Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Food Trend | Sep 29, 2018

7 Jenis Minuman Kopi dan Perbedaannya, Mana Favoritmu?

Bagikan


Bertepatan dengan Hari Kopi Internasional yang diperingati setiap 1 Oktober, rasanya tepat jika kita belajar mengenal jenis-jenis sajian kopi yang ada. Selama ini mungkin kita hanya asal memesan latte, caramel macchiato, atau cappuccino tanpa tahu seperti apa racikannya.

Kini, yuk kita pelajari apa saja sajian kopi yang ada di kedai kopi dan perbedaannya. Pelajari juga komposisi racikannya. Yuk simak di bawah ini Moms!

Espresso

Mari kita mulai dengan sajian kopi paling sederhana yang jadi awalan untuk semua sajian kopi, espresso. Espresso adalah sajian kopi yang sangat pekat, kental, dan kuat.

Espresso dibuat dengan cara memaksa sejumlah kecil air yang hampir mendidih di bawah tekanan melalui biji kopi yang digiling halus.

Dengan cara itu, kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa yang lebih pekat. Espresso biasanya disajikan dengan gelas kecil. Satu gelas kecil espresso punya kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan segelas sajian kopi lainnya.

Americano

Jika ingin mencicipi espresso tapi dalam takaran kopi standar, cobalah americano. Sajian kopi ini merupakan modifikasi dari espresso yang ditambahkan air panas.

Nama americano dipakai karena banyak orang Amerika yang menikmati sajian espresso dengan tambahan air panas ini dari mesin kopi mereka.

Baca Juga: Resep Avocado Coffee, Sajian Kopi yang Sedang Hits

Café au Lait

Namanya agak sulit dilafalkan, tapi kalau diterjemahkan mungkin akan lebih mudah dilafalkan dan dipahami. Café au Lait sebetulnya adalah kopi susu. Café au Lait terbuat dari campuran americano dan susu hangat. Sederhana memang, tapi cita rasanya enak sekali.

Latte

Nah, anak nongkrong kedai kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini, latte. Latte terbuat dari campuran espresso, susu, dan sedikit buih susu di atasnya dengan perbandingan 1:3:1/2.

Cappuccino

Sama seperti latte, cappuccino juga terbuat dari perpaduan espresso, susu, dan buih susu. Namun, perbandingannya berbeda.

Latte menggunakan lebih banyak susu ketimbang espresso-nya. Sementara cappuccino punya perbandingan susu dan espresso yang seimbang.

Jika Moms menyukai sajian kopi yang pekat tapi ingin juga merasakan susu yang creamy, cappuccino adalah pilihan tepat.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Kepribadian Berdasarkan Kopi Favorit!

Macchiato

Setelah latte dan cappuccino, ada lagi yang namanya macchiato. Sajian kopi ini punya komposisi yang sama dengan latte dan cappuccino, yakni espresso, susu, dan buih susu. Yang membedakan adalah cara penyajiannya.

Untuk membuat macchiato, susu dimasukkan terlebih dahulu kemudian disusul dengan espresso, dan buih susu. Cara penyajian ini memberikan hasil lapisan istimewa.

Soal perbandingan, macchiato menggunakan lebih banyak susu dari cappuccino tapi lebih sedikit dari latte. Jadi, rasanya berada di antara latte dan cappuccino.

Mocha

Untuk para pecinta cokelat, mocha adalah pilihan yang tepat. Mocha terbuat dari campuran yang sama dengan cappucino hanya saja ada tambahan cokelat panas. Rasanya, tidak perlu ditanyakan lagi, sudah pasti enak!

Ternyata masing-masing sajian kopi punya perbedaan dan keunikan masing-masing ya Moms. Mana sajian kopi yang paling Moms sukai? Share yuk!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.