Kesehatan

27 Mei 2021

Coba 7 Resep Jus untuk Menghilangkan Benjolan di Payudara Ini Yuk!

Enak dan kaya manfaat!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Buah dan sayuran memang memiliki berjuta manfaat baik bagi tubuh. Salah satunya adalah mengatasi benjolan di payudara. Moms bisa mengolah buah menjadi smoothies, topping ice cream, dan jus. Moms bisa, lho, mengkrekasikan berbagai jenis buah dan sayur saat membuat jus untuk menghilangkan benjolan di payudara.

Munculnya benjolan di payudara memang menimbulkan kekhawatiran bagi perempuan ya, Moms. Karena payudara merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Oleh karenanya, payudara harus dijaga kebersihan dan kesehatannya untuk menghindari masalah yang tak diinginkan.

Menurut National Healthline Service, benjolan di payudara bisa disebabkan banyak hal. Sering kali benjolan ini timbul disebabkan sesuatu yang tidak berbahaya seperti pertumbuhan jaringan non-kanker (fibroadenoma) atau penumpukan cairan (kista payudara).

Terkadang, benjolan payudara bisa menjadi tanda dari sesuatu yang serius seperti kanker payudara. Walaupun demikian, disarankan untuk tetap melakukan pengecekan medis untuk diagnosa yang lebih akurat.

Jus untuk Menghilangkan Benjolan di Payudara

Jika Moms atau anggota keluarga ada yang memiliki benjolan di area payudara, ini dia beberapa rekomendasi resep jus untuk menghilangkan benjolan di payudara. Terbuat dari buah-buahan dan sayuran yang berkhasiat dan dijamin enak!

Baca Juga: Benarkah Ada Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh? Begini Penjelasannya

1. Jus Bit

beetroot iStock releno.jpg

Foto: istock.com

Rekomendasi jus untuk menghilangkan benjolan di payudara adalah jus bit. Dalam pembuatannya, jus bit sering dicampur dengan jenis buah-buahan lainnya untuk mengimbangi rasanya yang sedikit hambar.

Jus bit mengandung betalain, atau nutrisi tanaman yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Bit juga kaya akan antioksidan, penurun kolesterol, dan pelindung hati yang kuat. Jus bit juga dapat mengurangi kanker esofagus, paru-paru, kulit dan usus besar.

Sama dengan sebagian besar buah dan sayuran merah lainnya, bit mengandung pigmen antosianin. Warna merah tua pada bit disebabkan oleh pigmen betalain (betanin dan ibetanin). Betalain memiliki aktivitas antioksidan yang kuat, tetapi beberapa penelitian telah mengevaluasi potensi aktivitas anti-kankernya.

Jika benjolan di payudara merupakan gejala kanker, maka mengonsumsi jus bit adalah langkah pengobatan alami yang bisa Moms konsumsi setiap hari.

2. Jus Delima

halves-pomegranate-with-seeds-and-pomegranate-juice-on-marbled-surface.jpg

Foto: pinterest.com

Jus untuk menghilangkan benjolan di payudara bisa juga dibuat dari buah merah berbiji ini, yaitu delima. Delima memiliki polifenol, yang merupakan senyawa kimia alami yang memiliki sifat anti-inflamasi dan berguna untuk menekan pertumbuhan kanker.

Melansir Medical News Today, rajin mengonsumsi segelas jus buah delima minimal sehari sekali, Moms bisa memperoleh kandungan vitamin C, anti kanker, menurunkan tekanan darah, hingga mencegah alzheimer.

Baca Juga: Ini 5 Khasiat Minum Jus Buah dan Sayur Setiap Pagi

3. Ekstrak Daun Sirsak

daun sirsak.jpg

Foto: pinterest.com

Walaupun bukan diolah menjai jus, ekstrak dari daun sirsak ternyata bermanfaat untuk menghilangkan benjolan di payudara. Sejak dahulu, daun sirsak sudah digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal anti kanker. Menurut penelitian oleh Universitas Airlangga, daun sirsak mengandung senyawa anti kanker yaitu acetogenin.

Jika Moms memiliki benjolan di payudara, mengonsumsi ekstrak daun sirsak setiap hari satu gelas dalam beberapa minggu akan berefek pada ukuran benjolan yang mengecil.

Cara membuatnya cukup mudah, Moms hanya perlu merebus beberapa helai daun sirsak yang sudah bersih, lalu rebus hingga mendidih. Saring, dan ekstrak daun sirsak bisa diminum.

4. Jus Sayuran Hijau

Green-Juice-Recipe-1-1200.jpg

Foto: pinterest.com

Untuk hasil jus yang memiliki beragam variasi vitamin, Moms bisa membuat jus yang mengandung sayuran hijau seperti kangkung, sawi, bok choy, kubis, atau bayam.

Semuanya termasuk dalam keluarga sayuran cruciferous dan mengandung banyak vitamin A. Jenis sayuran tersebut juga memiliki fitonutrien, atau senyawa nabati yang diketahui dapat menurunkan risiko kanker.

Baca Juga: Benarkah Ada Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh? Begini Penjelasannya

5. Jus Wortel

wortel.jpg

Foto: pinterest.com

Moms pasti sudah tidak asing dengan sayur berwarna oranye ini, ya. Ternyata, wortel juga bisa menjadi bahan dasar membuat jus untuk menghilangkan benjolan di payudara.

Wortel memiliki beta-karoten, yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A. Vitamin tersebut tidak hanya baik untuk keselahatan penglihatan, tetapi juga dapat mengurangi risiko kanker tertentu, dan dapat mengimbangi beberapa efek samping kemoterapi, seperti bercak putih, bengkak, dan bisul di dalam mulutmu.

6. Jus Persik

peachjuice-1.jpg

Foto: freepik.com

Sama seperti buah plum, buah persik juga kaya akan antioksidan. Antioksidan tersebut bekerja untuk melindungi DNA dari kerusakan akibat kanker.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Washington State University, menemukan bahwa senyawa dalam buah persik dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan kemampuannya untuk menyebar. Peneliti juga menyarankan untuk makan tiga buah persik atau mengonsumsi suplemen makanan serupa dari bubuk ekstrak polifenol persik dalam sehari. Untuk mengonsumsinya, Moms bisa mengolahnya sebagai jus.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Persik, Penasaran?

7. Jus Buah Beri

Berry-Burst-Juice-4.jpg

Foto: pinterest.com

Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini juga dapat memerlambat perkembangan kanker.

Sumber antioksidan terbaik berasal dari pola makan sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran. Dalam hal buah-buahan, sulit untuk mengalahkan profil nutrisi buah beri. Menurut American Institute for Cancer Research, ada banyak nutrisi pelawan kanker yang dapat ditemukan di semua jenis buah beri termasuk: vitamin A, vitamin C, Asam folat, serat, dan masih banyak lagi.

Moms bisa mencampur berbagai jenis buah beri untuk membuat jus untuk menghilangkan benjolan di payudara. Contohnya, Moms bisa mencampur bluberi yang kaya atioksidan dan antosianosida yang bisa melawan kanker, bersama stroberi yang kaya akan folic acid dan vitamin C, serta raspberi yang mengandung anti-estrogen.

Baca Juga: Yummy! Ini Dia Manfaat Buah Strawberry untuk Balita yang Luar Biasa

Nah itu dia Moms berbagai resep jus untuk menghilangkan benjolan di payudara. Tidak hanya itu, Moms juga akan mendapat manfaat kesehatan lainnya, lho!

  • https://www.nhs.uk/conditions/breast-lump/#:~:text=Lumps%20in%20the%20breasts%20can,about%20fibroadenoma%20and%20breast%20cysts.
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/318385#Benefits-of-pomegranate
  • http://news.unair.ac.id/en/2020/06/17/soursop-leaf-extract-inhibits-breast-cancer-cell-growth/#:~:text=Soursop%20leaves%20contain%20anti%2Dcancer,extract%20in%20breast%20cancer%20cells.&text=From%20this%20research%2C%20it%20can,can%20kill%20breast%20cancer%20cells.
  • https://foodforbreastcancer.com/foods/beets
  • https://www.webmd.com/breast-cancer/guide/healthy-juices-during-breast-cancer-treatment
  • https://news.wsu.edu/2014/03/26/research-peach-extract-slows-breast-cancer-growth-spread/
  • https://www.aicr.org/resources/blog/enjoy-the-health-benefits-of-berries/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait