Kehamilan

KEHAMILAN
10 April 2020

5 Jenis Jamur yang Aman untuk Ibu Hamil, Yuk Intip!

Walaupun aman dikonsumsi, Moms pun perlu tahu jenis jamur yang aman untuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengonsumsi makanan yang tepat selama masa kehamilan merupakan hal yang penting dilakukan oleh Moms. Namun, ini bisa menjadi sulit bisa dikaitkan dengan keraguan.

Misalnya mengonsumsi jamur. Sebagian orang mengatakan jamur adalah makanan ideal dan lain mengatakan jamur membahayakan kesehatan ibu hamil.

Baca Juga: Resep Jamur Krispi yang Renyah, Cocok Buat Camilan!

Moms, mengonsumsi jamur selama kehamilan aman untuk dilakukan, tetapi hindari jamur mentah karena bersifat karsinogenik ya. Dilansir dari artikel Maryland WIC, jamur matang atau kering baik karena sangat bergizi dan kaya akan vitamin, hingga mineral.

Namun, tidak semua jamur dapat dimakan lho. Jadi, penting bagi Moms untuk mengetahui jenis jamur apa saja yang aman dimakan oleh ibu hamil.

Jenis Jamur yang Aman untuk Ibu Hamil

Kira-kira, jenis jamur apa saja yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Jamur Kancing Putih

Jamur kancing putih

Foto: Orami Photo Stock

Moms, jamur kancing putih adalah varietas yang umum ditemukan di mana-mana. Jamur yang aman untuk ibu hamil ini dapat dikenali dengan bidikan putih pucat dengan atasan berbintik-bintik.

Bagian atas beraroma dan dapat digunakan untuk membuat hidangan lezat. Pucuknya mengandung serat, yang digunakan untuk membuat kaldu dan semur.

2. Jamur Porcini

porcini-mushroom.jpg

Foto: Foodthesis.com

Jamur Porcini (Boletus edulis) berwarna emas dan sangat beraroma. Tapi, jamur ini adalah yang paling mahal biasanya digunakan dalam masakan Italia.

3. Jamur Morel Sejati

shutterstock-172160003___31124804489.jpg

Foto: Patch.com

Jamur yang aman untuk ibu hamil lainnya adalah jamur morel sejati (Morchella) adalah varietas liar tetapi memiliki strain yang dapat dimakan yang datang dengan batang berongga.

Pastikan Moms membersihkan dan memasaknya dengan benar karena jamur ini cenderung menyebabkan reaksi alergi dan gangguan pencernaan.

Baca Juga: Resep Jamur Enoki Goreng Crispy

4. Jamur Kastanye

Mushrooms-Chesnut__31507.1502751386.jpg

Foto: Iloveorganic.ie

Jamur kastanye (Agaricus bisporus) terlihat seperti jamur kancing putih tetapi memiliki topi cokelat dan insang merah muda ke coklat gelap.

Jamur yang aman untuk ibu hamil ini memiliki rasa yang kuat dan terlihat seperti strain jamur kancing yang lebih gelap.

5. Jamur Shiitake

Jamur Shiitake

Foto: Orami Photo Stock

Jamur yang aman untuk ibu hamil berikutnya adalah shiitake yang memiliki warna hitam dan tekstur daun serta populer digunakan dalam masakan Cina.

Shiitake dan Maitake adalah jamur obat, yang memiliki kadar beta-glukan, gula polisakarida, dan serat yang tinggi. Tak hanya itu berdasarkan artikel dari Healthy Healing Detoxification, jamur ini juga memiliki zat anti tumor, antikanker, antibakteri, anti jamur,dan antioksidan.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Kesehatan Jamur Shiitake, Moms Harus Tahu

Tips Makan Jamur yang Aman untuk Ibu Hamil

Makan Jamur saat Hamil

Berikut adalah beberapa tips tentang cara makan jamur yang aman untuk ibu hamil:

  • Beli jamur segar, yang tidak memiliki bintik-bintik dan memar membusuk.
  • Dalam kasus jamur olahan, periksa tanggal kedaluwarsa.
  • Cuci dan masak dengan benar. Tidak pernah punya jamur mentah.
  • Jika Moms ingin memeriksa apakah jamur menyebabkan efek samping, makanlah dalam jumlah sedikit dan cari reaksi. Hindari jika mengalami reaksi alergi.

Namun, beberapa jamur yang dapat dimakan dapat menyebabkan ibu hamil penderita alergi memiliki efek samping. Mereka juga dapat memicu masalah perut seperti mual, muntah, dan diare pada sebagian kecil individu.

Sebelum memakan jamur yang aman untuk ibu hamil, ada baiknya Moms berkonsultasi terlebih dulu kepada bidan dan dokter kandungan agar bisa terhindar dari efek sampingnya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait