Fashion & Beauty

1 September 2021

Ini 13 Jenis Sepatu Pria yang Dads Wajib Punya agar Makin Stylish

Ini berbagai jenis sepatu pria, dari yang formal hingga kasual!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Debora

Untuk urusan busana, kebanyakan pria pasti menginginkan sesuatu yang sederhana, termasuk untuk memilih jenis sepatu pria yang tepat. Moms atau Dads pasti menyadari bahwa kebanyakan pria tak akan menghabiskan waktu lama untuk bersiap-siap sebelum pergi.

Misalnya saat Dads hendak datang ke acara formal, ia bisa dengan cepat memilih setelan dan jenis sepatu pria yang cocok untuk dikenakan seperti sepatu pantofel atau sepatu oxford.

Kemudian, saat mereka hendak liburan ke pantai, biasanya pilihan jatuh pada celana pendek, kemeja linen atau kaus tanpa lengan, sandal atau boat shoes.

Namun, jika membicarakan jenis sepatu pria, sebenarnya ada aturannya juga. Dengan kata lain, tidak semua jenis sepatu formal diciptakan untuk tujuan dan bentuk yang sama. Oleh karena itu, berikut ini jenis sepatu pria yang Dads wajib miliki untuk tetap tampil stylish dan sesuai dengan acara yang dihadiri.

Baca Juga: Supaya Selalu Terlihat Baru, Ketahui Cara Merawat Sepatu Kulit Berikut Ini!

Berbagai Jenis Sepatu Pria

Berikut ini adalah beberapa jenis sepatu pria yang bisa Dads sesuaikan penggunaannya tergantung jenis aktivitas yang dilakukan:

1. Oxford

Jenis Speatu Pria - Oxford Shoes

Foto: samuel-windsor.com

Jenis sepatu pria dengan gaya formal pertama yang mungkin paling terkenal adalah jenis sepatu Oxford. Ini adalah jenis sepatu bertali formal yang ramping yang dikenali dari gaya tali "tertutup" dan kekhasannya karena sepatu ini terbuat dari satu potong kulit.

Gaya tertutup berarti bahwa penutup lubang di bagian atas sepatu dijahit di atas vamp, atau bagian depan sepatu, sehingga membatasi gerakan penutup.

Sepatu Oxford biasanya dikenakan untuk acara yang lebih formal, tetapi juga bisa dikenakan untuk acara yang lebih santai seperti dengan setelan bisnis.

2. Derby

Jenis Sepatu Pria - Derby Shoes

Foto: grenson.com

Sepatu jenis ini adalah kerabat dekat sepatu Oxford, tetapi perlu diingat bahwa mereka bukan jenis sepatu pria yang sama. Bedanya, Derby menggunakan sistem tali terbuka dengan penutup yang dijahit di bawah vamp dan tidak terhubung di bagian depan sepatu.

Gaya jahitan ini membuat lipatannya mampu bergerak dan ketika diikat, sepatu terlihat seolah-olah dipecah menjadi beberapa bagian (atas, samping, belakang, dan lain-lain).

Awalnya, ia adalah sepatu olahraga, seperti untuk olahraga santai seperti berburu. Meskipun Derby bisa dikenakan dalam suasana formal, ia lebih kasual daripada Oxford dan bisa dibilang lebih nyaman dan fungsional.

3. Blucher

Jenis Sepatu Pria - Bluchers Shoes

Foto: allenedmonds.com

Di Amerika Serikat, Derby dan Bluchers sering digunakan secara bergantian untuk menggambarkan jenis sepatu pria dengan gaya renda depan terbuka. Namun sebenarnya keduanya adalah dua jenis sepatu pria yang sedikit berbeda.

Jika Dads memerhatikan cukup dekat, Dads akan melihat bahwa Derby memiliki dua sisi yang dijahit di bawah vamp, sedangkan Bluchers menghubungkan kedua sisi ke vamp. Sangat mirip, tetapi tidak identik.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci

4. Chelsea

Jenis Sepatu Pria - Chelsea Boots

Foto: insider.com

Sepatu Chelsea atau Chelsea Boots adalah gaya boot favorit ikon rock The Beatles. Jenis sepatu pria ini dengan mudah menjadi salah satu jenis sepatu pakaian favorit banyak pria.

Sepatu ini berasal dari era Victoria, tetapi menjadi populer di tahun 60-an, gaya ankle boot yang nyaman ini diklasifikasikan berdasarkan hak rendahnya, tab kain di bagian belakangnya dan kualitas slip-on/slip off juga menjadikannya mudah digunakan berkat panel sampingnya yang elastis. Chelsea Boots juga memiliki ujung yang membulat dan cukup fleksibel untuk dikenakan dengan jeans atau setelan jas.

5. Loafers

Jenis sepatu pria - loafers

Foto: Orami Photo Stock

Jenis sepatu pria ini mudah dikenali berkat bagian tumit lebar dan kemampuan untuk dipakai langsung atau slip-on. Sepatu loafers terinspirasi oleh Mokassin, yaitu sepatu pilihan untuk penduduk asli Amerika. Seperti Oxfords, Moccasins hadir dalam berbagai gaya tanpa renda Terlepas dari gayanya, untuk berbagai jenis sepatu pria, jenis sepatu ini dianggap yang paling kasual.

Dads dapat mengenakan sepasang sepatu loafers untuk acara dansa yang dipadukan dengan celana jins atau memasangkannya dengan setelan jas. Namun loafers tidak disarankan untuk dikenakan di acara formal nan mewah.

6. Mokassin

Jenis Sepatu Pria - Moccasin Shoes

Foto: minnetonkamoccasin.com

Mirip dengan Loafers, bedanya Mokassin biasanya dihiasi jumbai atau manik-manik lain. Dalam sejarahnya, jenis sepatu ini digunakan penduduk asli Amerika untuk menemani mereka berburu dan meramu di hutan belantara. Sepatu ini memiliki kesan eksentrik sehingga banyak dipakai pria yang ingin mendapatkan penampilan yang berbeda.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Sepatu Sesuai Bahannya Agar Tidak Mudah Rusak

7. Boat Shoes

Jenis Sepatu Pria - Boat Shoes

Foto: katiesbliss.com

Jenis sepatu ini juga mudah dipakai karena ia adalah jenis sepatu slip-on. Sepatu ini adalah sepatu kasual terbaik yang bisa digunakan pria untuk acara santai dan saat menggunakannya juga terasa sejuk karena ia terinspirasi dari gaya pantai.

Kemudahan fungsi slip-on membuatnya menjadi favorit banyak pria. Dilengkapi dengan sol karet dengan pola tapak yang unik mencegah Dads yang menggunakannya tergelincir saat berada di dek kapal.

8. Sepatu Kets

Jenis Sepatu Pria - Sepatu Kets

Foto: bp-guide.id

Ini adalah jenis sepatu yang juga banyak digunakan karena sangat kasual. Dads bisa melengkapi pakaian kasual dengan sepasang sepatu kets retro yang serasi dengan jeans dan kaus.

Tidak ada teknologi mewah dalam sepatu inu, hanya sol karet dan kanvas berwarna. Kini, semakin banyak juga sepatu kets modern yang tidak akan pernah ketinggalan zaman. Semakin sederhana warnanya, maka semakin abadi tampilannya.

9. Sepatu Trainers

Jenis Sepatu Pria - Trainers

Foto: gethypervisual.com

Ini adalah sepatu kets modern dengan penekanan pada kenyamanan, baik itu busa atau bantalan udara untuk menopang pangkal kaki. Pada bagian atas juga dilengkapi dengan bahan yang lembut dan ringan untuk membungkus kaki.

Dads pasti memiliki salah satu sepatu ini karena ia sangat nyaman dan serba guna. Dads bisa menggunakannya untuk olahraga atau bahkan untuk melengkapi penampilan kasual.

Baca Juga: 5 Sepatu yang Cocok dan Tetap Stylish Digunakan Saat Hujan

10. Chukka

Jenis Sepatu Pria - Chukka

Foto: thursdayboots.com

Chukka adalah sepatu boot yang bergaya Derby. Biasanya dibuat dari kulit anak sapi atau suede. Sepatu Chukka dibuat dengan menggunakan dua hingga tiga set lubang tali dan sistem tali terbuka untuk mengamankan bagian atas lidah sepatu bot.

12. Desert Boots

Jenis Sepatu Pria - Desert Boots

Foto: thegentlemansjournal.com

Desert Boots adalah jenis Chukka, tetapi Chukka Boots tidak selalu Desert Boots.Jadi Desert Boots diberi nama setelah sepatu boots suede coklat muda yang dikenakan tentara Inggris selama kampanye gurun di Perang Dunia II.

Meskipun sangat mirip dengan Chukka dalam gaya, perbedaan antara Desert Boots dan Chukka terletak pada aksesori mereka. Desert Boots memiliki sol karet dan chukka memiliki sol kulit.

13. Monk/Double Monk Shoes

Jenis Sepatu Pria - Monk Shoes

Foto: crockettandjones.com

Gaya Tali Monk didefinisikan sebagai sepatu apa pun yang menggunakan tali dan gesper alih-alih menggunakan tali. Namun ketika ada tali yang lebih lebar dengan dua gesper, maka sepatu itu disebut Double Monks. Dads pasti sangat mudah mengenali jenis sepatu ini.

Baca Juga: Ini Model Sepatu yang Paling Nyaman untuk Travelling

Itulah beberapa jenis sepatu pria yang Dads wajib tahu. Apakah Dads menggunakannya untuk melengkapi gaya atau mengedepankan kenyamanannya, sepatu adalah bagian paling penting dalam penampilan seseorang.

Kemeja, jas, dan pakaian lainnya memang penting juga, tetapi ada bagian dari sepatu yang istimewa dan tidak dimiliki oleh aksesori lainnya.

Jadi, pilihlah dengan bijak sesuai kebutuhan dan pastikan untuk tetap merawatnya supaya tetap nyaman dipakai, tetap terlihat bagus, dan bisa menunjang penampilan.

  • https://manofmany.com/fashion/a-definitive-guide-to-dress-shoes
  • https://www.kinowear.com/mans-guide-to-shoes-the-13-types-of-mens-shoes/
  • https://theadultman.com/fashion-and-style/types-mens-shoes/#1_the_chelsea_boot
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait