Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Food Trend | Sep 6, 2018

10 Jenis Soto Khas Indonesia, Mana yang Paling Favorit?

Bagikan


Soal kuliner, Indonesia memang juaranya. Salah satu yang paling favorit adalah soto. Hampir setiap daerah di Indonesia punya soto sendiri lho, Moms.

Mulai dari isian, jenis kuah, serta bahan pelengkapnya berbeda satu sama lain. Cita rasanya pun demikian, masing-masing punya keunikan sendiri.

Dari banyak soto yang ada di Indonesia, Orami memilih 10 soto yang paling terkenal. Apa saja? Penasaran kan? Cari tahu yuk Moms!

1. Soto Betawi

Foto: Resepkoki.id

Popularitas soto betawi bisa dibilang sangat tinggi. Hampir di setiap daerah, Moms bisa menemukan soto ini. Soto yang asalnya dari Jakarta ini memang punya cita rasa istimewa! Kuah santannya yang gurih berpadu sempurna dengan bumbu rempah dari pala, cengkeh, dan kapulaga.

Tidak berhenti sampai di situ, isian soto betawi berupa daging dan jeroan sapi menambah cita rasa gurih pada soto ini. Soto betawi paling pas disajikan dengan nasi hangat dan emping.

2. Soto Lamongan

Foto: Food.detik.com

Soto lain yang tidak kalah pamor adalah soto lamongan. Soto lamongan ini punya ciri khas bubuk koya yang gurih. Bubuk koya yang terbuat dari campuran bawang goreng dan kerupuk udang itu memang menambah cita rasa soto berkuah kuning ini.

Soal isian, soto lamongan umumnya terdiri dari kol, sohun, dan suwiran daging ayam kampung. Soto ini juga biasanya disajikan dengan nasi hangat.

3. Soto Mie Bogor

Foto: Resepkoki.id

Soto mie bogor beda lagi. Jika kebanyakan soto disajikan dengan nasi hangat, soto mie bogor ini disajikan dengan mi kuning.

Untuk isiannya, soto mie bogor terdiri dari daging sapi, tomat, dan risoles. Kuahnya memang bening, tapi cita rasanya begitu enak.

Baca Juga: 7 Sate Khas Indonesia yang Menggugah Selera 

4. Soto Bandung

Foto: Tastemade.com

Kebanyakan soto memang dimasak dengan aneka bumbu rempah, tapi soto bandung tidak. Sotonya Kota Kembang ini justru dimasak dengan bumbu sederhana dan isian yang tidak seramai soto lainnya.

Soto bandung berisi daging sapi yang dipotong berbentuk dadu, potongan lobak, dan taburan kacang kedelai. Meskipun sederhana, rasanya tetap luar biasa lho Moms. Tidak percaya? Langsung saja cicipi!

5. Soto Banjar

Foto: Pimentious.com

Pulau Kalimantan punya sajian soto yang juga terkenal, soto banjar namanya. Sesuai dengan namanya, soto ini berasal dari Banjarmasin. Kekayaan rempah sangat terasa dari kuah soto banjar ini.

Bumbu rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh jadi cita rasa khas soto ini. Untuk isiannya, soto banjar menggunakan suwiran daging ayam, perkedel kentang, rebusan telur, dan disantap dengan ketupat. Unik ya Moms?

6. Soto Padang

Foto: Instagram.com/pakindro

Soal kuliner, Padang memang tidak ada matinya. Tidak cukup dikenal dengan rendang dan satenya, Padang juga ternyata punya soto. Ya, soto padang namanya.

Soto padang menggunakan kuah bening dengan cita rasa segar dan kaya rempah dari campuran cuka, jeruk nipis, daun jeruk, serai, jahe, dan daun bawang. Soto padang disajikan dengan daging sapi kering, bihun, dan perkedel kentang. Taburan kerupuk merah dan nasi hangat tidak boleh ketinggalan ya, Moms.

Baca Juga: 8 Jenis Sop Khas Indonesia yang Bikin Lidah Bergoyang

7. Coto Makassar

Foto: Isna Sutanto

Dari Sulawesi ada coto makassar. Ini menu wajib untuk dicicipi saat bertandang ke Makassar. Coto makassar punya cita rasa yang gurih. Kuahnya terbuat dari rebusan jeroan bersama rempah-rempah.

Untuk isiannya, coto makassar menggunakan potongan jeroan. Coto makassar disajikan dengan ketupat.

8. Soto Medan

Foto: Resepkoki.id

Penggemar hidangan bersantan sepertinya cocok untuk menjajal soto medan ini. Hampir sama dengan soto betawi, soto medan ini disajikan dengan kuah santan yang gurih.

Sebagai isian, ada perkedel kentang, kentang goreng, dan telur rebus. Tidak lupa potongan daging sapi dan tauge.

9. Soto Madura

Foto: Foody.id

Soto lain yang tidak kalah terkenal adalah soto madura. Soto ini disajikan dengan daging sapi dan jeroan, telur rebus, kentang goreng, tauge, bihun, serta kol.

Rasanya agak sedikit berbeda karena terdapat campuran bawang merah. Tapi tetap enak dan nikmat kok Moms.

Baca Juga: 10 Es Tradisional Indonesia yang Belum Banyak Dikenal, Pernah Coba?

10. Soto Kudus

Foto: Goodindonesianfood.com

Sesuai namanya, soto ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Tidak seperti soto betawi, kuah soto kudus ini bening dengan isian daging ayam atau sapi yang bisa dipilih sesuai selera.

Penyajiannya unik, yaitu isian berupa irisan daging ayam atau sapi, seledri, bawang goreng, bawang putih goreng, dan tauge disajikan dalam mangkuk lebih kecil Sementara kuah terpisah dalam mangkuk yang berbeda.

Itulah 10 jenis soto khas Indonesia yang sudah terkenal. Soto mana yang jadi favorit Moms? Share yuk!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.