-ciri ukuran tubuh lebih lonjong, menyerupai sepatu pantofel model lama. Sirip (patil) lebih panjang, badan lebih panjang dan berwarna kehitaman.

Ciri khas lainnya, ketika Lele Masamo stres akan muncul warna keputihan atau keabu-abuan. Ciri lainnya, lele Masamo memiliki tonjolan di tengkuk kepala serta bentuk kepala yang lebih runcing.

Jenis Ikan Lele Besar

Beberapa jenis ikan lele terbesar didunia memang cukup banyak ditemukan dan bahkan sudah dilaporkan mampu tumbuh hingga ukuran 3 meter pada panjangnya. Maka tidak heran bila spesies lele-lele ini juga disebut sebagai lele raksasa didunia.

1. Mengko Giant Catfish

Lele-mengko.jpg

Foto: pinterest.com

Lele mengko adalah jenis ikan lele yang terbesar di dunia pada tahun 2005 tentunya ditemukan disungai Mengko.

Selain itu juga pernah masuk dan terdaftar pertama sebagai ikan air tawar terbesar oleh Guinness World Record.

Rekor itu tidak salah disematkan, karena pertumbuhannya juga terbilang cukup cepat. Bahkan dalam kurun waktu 6 tahun saja akan tumbuh hingga bobot 150-200 kg, lho.

Jenis ikan lele besar ini juga pernah tertangkap dengan panjang sekitar 2,7 meter dengan berat mencapai 293 kg. Penangkapan pertama ikan lele jenis ini berada di bagian utara negara Thailand.

Baca Juga: Lezat dan Sering Dikonsumsi, Padahal 5 Jenis Ikan Ini Punya Fakta Menyeramkan

2. Redtail Catfish

Redtail-Catfish.jpg

Foto: aqualifewater.com

Jenis ikan lele terbesar selanjutnya bernama Redtail Catfish yang memiliki ekor berwarna merah dan termasuk ke dalam jenis ikan lele Pimelodid atau berkumis panjang.

Sedangkan di Venezuela, ikan ini dikenal dengan sebutan Camaro dan di Brazil sendiri disebut dengan nama Pirarara. Uniknya, jenis ikan lele yang satu ini banyak ditemukan pada pedagang-pedagang ikan hias.

Walaupun banyak ditemukan dipedagang ikan hias jenis ini ternyata masuk kedalam salah satu ikan predator yang sangat menyeramkan.

Bahkan Redtail Catfish tidak bisa menjadi satu tank dengan ikan predator lainnya karena sangat rakus dan pertumbuhannya bisa mencapai 180 cm dengan bobot mencapai 80 kg.

3. Goonch Catfish

goonch.jpg

Foto: pinterest.com

Goonch Catfish adalah nama dari jenis ikan lele raksasa yang ditemukan di Indonesia khususnya Pulau Sumatera dan juga Kalimantan.

Banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai ika lele iblis raksasa atau Giant Devil Catfish.

Jenis ikan lele ini masuk ke dalam spesies ikan lele yang hidup di sungai-sungai khususnya Asia Selatan.

Panjang pada tubuhnya bisa mencapai 2 meter dengan berat hingga 90 kg.

Salah satu tangkapan yang pernah tercatat pada acara Warrior Fish dari National Geographic, yaitu bobot 75 kg dan panjang sekitar 1,57 meter tertangkap di Sungai Ramaganga tepatnya di Indida pada tahun 2009.

Baca Juga: 4 Jenis Ikan yang Cocok Dipelihara Anak di Akuarium Rumah

Jenis Ikan Lele Hias

Ikan lele bisa menjadi ikan hias yang sangat menarik baik di aquarium maupun di kolam rumah. Ini dia jenis ikan lele hias yang sangat populer.

1. Lele Pictus

Foto: pinterest.com

Lele pictus berbentuk seperti macan tutul. Jenis ikan lele satu ini ini sangat bagus untuk dipelihara baik di aquarium maupun di kolam.

Pictus catfish bisa berumur sampai 8 tahun dan mempunyai ukuran sampai 5 inchi atau alias sekitar 14cm.

Tenang saja ikan predator  ini termasuk jenis omnivora. Artinya ikan ini bisa memakan segala jenis pakan lele, baik ikan kecil lainnya, tumbuhan, lumut maupun pelet.

2. Lele Kuning

lele-yellow-450x340.jpg

Foto: pinterest.com

Lele kuning atau yellow catfish atau disebut juga Horabagrus brachysoma adalah jenis ikan lele hias dan predator yang warnanya hijau kekuningan.

Ikan ini diprediksi bisa mencapai  45 cm. Saat masih kecil, ikan predator ini sangat cocok untuk menghiasi kolam dan aquarium.

Predator ini termasuk omnivora. Di habitat aslinya, saat kecil lele kuning makan tumbuhan kecil, plankton, dan molusca. Saat dewasa akan memakan serangga bahkan katak.

Apakah ikan lele kuning bisa dimakan? Iya, di India ikan ini diternak untuk dimakan.

3. Glass Catfish

Glass Catfish.jpg

Foto: pinterest.com

Glass catfish disebut juga ghost catfish atau phantom catfish.

Jenis ikan lele ini tergolong predator jinak. Meski demikian, Moms tidak boleh membuatnya telat makan agar sifat kanibal catfish tidak muncul.

Tubuhnya sangat mungil. di usia dewasa, glass catfish hanya bisa tumbuh maksimal di sekitar 8cm sehingga sangat cocok di aquarium maupun kolam ikan baik saat kecil maupun dewasa.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Jalan-Jalan! Ini 5 Rekomendasi Wisata Aquarium yang Seru dan Keren

Itu dia Moms berbagai jenis ikan lele. Tidak hanya dikonsumsi, tetapi juga bisa dipelihara.

  • https://erakini.com/ikan-lele-hias/
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/02/02/5-jenis-ikan-lele-yang-bisa-di-budidayakan-di-indonesia
  • https://alamtani.com/ikan-lele/
  • https://www.berdesa.com/inilah-5-jenis-lele-populer-dibudidayakan/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait