Kesehatan

KESEHATAN
1 Februari 2021

7 Jus Penurun Darah Tinggi saat Hamil yang Nikmat dan Wajib Dicoba

Jika diminum rutin, jus ini ampuh menjaga tekanan darah tinggi tetap normal.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap wanita yang sedang hamil pasti berharap dirinya akan selalu sehat sehingga pertumbuhan bayi di dalam kandungan menjadi lebih optimal.

Namun, sayangnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ibu hamil perlu memerhatikan kesehatan selama kehamilan, salah satunya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tekanan darah tinggi yang terjadi selama hamil bukanlah hal yang bisa disepelekan, pasalnya, kondisi ini bisa membuat ibu dan bayinya berisiko mengalami masalah selama kehamilan.

Bahkan tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan masalah setelah melahirkan. Namun untungnya, tekanan darah tinggi dapat dicegah dan diobati meski Moms sedang hamil.

Tekanan darah tinggi, juga disebut hipertensi, sangat umum terjadi. Mengutip Centers for Diseases Control and Prevention, di Amerika Serikat, tekanan darah tinggi terjadi pada 1 dari setiap 12 hingga 17 kehamilan di antara wanita berusia 20 hingga 44 tahun.

Oleh karena itu, Moms harus berusaha menjaga tekanan darah dalam angka yang normal untuk menjaga diri sendiri dan bayi tetap sehat.

Baca Juga: Ini 6 Buah yang Dilarang untuk Dikonsumsi Ibu Hamil (Berikut 6 Alternatifnya!)

Mungkin Moms harus membatasi konsumsi obat selama hamil, oleh karena itu, pengobatan tradisional yang minim efek samping mungkin bisa menjadi pilihan.

Salah satunya adalah dengan rutin minum jus penurun darah tinggi saat hamil. Lagi pula, salah satu pertahanan pertama melawan tekanan darah tinggi adalah pola makan sehat.

Dengan pola makan yang sehat, Moms dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat tanpa efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan.

Jus Penurun Darah Tinggi saat Hamil

Selain makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, ada juga beberapa jus penurun darah tinggi saat hamil yang perlu Moms coba.

Meskipun tergolong jus obat, namun beberapa jus ini juga memiliki rasa yang nikmat dan pasti Moms suka. Berikut beberapa jus penurun darah tinggi saat hamil yang bisa dicoba:

1. Jus Tomat

Jus Tomat

Foto: Orami Photo Stock

Jus penurun darah tinggi saat hamil yang pertama adalah jus tomat. Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Mengutip Journal of Food and Nutrition, para ahli dari Jepang telah mengevaluasi efek minum rata-rata satu cangkir jus tomat per hari di antara peserta dengan faktor risiko penyakit jantung.

Mereka menyimpulkan bahwa jus tomat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol LDL.

Studi terbaru lainnya juga telah melaporkan hasil serupa di antara orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil.

Namun, untuk menghindari natrium yang tidak perlu, yang dapat berdampak sebaliknya pada tekanan darah, pastikan untuk membeli jus tomat murni.

Baca Juga: 4 Resep Smoothies untuk Ibu Hamil yang Penuh Nutrisi

2. Jus Bayam

Jus Bayam

Foto: Orami Photo Stock

Jus bayam adalah cara yang enak untuk mendapatkan sebagian besar khasiat kesehatan di dalamnya.

Sayuran berdaun hijau adalah sumber potasium yang sangat baik yang mana ia akan membantu mengendurkan ketegangan di pembuluh darah dan arteri.

Dengan begini, maka jus bayam akan mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Sayur bayam juga kaya akan lutein, yang akan mencegah penebalan dinding arteri, sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan tekanan darah.

3. Jus Buah Bit

manfaat buah bit untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Sayuran berwarna-warni rendah kalori ini tidak hanya mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan, tetapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Buah bit bisa diolah menjadi jus penurun darah tinggi saat hamil yang nikmat.

Mengutip Journal of Human Hypertension, telah dilakukan studi percontohan acak yang telah menemukan bahwa jus bit mentah dan matang memperbaiki tekanan darah.

Jus bit mentah berdampak lebih besar pada tekanan darah. Bit kaya akan nitrat, yakni senyawa yang diketahui memiliki efek penurun tekanan darah.

Namun, karena ibu hamil dilarang keras makan atau meminum sumber makanan mentah, disarankan untuk mengonsumsi jus buah bit yang sudah direbus sebelumnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

4. Jus Plum

Jus Plum untuk Ibu Hamil

Foto: livingfreshdaily.com

Jus plum telah lama dikenal dapat membantu meringankan sembelit. Namun, salah satu manfaat kesehatan jus plum yang kurang terkenal adalah juga menurunkan tekanan darah.

Efek ini dilaporkan dalam Journal of Ayub Medical College, peneliti telah membandingkan tiga kelompok: satu kelompok makan tiga buah plum per hari, kelompok kedua makan enam buah plum per hari, dan kelompok ketiga tidak makan buah plum sama sekali.

Para peneliti melaporkan penurunan tekanan darah yang signifikan di antara orang-orang yang makan satu dosis tiga buah plum per hari. Sementara itu, orang yang makan enam buah plum per hari mengalami penurunan tekanan darah sistolik tambahan.

Selain itu, dosis tiga dan enam prune ditemukan juga menurunkan kolesterol LDL. Untuk memanfaatkan efek ini, minumlah segelas jus prune 100 persen atau buat sendiri jus plum di rumah.

5. Jus Delima

Jus Delima

Foto: Orami Photo Stock

Jus penurun darah tinggi saat hamil selanjutnya adalah jus delima. Buah ini tidak hanya kaya nutrisi seperti folat dan vitamin C, buah delima juga memiliki efek antiinflamasi yang kuat.

Maka, tidak mengherankan jika jus delima dapat berkontribusi pada kesehatan jantung.

Mengutip Journal of Pharmacological Research, ditemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Efek pada tekanan darah sistolik tidak tergantung pada berapa lama partisipan mengonsumsi jus delima dan seberapa banyak.

Baca Juga: Makanan untuk Ibu Hamil 5 Bulan, Apa yang Boleh dan Tidak Boleh?

Jadi, para peneliti merekomendasikan dosis setidaknya 240 mililiter untuk menurunkan tekanan darah diastolik.

Jika Moms memutuskan untuk menambahkan jus delima ke dalam menu harian, pastikan itu adalah jus delima 100 persen tanpa tambahan gula.

6. Jus Buah Beri

Jus Buah Beri untuk Ibu Hamil

Foto: exploreraw.com

Seperti buah delima, buah beri terutama blueberry, dikenal karena sifat antioksidannya. Namun, sedikit yang diketahui tentang manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Minum jus cranberry atau ceri diduga dapat memperbaiki tekanan darah. Ulasan lain yang diterbitkan di Nature pada tahun 2016 menemukan bahwa mengonsumsi buah beri menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL.

Dalam kedua kasus tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa buah beri kemungkinan memiliki manfaat kardiovaskular, tetapi lebih banyak penelitian perlu dilakukan untuk mengklarifikasi perannya dalam mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi selama hamil.

7. Jus Wortel

Jus wortel untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Wortel juga mengandung tinggi potasium. Wortel merupakan sayuran yang sangat sehat untuk jantung.

Selain itu, menurut buku 'Healing Food' oleh DK Publishing, wortel juga mengurangi risiko aterosklerosis dan stroke.

Itulah beberapa jus penurun darah tinggi saat hamil yang bisa Moms coba.

Ingat, supaya khasiatnya terjaga dan tidak menimbulkan efek samping, pastikan untuk meminum jus murni tanpa penambahan bahal lain ya Moms.

Baca Juga: Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Program Hamil

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mulai rutin minum jus ini selama hamil ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait