Fashion & Beauty

10 September 2021

8 Jenis Kain untuk Gamis, Adem dan Nyaman!

Moms bisa sesuaikan dengan desain gamis yang diinginkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Membuat gamis sendiri memang menjadi pilihan bagi Moms yang ingin memiliki desain gamis sesuai dengan keinginan. Tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan. Selain desain, jenis kain untuk gamis yang akan digunakan juga tidak boleh diabaikan.

Pemilihan jenis kain untuk gamis tersebut biasanya tergantung dengan desain seperti apakah yang akan dibuat.

Saat ini, sudah ada banyak jenis kain untuk gamis yang bisa digunakan. Tetapi, belum tentu kain tersebut cocok sesuai dengan desain yang Moms inginkan.

Inilah pentingnya Moms harus mengetahui jenis kain untuk gamis sesuai dengan kebutuhan. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Jenis Sepatu Wanita, Nyaman dan Tetap Gaya!

Jenis Kain untuk Gamis

Gamis merupakan salah satu fashion hijab kekinian dengan model yang simple dan sederhana. Moms juga bisa menambahan manik-manik, detail dan model hijab yang kian modern.

Gamis juga tidak hanya dipakai untuk merayakan acara keagamaan saja, lho. Moms juga bisa menggunakan untuk sehari-hari hingga acara pernikahan.

Fungsi dan inovasi gamis yang kian berkembang, tak heran jika banyak orang yang ingin membuatnya sendiri. Namun, Moms harus mengetahui jenis kain untuk gamis.

Berikut ini jenis kain untuk gamis:

1. Kain Katun

kain katun.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jenis kain untuk gamis yang banyak digunakan adalah katun. Kain ini memiliki serat alam berupa tanaman kapas, sehingga halus dan mudah menyerap keringat.

Tak hanya gamis, kain katun juga banyak digunakan untuk jenis pakaian lain karena cocok digunakan beriklim tropis, seperti Indonesia.

Pada umumnya, jenis kain katun ada banyak sekali. Salah satunya katun combed yang mempunyai tiga tingkatan, yaitu 20s, 24s dan 30s yang jenis benangnya berbeda-beda dan ukuran gramnya juga beda.

2. Kain Satin

jenis kain untuk gamis satin.jpg

Foto: pinterest.com

Jenis kain untuk gamis berikutnya adalah satin. Kain ini sudah tidak asing lagi dikalangan umum dan memberikan tampilan yang licin.

Selain itu, kain satin memiliki tekstur halus dan memberikan kesan mengkilap di bagian depan kain.

Jenis kain ini menggunakan bahan lain seperti rayon, polyester, nilon, untuk memberikan tampilan glossy. Sehingga, saat memakai pakaian berasal dari kain satin terasa nyaman digunakan dan terlihat menarik.

Ada berbagai macam kain satin yang bisa Moms pilih, tetapi yang paling sering digunakan untuk gamis adalah satin duchesse. Moms bisa membuat desain gamis minimalis menggunakan kain jenis ini.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Kain Sutra Asli, Jangan Sampai Salah ya Moms!

3. Kain Crepe

jenis kain untuk gamis crepe.jpg

Foto: pinterest.com

Kain crepe juga termasuk daftar jenis kain untuk gamis selanjutnya. Kain ini memiliki tekstur yang lembut, berserat, dan jatuh saat dipakai.

Meskipun cenderung berserat, kain ini cukup tebal dan tidak menerawang. Bahannya juga sangat nyaman dan adem sehingga tidak akan membuat gerah pemakainya.

Ciri khas dari kain crepe ini adalah memiliki tekstur unik yang memberikan nuansa pasir atau kerutan kecil pada permukaan kain.

Mulai dari tekstur yang elastis sampai memiliki ketebalan kain yang beda dan akan memberikan nuansa sendiri untuk gamis nantinya.

4. Kain Tille

kain tile.jpg

Foto: pinterest.com

Kain tile merupakan jenis kain untuk gamis yang berbentuk jala dengan lubang kecil, sangat ringan tapi kuat dan tahan lama.

Ada juga jenis kain tille yang kaku dan juga lembut. Tidak hanya itu, kain ini ada yang polos dan ada juga dengan hiasan taburan glitter atau manik-manik.

Dengan motif yang beragam jenis seperti itu, membuat kain ini memberi efek berkilau pada pakaian yang dikenakan nanti.

Kain ini dimanfaatkan sebagai underskirts untuk menciptakan bentuk kaku. Selain itu, jenis kain untuk gamis dengan kain tulle ini bisa digunakan sebagai kombinasi baju pesta.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menanam Rumput Kucai agar Tumbuh Subur

5. Kain Maxmara

kain maksmara.jpg

Foto: theweek.co.uk

Jenis kain untuk gamis ini kerap diminati karena memiliki banyak motif yang unik dan cantik. Kain maxmara yang sering disebut juga sutra satin memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Bahannya ringan, jatuh saat dipakai, glowing tapi bukan mengkilat sehingga sangat cocok dipakai untuk bahan gamis.

Mengenakan gamis berbahan maxmara juga akan memunculkan kesan mewah dan elegan. Selain itu kain ini juga bisa membuat tubuh terkesan lebih kurus.

6. Kain Sutra

kain sutra 1.jpg

Foto: pinterest.com

Jenis kain untuk gamis yang satu ini didapat dari serat kepompong ulat sutra dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Kain sutra memiliki tekstur permukaan yang lembut dengan kilauan keindahannya.

Hal tersebut menjadikan para penjahit sering memanfaatkan kain ini sebagai bahan dasar pembuatan gamis dan pakaian lainnya.

Dress dengan bahan dasar kain sutra ini bisa digunakan dalam acara penting seperti rapat, pernikahan dan acara penting lainnya. Selain itu, jenis kain untuk gamis ini terlihat cantik, mewah dan menawan saat dipakainya.

Baca Juga: 13 Manfaat Rebusan Daun Salam, dari Ujung Kaki hingga Ujung Rambut

7. Kain Linen

kain line.jpg

Foto: pinterest.com

Kain linen merupakan jenis kain untuk gamis yang terbuat dari serat alam tumbuhan rami dengan tekstur seratnya yang halus jika disentuh dan sedikit berkilau.

Jenis kain ini mempunyai karakteristik yang cukup istimewa. Hal ini karena kain ini termasuk kain pertama yang dikenal sepanjang sejarah dalam peradaban manusia.

Hal tersebut membuat bahwa serat linen merupakan serat kain yang pertama kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain.

Jenis kain linen seperti ini juga cocok digunakan untuk pembuatan gamis yang sudah populer sampai sekarang. Selain itu, kain ini juga memiliki ketahanan terhadap bakteri dan jamur yang biasa menyerang jenis kain lainnya.

8. Kain Denim

kain denim.jpg

Foto: pinterest.com

Kain denim tidak hanya digunakan sebagai celana atau jaket, melainkan digunakan sebagai pembuatan gamis juga, lho.

Jenis kain ini ternyata sudah diminati banyak orang untuk digunakan sebagai gamis.

Nantinya hasil gamis dengan kain denim akan memberikan tampilan yang santai dengan nuansa yang casual.

Kain denim ini termasuk jenis kain untuk gamis yang memiliki bahan yang kuat, tahan lama, tidak mudah sobek, nyaman serta terlihat elegan saat dipakai.

Baca Juga: 13 Cara Membuat Masker Rambut Alami, Atasi Rambut Ketombean hingga Rontok!

Tips Memilih Jenis Kain untuk Gamis yang Bagus

gamis

Foto: Orami Photo Stock

Kain menjadi kebutuhan yang selalu dicari baik dari segi kualitas, harga, dan trend yang sedang hangat.

Bahan dasar dalam pembuatan pakaian ini memang menjadi kebutuhan pokok yang dipergunakan untuk melindungi tubuh dari cuaca maupun kotoran.

Selain itu, kain juga menambahkan nilai estetika tersendiri. Nah, agar tidak salah memilih jenis kain, yuk simak tips memilihnya sebagai berikut:

1. Jenis Kain

Terdapat berbagai jenis kain untuk gamis yang sudah dijelaskan di atas. Dari berbagai jenis tersebut Moms bisa memilih salah satunya untuk membuat gamis yang nyaman dan diinginkan.

Pemilihan jenis kain untuk gamis sebaiknya disesuaikan dengan kondisi di tempat tinggal Moms, ya. Jika tempat tinggal Moms memiliki kondisi iklim panas, pilihlah kain yang tipis.

2. Karakter Kain

Tips selanjutnya adalah tentukan karakter dari jenis kain. Hal yang paling penting adalah aspek kenyaman ketika Moms memakai hasil desain sendiri.

Karakter jenis kain gamis yang baik adalah tidak menimbulkan efek gatal dan panas.

Baca Juga: 11 Cara Menagih Hutang Agar Segara Dibayar, Bisa Dicoba Moms!

3. Warna

Pemilihan warna bisa Moms sesuaikan dengan kesukaan hingga waktu memakai gamis. Jika Moms memakai gamis untuk acara formal, pilihlah warna netral.

Sedangkan untuk ke pesta, Moms bisa memilih warna merah terang atau pink.

4. Harga

Tips yang juga penting Moms pertimbangkan adalah harga.

Dalam pembuatan gamis, kualitas merupakan hal utama tetapi harga pun juga tidak kalah penting. Langkah yang perlu Moms lakukakan adalah membandingkan harga antara bahan satu dengan lainnya.

Sesuaikan hal itu dengan kemampuan Moms sehingga semua komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan gamis dapat terpenuhi seluruhnya.

Nah itu dia Moms berbagai jenis kain untuk gamis yang bisa dipilih. Selamat mencoba ya Moms!

  • https://www.masterclass.com/articles/28-types-of-fabrics-and-their-uses
  • https://www.thecreativecurator.com/different-types-of-fabric/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait