Home & Living

12 Agustus 2021

7 + Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Rumah, Bisa Bikin Teduh Juga!

Senang berkebun? Moms kenali yuk beragam jenis tanaman merambat cepat tumbuh untuk di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tanaman merambat selain mereka melembutkan tampilan landscape rumah, juga dapat melindungi privasi pemandangan dari luar. Mereka dapat digunakan sebagai layar hijau, mengisi lubang di pagar, atau menjadi titik fokus teralis.

Tanaman merambat membutuhkan ruang lateral yang sangat sedikit pada waktu tanam karena pertumbuhannya sebagian besar ke atas dan ke luar. Mereka dapat bekerja dengan cara mereka ke tempat-tempat yang sempit sebelum melepaskan diri pada pendakian vertikal.

Tidak semua tanaman merambat tumbuh dengan cara yang sama, tetapi sebagian besar membutuhkan dukungan yang baik untuk melihat dan menumbuhkan yang terbaik. Beberapa tanaman merambat yang lebih besar, seperti memanjat Hydrangea, Boston ivy atau English ivy, mengirimkan ratusan akar kecil seperti rambut dari batang utamanya.

Tanaman Merambat Cepat Tumbuh

Sementara beberapa tanaman, seperti kacang manis, secara alami akan "memanjat" sendiri dengan sulur-sulur kecil yang menempel pada struktur, yang lain, seperti mawar, mungkin perlu diikat longgar di tempat yang diinginkan untuk tumbuh.

Beberapa jenis tanaman merambat, seperti honeysuckle, dapat bersifat invasif, jadi bacalah labelnya untuk memastikan mendapatkan hibrida yang lebih baru atau jenis yang tidak agresif. Berikut ini tanaman merambat cepat tumbuh yang bisa dijadikan referensi di rumah:

1. Boston ivy (Parthenocissus tricuspidata)

Boston ivy (Parthenocissus tricuspidata)

Foto: freepik.com

Tanaman merambat cepat tumbuh yang pertama adalah Boston Ivy, bisa dibilang tanaman klasik dengan daun hijau namun merah di bawah sinar matahari ketika musim gugur di benua empat musim. Sehingga, bila sebagai tanaman hias, pemilik rumah dengan dinding bata harus mempertimbangka efek jangka panjang.

2. Chocolate vine (Akebia quinata)

Chocolate vine (Akebia quinata)

Foto: freepik.com

Chocolate vine adalah tanaman merambat abadi yang tumbuh dengan cepat hingga panjang 20 hingga 40 kaki (6 hingga 12 m). Bunga-bunga kecil berwarna ungu kecoklatan dan polong biji ungu berukuran 10 cm sering tersembunyi di antara vegetasi yang lebat, tetapi Moms atau Dads akan menikmati keharumannya apakah dapat melihat bunganya atau tidak. Tanaman merambat cepat tumbuh seperti chocolate ini akan berebut apa pun di jalan mereka. Mereka membutuhkan pemangkasan teratur untuk menjaga pertumbuhan tetap terkendali. Tumbuhkan pohon anggur cokelat di bawah sinar matahari atau teduh.

3. Terompet menjalar (Campsis radicans)

Terompet menjalar (Campsis radicans)

Foto: freepik.com

Jenis tanaman merambat cepat tumbuh ini bisa mencakup semua jenis permukaan. Tanaman merambat tumbuh hingga 25 hingga 40 kaki (7,6 hingga 12 m.) Panjangnya dan menghasilkan kelompok besar berwarna oranye atau merah, bunga berbentuk terompet yang menurut kolibri tak tertahankan. Tanaman merambat lebih menyukai sinar matahari penuh atau teduh parsial dan kuat.

Baca Juga: 15 Tanaman Berbahaya untuk Hewan Peliharaan yang Patut Dihindari

4. Wisteria (Air Terjun Amethyst)

Wisteria (Air Terjun Amethyst)

Foto: freepik.com

Ada banyak sekali varietas Wisteria. Ini mungkin tanaman merambat yang indah, dan bisa jadi bunga yang pilih untuk pernikahan. Wisteria memberikan taman dan seluruh tampilan yang dirubah, pada pandangan pertama bunga-bunga membuat bergerak ke arahnya, itu sangat menarik. Ini adalah salah satu pendaki yang tumbuh cepat seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya dan sebagian besar ditemukan tumbuh di Amerika Utara hingga Asia.

Tanaman Merambat untuk Peneduh

Beberapa tanaman merambat juga punya karakteristik yang meneduhkan selain tentunya terlihat cantik. Berikut ini beberapa rekomendasi tanaman merambat untuk peneduh.

5. Dutchman Pipe

Dutchman Pipe

Foto: freepik.com

Seorang penanam yang kuat, Dutchman Pipe bisa mencapai 30 kaki (9 m). Pertimbangkan untuk pagar tinggi di mana mungkin menarik mengalir di sisi lain. Mekar yang tidak biasa berbentuk seperti pipa melengkung muncul di musim semi dan berlanjut hingga musim panas.

6. Passion Vine

Passion Vine

Foto: freepik.com

Ini adalah tanaman anggur lain yang harus dimiliki untuk tumbuh di taman kupu-kupu. Passion vine adalah inang untuk beberapa spesies dan menyediakan nektar untuk banyak spesies lainnya. Bunga putih yang menarik, dengan mahkota ungu dan pusat kuning, mencerahkan tempat teduh. Spesimen yang menyukai panas ini sangat cocok untuk tumbuh di musim panas, berkembang di bawah naungan dan sinar matahari belang-belang.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

7. Clematis

Clematis

Foto: freepik.com

Clematis mungkin mekar tunggal atau ganda dan tersedia dalam berbagai warna. Tumbuh di mana saja dari 6 hingga 10 kaki (1,8 hingga 3 m), tidak perlu khawatir tumbuh di luar kendali. Anda mungkin menemukan pohon anggur abadi yang teduh ini dalam jenis kerdil untuk area yang lebih kecil, mencapai 3 kaki (0,91 m). Akar membutuhkan naungan, yang juga dapat dicapai dengan mulsa.

8. Melati Madagaskar

Melati Madagaskar

Foto: freepik.com

Harum dan hijau di beberapa daerah, bunga berbentuk terompet muncul di musim semi. Bunga putih memiliki aroma yang manis dan menyenangkan. Tanam melati Madagaskar di dekat area tempat duduk untuk menikmati semua aspek tanaman anggur abadi ini sebagai tempat berteduh, tempat ia tumbuh subur.

Baca Juga: Tanaman Buah yang Cocok Ditanam Menggunakan Pot (Tabulampot)

Tips Merawat Tanaman Merambat

tanaman-merambat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui jenis tanaman merambat, berikut ini adalah tips merawat tanaman merambat:

1. Menanam dalam Kontainer

Seperti kebanyakan tanaman, tanaman merambat lebih menyukai tanah yang baik. Jika tanah berpasir, tambahkan amandemen organik untuk membantu memperlambat drainase dan memberikan nutrisi tambahan. Jika memiliki tanah seperti tanah liat, kecuali jika menanam tanaman merambat yagn semusim, yang terbaik adalah membiarkannya tidak diubah.

Gali lubang dua kali lebar akar tanaman dan sedikit lebih dangkal dari sistem akar, berpusat sekitar satu kaki dari struktur pendukung. Miringkan sisi lubang sedikit ke luar di bagian bawah, lalu gali lebih dalam di sekitar tepi di bagian bawah untuk memberi ruang bagi akar untuk tumbuh ke bawah dan untuk mencegah tanah mengendap. Bentuk tanah di tengah lubang menjadi kerucut bundar, yang akan berfungsi sebagai alas untuk tanaman.

Tanaman merambat dijual dalam bentuk biji, sebagai tanaman wadah, atau sebagai tanaman berakar telanjang ketika tidak aktif. Jika menanam dari wadah, sebaiknya lakukan di musim semi atau musim gugur. Jika Anda menanam di musim panas, berikan perhatian khusus untuk menyediakan tanaman anggur dengan air yang cukup dan melindunginya dari panas matahari saat mereka sedang tumbuh. Tanam tanaman rambat tanpa akar segera setelah membelinya sebagai tips merawat tanaman merambat.

2. Menanam Tanaman Merambat Berakar Telanjang

Beli dan tanam tanaman merambat tanpa akar saat mereka tidak aktif, selama musim dingin di daerah musim dingin ringan dan sekitar tiga minggu sebelum embun beku terakhir di daerah yang lebih dingin. Lubang tanam harus cukup dalam sehingga tanaman akan ditempatkan pada kedalaman yang sama dengan saat ditanam di pembibitan (cari tanda tanah pada batang) dan cukup lebar untuk memungkinkan Anda menyebarkan akar.

Jika akarnya kering, rendam hingga empat jam sebelum tanam. Buang akar yang rusak, dan potong yang tersisa menjadi sekitar 6 inci. Atur tanaman dengan hati-hati dan sebarkan akarnya. Miringkan tanaman pada sudut 45 derajat ke arah penyangga. Tutupi dengan tanah yang Anda keluarkan dari lubang tanam dan sirami secara menyeluruh.

3. Metode Penyiraman

Moms juga harus membaca tentang persyaratan perawatan yang tepat untuk tanaman spesifik sebagai tips perawatan tanaman merambat. Namun, sistem tetes atau selang hujan selalu merupakan metode penyiraman yang baik. Moms juga dapat menggunakan baskom penyiraman di sekitar pangkal tanaman untuk membantu mengarahkan air ke akar. Menambahkan sekitar 1 hingga 3 inci mulsa akan membantu menghemat air dan menekan gulma.

Kebanyakan tanaman merambat mendapat manfaat dari program pemupukan biasa. Pupuk serba guna yang lebih tinggi nitrogen (angka pertama pada paket pupuk) adalah pilihan terbaik untuk merangsang pertumbuhan. Pupuk tanaman yang baru tumbuh saat menanamnya. Tanaman yang sudah mapan harus dipupuk di awal musim tanam. Tindak lanjuti dengan aplikasi kedua jika tanaman tidak berkinerja baik, dan hentikan pemupukan enam minggu sebelum embun beku pertama yang diharapkan.

Itu dia beberapa jenis tanaman merambat cepat tumbuh, tanaman merambat untuk peneduh serta tips perawatan tanaman merambat, selamat berkebun!

  • https://www.bbg.org/gardening/article/pruning_plants_that_ascend
  • https://www.hometips.com/diy-how-to/grow-vines.html
  • https://www.sybout.com/vines_creepers.htm
  • https://www.britannica.com/plant/vine-plant
  • https://www.housebeautiful.com/lifestyle/g32827720/best-vining-plants-flowering-vines/
  • https://www.gardenista.com/garden-design-101/vines/
  • https://www.thearches.co.uk/fast-growing-climbers/
  • https://florgeous.com/types-of-vines/
  • https://www.chicagobotanic.org/plantinfo/vines
  • https://www.hgtv.com/outdoors/flowers-and-plants/groundcover-and-vines/18-valuable-vines-to-plant-in-your-garden--pictures
  • https://www.homestolove.com.au/fast-growing-climbing-plants-1584
  • https://www.gardengatemagazine.com/articles/flowers-plants/plant-guide/quick-growing-annual-vines/
  • https://www.gardeningknowhow.com/ornamental/vines/ovgen/growing-perennial-vines.htm
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait