Kesehatan Umum

16 Oktober 2021

Kenali Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Arab bagi Kesehatan

Kacang arab atau chickpea sering kali dijadikan oleh-oleh umroh dan haji
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Moms mungkin sudah tak asing lagi dengan kacang arab, bukan? Ya, kacang dengan kulit berwarna putih ini cukup dikenal banyak orang.

Pasalnya, kacang arab kerap dijadikan oleh-oleh jamaah umroh dan haji. Biasanya, kacang arab diolah dengan cara direbus, ditumis, dijadikan salad, atau diolah menjadi topping dalam kue.

Layaknya jenis kacang-kacangan lainnya, kacang arab juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesahatan.

Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini, Moms.

Baca Juga: Mengenal 13 Jenis Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

Kandungan Nutrisi Kacang Arab

kandungan-nutrisi-kacang-arab.jpg

Foto: Pexels/Kyle Killam

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kacang yang sering kali disebut dengan chickpea dan kacang garbanzo memiliki nutrisi yang cukup tinggi.

Kacang yang berasal dari negara-negara Timur Tengah ini diperkaya dengan vitamin, mineral, protein, dan serat yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga: Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral? Waspadai 9+ Penyakit Ini!

Melansir Healthline, berikut kandungan nutrisi dalam satu porsi kacang arab sebesar 1 ons (28 gr):

  • Kalori: 46
  • Karbohidrat: 8 gr
  • Serat: 2 gr
  • Protein: 3 gr
  • Folat: 12% dari RDI
  • Zat besi: 4% dari RDI
  • Fosfor: 5% dari RDI
  • Tembaga: 5% dari RDI
  • Mangan: 14% dari RDI

Baca Juga: 3+ Resep Bumbu Kacang untuk Berbagai Hidangan, Nagih!

Manfaat Kacang Arab

Kacang arab memiliki banyak kandungan yang bergizi sehingga dapat bemanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat kacang arab yang perlu Moms ketahui!

1. Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

makanan-yang-aman-untuk-penderita-diabetes.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Medical News Today, kacang arab memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Karenanya, American Diabetes Association merekomendasikan kacang arab sebagai sumber serat makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

Sebuah studi tahun 2014 menyimpulkan bahwa makan setidaknya 30 gr serat per hari dapat membantu mengurangi peradangan pada penderita diabetes tipe 1.

Sebuah tinjauan tahun 2018 dari meta-analisis juga menemukan bahwa diet serat tinggi dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dan mengurangi risiko pengembangan diabetes tipe 2.

Menurut The Dietary Guidelines for American, asupan serat orang dewasa yang dianjurkan ialah sekitar 25,2-28,0 gr serat sehari.

Hal ini tergantung pada usia serta jenis kelamin, dan kacang arab ini bisa menjadi pilihan sumber serat yang menyehatkan, Moms.

Baca Juga: 12 Makanan Penurun Gula Darah dan Paling Ampuh Cegah Diabetes

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

manfaat kacang arab-kesehatan tulang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kacang arab dipercaya baik untuk kesehatan tulang.

Hal ini karena kacang arab diperkaya dengan kandungan zat besi, kalsium, dan nutrisi lain yang dapat berkontribusi pada struktur dan kekuatan tulang yang sehat.

Kacang arab juga bisa berperan dalam makanan orang yang ingin mencegah osteoporosis.

Namun, pastikan untuk merendamnya terlebih dahulu sebelum diolah untuk dikonsumsi, ya.

Cara ini bertujuan untuk menghilangkan hal-hal yang disebut fitat, yang dapat menghalangi tubuh menyerap kalsium dalam kacang arab.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Manfaat Vitamin K Berikut Ini

3. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

manfaat kacang arab-menjaga kadar gula dalam darah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lain yang terdapat dalam kacang arab ialah mengontrol kadar gula dalam darah.

Kacang arab yang dikemas dalam kemasan kaleng atau diolah dengan cara dikeringkan memiliki kadar glikemik rendah sehingga tubuh menyerap dan mencernanya secara perlahan.

Namun, periksa terlebih dahulu kandungan natrium dalam kemasan kaleng sebelum memilih kacang arab.

Jangan sampai kandungan natriumnya berlebihan karena berisiko menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kacang arab juga memiliki sejenis pati yang mencerna dengan lambat atau disebut sebagai amilosa.

Kedua hal ini membantu menjaga gula darah dan insulin tidak naik terlalu cepat. Jadi, aman dikonsumsi dan bagus untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Seperti Apa Kadar Gula Darah Normal? Ketahui Faktanya Berikut Ini!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang arab-menjaga kesehatan jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Serat, kalium, vitamin B, zat besi, magnesium, dan selenium yang terdapat dalam kacang arab bagus untuk menjaga kesehatan jantung, lho.

Serat dalam kacang arab dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Serat larut pada kacang arab baik untuk kesehatan dan kinerja usus.

Hal ini dapat mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL 'jahat' dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kolesterol total dapat dikurangi jika Moms menambahkan kacang arab ke dalam makanan harian.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Manfaat kacang arab-mencegah kanker.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kacang arab dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

Hal ini karena kacang arab memiliki antioksidan selenium yang dapat menghilangkan radikal bebas sehingga membantu melindungi tubuh dari kanker.

Serat yang terkandung dalam kacang arab dapat membantu mengurangi risiko kanker kolorektal.

Selain itu, kacang arab juga memiliki senyawa pelawan kanker lainnya, seperti likopen dan saponin.

Baca Juga: 29+ Manfaat Buah Mangga, Bisa Turunkan Risiko Kanker Lho!

6. Kesehatan Kognitif

Manfaat kacang arab-kesehatan otak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Secangkir kacang arab mengandung sekitar 69,7 mg kolin yang membantu fungsi otak dan sistem saraf.

Kolin berperan dalam mengontrol mood, otot, pembelajaran, dan memori, serta metabolisme tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan kekurangan selenium dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif pada orang tua/lansia.

Hal ini menyiratkan bahwa selenium yang terkandung dalam kacang arab dapat mendukung kesehatan kognitif, termasuk daya ingat, dan pemikiran.

Baca Juga: Cara Mendorong Tumbuh Kembang Otak Bayi dan Jenis Makanan yang Baik Untuknya

7. Bisa Digunakan sebagai Menu Diet

manfaat kacang arab-bagus untuk diet.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Layaknya kacang-kacangan lainnya, kacang arab juga cocok digunakan sebagai menu diet untuk manajemen berat badan yang ideal.

Hal ini karena kacang arab mengandung serat makanan yang berfungsi sebagai agen bulking dalam sistem pencernaan.

Agen bulking dapat meningkatkan perasaan kenyang setelah makan, dan protein di dalam kacang arab juga memiliki efek yang sama.

Merasa kenyang lebih lama setelah makan dapat membantu mengurangi nafsu makan dan menurunkan asupan kalori sehingga berat badan terjaga dan tetap ideal.

Baca Juga: Menu Diet Sehat 30 Hari, Lezat dan Padat Nutrisi!

8. Mengatasi Anemia

manfaat kacang arab-mengatasi anemia.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kacang arab dapat digunakan untuk mengatasi anemia juga, Moms.

Hal ini karena dalam secangkir kacang arab mengandung 4,7 mg zat besi, atau antara setengah dan seperlima dari kebutuhan zat besi harian seseorang, tergantung pada individu.

Tanpa zat besi, tubuh tidak dapat mengirimkan oksigen ke selnya, dan ini dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi.

Gejala anemia yang disebabkan kurangnya asupan zat besi ini berupa kelemahan dan kelelahan. Dalam kasus yang parah, komplikasi yang mengancam jiwa bisa muncul.

Tak hanya itu, kacang arab juga mengandung vitamin C, yang membantu tubuh menyerap zat besi.

Itulah kandungan nutrisi dalam kacang arab berserta manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/280244
  • https://www.diabetes.org/healthy-living/recipes-nutrition/understanding-carbs/get-to-know-carbs
  • https://health.gov/our-work/food-nutrition/previous-dietary-guidelines/2010
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait