Pasca Melahirkan

1 Juli 2021

9+ Jenis Jamu setelah Melahirkan untuk Moms Coba, Bikin Langsing dan Bugar!

Jamu-jamu ini bisa dibeli di pasar tradisional
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jamu setelah melahirkan sudah bukan rahasia merupakan trik ibu zaman dulu untuk menyegarkan badannya setelah bersalin.

Proses melahirkan baik secara normal maupun caesar sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun sebagian besar ibu hamil lebih memilih untuk melahirkan secara normal.

Ketika sudah melahirkan, saatnya bagi para Moms untuk mengembalikan kondisi kesehatan dan tubuh yang singset seperti sebelum hamil.

Baca Juga: Bolehkah Minum Jamu Tradisional Saat Hamil?

Untuk mengembalikan bentuk tubuh dan kondisi kesehatan setelah melahirkan, Moms bisa mengonsumsi jamu-jamu tradisional. Jamu-jamu setelah melahirkan ini biasanya terbuat dari tumbuhan-tumbuhan alami yang memang memiliki banyak sekali khasiat.

Berdasarkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, tumbuhan memainkan peran penting dalam pemulihan selama periode postpartum dan pengobatan tradisional.

Baca Juga: 11 Cara Mengobati Susah Buang Air Kecil Setelah Melahirkan, Patut Moms Coba!

Jenis Jamu Setelah Melahirkan

Nah, apa saja jamu setelah melahirkan yang tepat untuk Moms konsumsi? Berikut ini adalah rangkumannya. Semoga membantu!

1. Jamu Kunyit Asam

jamu setelah melahirkan

Foto: hellosehat.com

Kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi yang akan membantu mempercepat pemulihan Moms pasca persalinan, sehingga cocok sebagai bahan jamu setelah melahirkan.

Bukan hanya itu saja, jamu kunyit asam juga bisa mengencangkan otot yang kendur selama kehamilan dan melahirkan, khususnya mengencangkan otot vagina agar kembali rapat dan mengembalikan tubuh agar singset.

Bahkan kunyit asam cocok dikonsumsi sejak Moms masih hamil, lho. Melansir Healthline, kurkumin dalam kunyit dapat mengurangi tanda inflamasi pada wanita hamil dan membantu mencegah resiko preeklampsia.

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh!

2. Jamu Beras Kencur

jamu setelah melahirkan

Foto: womantalk.com

Percaya atau tidak, beras kencur juga bisa dikonsumsi sebagai jamu setelah melahirkan.

Khasiat dari beras kencur membantu pemulihan kesehatan setelah melahirkan, diantaranya membuat badan segar dan bugar, mengurangi pegal-pegal, mengembalikan stamina, dan sebagai diet alami yang aman.

Bahkan beras kencur juga bisa membantu memperlancar ASI, lho. Jenis jamu ini bisa Moms temukan dengan mudah di pasar atau membuat sendiri.

3. Jamu Kayu Manis dan Jahe

jamu setelah melahirkan

Foto: brecorder.com

Jamu setelah melahirkan berikutnya berasal dari dua bahan yang sudah sejak dahulu menjadi rampah-rempah kesukaan masyarakat Indonesia, yaitu kayu manis dan jahe.

Kayu manis dan jahe termasuk rempah-rempah yang aman dikonsumsi Mama setelah melahirkan dalam dosis berapapun.

Jahe mengurangi peradangan sekaligus meningkatkan oksigen dan aliran darah ke rahim sehingga mempercepat prses pemulihan.

Jahe sebenarnya adalah detoksifikan alami yang baik untuk seluruh tubu karena mendukung fungsi hati, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan produksi keringat yang sehat.

Meminum jamu ini setelah melahirkan, mampu memulihkan stamina dan juga meningkatkan sistem imun pada tubuh agar kembali bugar, sebab saat melahirkan banyak tenaga yang terkuras dan tubuh menjadi lemah.

Baca Juga: Apakah Bayi Boleh Makan Kayu Manis?

4. Jamu Temukunci dan Daun Sirih

jamu setelah melahirkan

Foto: konfrontasi.com

Jamu setelah melahirkan yang terbuat dari kedua bahan ini juga bisa membantu Moms setelah melahirkan, lho.

Untuk Moms yang mungkin ingin kembali memiliki bentuk tubuh yang singset setelah melahirkan, jenis jamu ini bisa dipilih untuk membuat tubuh Moms kembali langsing.

5. Jamu Daun Sirih dan Daun Kelor

059033100_1496118857-29052017-daun-kelor.jpg

Foto: pinterest.com

Ternyata, daun sirih bisa digunakan sebagai bahan jamu setelah melahirkan. Melansir Clinical and Experimental Immunology Journal, ini karena kandungannya yang memberi efek anti septik untuk membersihkan rahim.

Daun sirih biasanya dikonsumsi dengan cara merebus daunnya terlebih dahulu, kemudian diminum.

Jika Moms mengalami peradangan, ada baiknya jamu setelah melahirkan daun sirih ditambah juga dengan daun kelor. Tanaman bermanfaat untuk mengurangi peradangan rahim setelah melahirkan karena mengandung antioksidan.

Baca Juga: 11+ Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil

6. Jamu Temulawak

20180831081908.052990363387.png

Foto: pinterest.com

Temulawak mengandung kurkumin yang dapat mencegah anemia dan hipertensi. sangat cocok Moms konsumsi sebagai jamu setelah melahirkan.

Temulawak dapat mengurangi perut kembung, dan rasa nyeri setelah melahirkan. Herbal ini juga dapat meningkatkan produksi ASI jika dikonsumsi.

Tidak hanya itu, melansir Nutrients Journal, temulawak dapat meningkatkan fungsi otak, dopamin, dan kadar hormon yang bertindak sebagai antidepresan alami.

Jika Moms khawatir akan adanya stretch mark, maka penggunaan temulawak sangat tepat karena memiliki antioksidan yang meningkatkan fungsi sel membran kulit, yang akan membantu mencegah dan mengobati stretch mark.

7. Jamu Motherwort

f_hartgespan_01.jpg

Foto: garderners.com

Jamu setelah melahirkan bisa Moms dapatkan dari ramuan berbahan dasar Motherwort.

Tanaman ini dapat membantu rahim berkontraksi setelah melahirkan, dan biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati gejala menopause dan menstruasi.

Melansir American Journal of Chinese Medicine, uterotonik atau merangsang rahim, adalah komponen dalam motherwort disebut leonurine, yang hadir dalam daun ramuan ini.

8. Jamu Marigold

1.-MARIGOLD.jpg

Foto: istock.com

Tidak hanya sebagai tanaman hias, ternyata marigold juga ampuh sebagai jamu setelah melahirkan yang alami.

Marigold adalah ramuan pembersih yang baik yang dapat digunakan untuk mendukung kesehatan rahim. Marigold memiliki kualitas pembersihan yang baik serta tidak mengiritasi selaput lendir, sehingga sangat baik juga digunakan untuk rahim yang mengeras.

Moms harus mencoba minum teh marigold, atau menggabungkan marigold dan chamomile dalam teh. Keduanya dapat membantu mengatur perdarahan setelah melahirkan dan meredakan kram.

Karena sifat meluruhkannya, marigold tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil, ya.

Baca Juga: Minum Jamu saat Hamil, Bolehkah Dilakukan? Ini Kata Ahli!

9. Jamu Uyup-Uyup

jamu.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa wilayah di Indonesia memiliki istilah jamu setelah melahirkan yang berbeda-beda. Misalnya, jamu uyup-uyup yang dikenal di kalangan masyarakat Kabupaten Tegal.

Jamu uyup-uyup terbuat dari rempah-rempah dan bahan alami, seperti kencur, kunyit, lempuyang, temu giring, temulawak, dan daun katuk.

Minum jamu stelah melahirkan ini diklaim dapat menghangatkan tubuh pascapersalinan, menutrisi tubuh, meningkatkan nafsu makan, hingga merangsang produksi ASI.

10. Jamu Galian Singset

jamu galian singset.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain jamu uyup-uyup, ada pula jamu galian singset yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Kabupaten Tegal.

Jamu setelah melahirkan ini dipercaya memiliki efek antiradang dan antinyeri yang mampu mencegah peradangan atau infeksi akibat luka pascapersalinan serta membantu merangsang produksi ASI.

Baca Juga: 5 Perawatan Tradisional Pasca Melahirkan, Amankah?

Itu dia beberapa jenis jamu setelah melahirkan yang alami dan aman untuk Moms konsumsi setelah melahirkan. Pilih jamu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh ya.

  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/turmeric-pregnancy#health-benefits-in-pregnancy
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7076289/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7603145/
  • https://www.worldscientific.com/toc/ajcm/04/03
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait