Kesehatan

11 Februari 2020

5 Jenis Kanker yang Paling Banyak Ditemukan di Indonesia

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak ditemukan di Indonesia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Semua orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit. Sayangnya jika tidak menjaga kesehatan tubuh dengan benar, dan menjalani pola hidup sehat, berbagai macam penyakit bisa menyerang sistem kekebalan tubuh kita.

Salah satu ancaman penyakit yang banyak ditakuti oleh penduduk Indonesia adalah penyakit kanker, penyakit ganas ini sulit untuk disembuhkan dan sudah banyak memakan korban.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Ketika Anak Menderita Kanker

Jenis Kanker yang Banyak Ditemukan di Indonesia

Moms mungkin penasaran, apa saja jenis kanker yang banyak menyerang penduduk Indonesia. Jika ya, langsung cek di bawah ini, yuk.

1. Kanker Payudara

jenis kanker di Indonesia

Foto: Orami Photo Stock

Jenis kanker yang paling banyak ditemukan di Indonesia pertama adalah kanker payudara. Berdasarkan data dari Kemenkes pada 31 Januari 2019, terdapat angka kanker payudara 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk dan kanker serviks sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk.

Kanker payudara lebih rentan menyerang wanita yang mendapat menstruasi di usia dini dan melahirkan di usia tua. Namun perempuan dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga, obesitas, dan tidak menjaga makan juga berisiko tinggi.

2. Kanker Serviks

jenis kanker di Indonesia

Foto: Orami Photo Stock

Jenis kanker yang paling banyak ditemukan di Indonesia selanjutnya adalah kanker serviks. Kanker serviks dikenal juga dengan sebutan kanker leher rahim.

Penyakit ini disebabkan karena serangan virus HPV, jadi para wanita diharapkan berhati-hati, apalagi saat berhubungan seks.

Jalani gaya hidup yang sehat dan hidari berganti pasangan. Kanker serviks dapat dicegah dengan suntik vaksin HPV sebanyak tiga kali untuk perempuan dewasa dan dua kali suntik untuk anak-anak.

Baca Juga: Henky Solaiman Derita Kanker Usus, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

3. Kanker Prostat

jenis kanker di Indonesia

Foto: Orami Photo Stock

Jenis kanker yang paling banyak ditemukan di Indonesia selanjutnya adalah kanker prostat. Selain kedua jenis kanker di atas, selanjutnya ada kanker prostat yang juga mengintai penduduk Indonesia.

Jenis kanker yang menyerang kaum laki-laki di Indonesia ini juga perlu diwaspadai.

Kanker prostat umunya ditemukan pada laki-laki yang berusia lebih tua dari 65 tahun. Penyakit ini tidak punya gejala yang jelas. Penderita akan merasa kesulitan saat buang air kecil atau sakit pinggul dan punggung.

4. Kanker Paru

jenis kanker di Indonesia

Foto: Orami Photo Stock

Jenis kanker yang paling banyak ditemukan di Indonesia selanjutnya adalah kanker paru. Berdasarkan laporan dari Kemenkes RI, kanker paru banyak menyerang penduduk laki-laki di Indonesia.

Angka menunjukkan bahwa penderita kanker paru sebesar 19,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 10,9 per 100.000 penduduk.

Jenis kanker ini adalah kanker yang dimulai di paru-paru dan menyebar ke bagian lain dari tubuh kita.

Baca Juga: 7 Gaya Hidup Orang Jepang yang Wajib Ditiru Untuk Menjaga Kesehatan

5. Kanker Hati

jenis kanker di Indonesia

Foto: Orami Photo Stock

Jenis kanker yang banyak di temukan di Indonesia selanjutnya adalah kanker hati.

Jenis kanker ini penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari cacat lahir, penyalahgunaan alkohol, infeksi kronis dengan penyakit hepatitis B dan C, hemochromatosis (penyakit keturunan yang terkait terlalu banyak zat besi dalam hati), dan sirosis.

Itu dia beberapa jenis kanker yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Pastikan untuk selalu menjalani pola hidup sehat, agar terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait