Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
14 Januari 2021

Jika Lupa Sudah Imunisasi Apa Saja, Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Tanyakan dokter anak untuk prioritas imunisasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Imunisasi anak cukup banyak dan perlu dilakukan setiap tahunnya untuk meningkat efektivitas imun dalam tubuh anak.

Dengan ini, banyak orang tua yang lupa sampai mana anak telah melakukan imunisasi. Buku hilang atau tidak punya catatan imunisasi menjadi faktor utama sebagian orang tua lupa pernah imunisasi anak apa saja.

Namun tidak perlu khawatir, untuk menjawab keresahan Moms apabila lupa telah imunisasi apa saja, simak tanya jawab dengan Prof. DR. Dr. Soedjatmiko, SP.A(K), Msi, Sekretaris Satgas Imunisasi.

Jika Lupa Sudah Imunisasi Apa Saja, Bagaimana?

Pentingnya Imunisasi Dasar untuk Anak

Foto: Orami Photo Stock

Anak perlu melakukan imunisasi untuk meningkat imunitas tubuh dalam melawan penyakit infeksi berbahaya. Mulai dari polio, hepatitis, pneunomia, influenza dan lainnya.

Imunisasi anak dimulai sejak usia 0 bulan hingga 18 tahun dengan jadwal imunisasi yang berbeda tiap usianya.

Orang tua perlu menyimpan buku imunisasi anak yang diberikan rumah sakit atau dokter anak untuk mengetahui jadwal imunisasi dan jenis imunisasinya.

Sebab, jika hilang, banyak orang tua bingung untuk memberikan imunisasi apa untuk anaknya dan di tahap mana. Yuk simak tanya jawab seputar imunisasi berikut ini.

Tanya:

Jika lupa sudah imunisasi apa saja, bagaimana?

Jawab:

Apabila orang tua kehilangan buku atau catatan imunisasi anak dan lupa sudah imunisasi apa saja, sebaiknya tanyakan dokter anak untuk memberikan imunisasi yang direkomendasikan prioritas.

Misalnya, apabila sedang masuk waktu musim hujan, kemungkinan dokter akan mengutaman imunisasi influenza terlebih dahulu untuk mencegah anak terserang flu dan batuk.

Lalu, dokter anak juga akan mengecek usia anak serta diberikan imunisasi yang terdekat dengan usianya.

Hal ini juga ditambahkan oleh Centers for Disease Control and Prevention, apabila orang tua lupa telah memberikan imunisasi apa saja terhadap anaknya, dibolehkan imunisasi ulang dan ini bersifat aman.

Baik imunisasi yang pernah didapat sebelumnya atau yang belum sama sekali. Dengan catatat dalam interval jarak yang agak jauh untuk melakukan imunisasi ulang.

Pengecekan melalui tes darah untuk melihat imunisasi apa saja untuk anak masih sulit dan diperlukan biaya yang tinggi. Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya menanyakan ke dokter anak langsung untuk tindakan terbaik.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait