Pasca Melahirkan

6 Juli 2021

8 Ide Kado untuk Ibu Melahirkan yang Tak Hanya Berguna Tapi Juga Berkesan

Tidak hanya bayi, Moms juga butuh kado lho. Berikut ide kado untuk ibu yang baru melahirkan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Widya Citra Andini

Ketika mendatangi keluarga atau kerabat yang baru saja melahirkan, membawa hadiah yang berguna untuk Si Kecil mungkin sudah biasa. Nah, sesekali, Moms juga bisa menyiapkan kado untuk ibu melahirkan yang dijamin akan membuatnya senang.

Hari persalinan adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu. Saat mendengar saudara atau kerabat kita ada yang baru saja melahirkan, otomatis Moms ikut merasa bahagia juga. Keinginan untuk berkunjung sembari membawa kado untuk ibu melahirkan pun biasanya muncul.

Baca Juga: 4 Manfaat Luar Biasa Menyusui Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Kado untuk Ibu Melahirkan

Agar tidak bingung, berikut rekomendasi kado untuk ibu melahirkan yang pasti berguna untuknya!

Daftar rekomendasi kado untuk ibu melahirkan ini adalah hadiah yang penuh inspirasi dan perhatian, sehingga akan membuat penerimanya merasa dicintai dan diperhatikan.

Baca Juga: 7 Pilihan Mainan yang Aman untuk Kado Bayi Baru Lahir

1. Pakaian untuk Ibu Melahirkan

kado untuk ibu melahirkan

Foto: parents.com

Kado untuk ibu melahirkan yang pertama adalah pakaian. Barang satu ini seringkali terlupakan. Padahal jika ada kerabat atau teman yang baru saja melahirkan, ibu dari si bayi juga pasti menginginkan hadiah.

Agar hadiah yang diberikan tidak sia-sia dan bisa digunakan dengan baik, berikanlah pakaian untuk ibu menyusui.

Berikan pakaian ibu menyusui yang keren dan modis agar ibu tetap cantik meski dalam masa menyusui Si Kecil.

Selain baju menyusui, Moms juga bisa memilih baju tidur sebagai kado untuk ibu melahirkan. Karena sudah pasti ibu baru pasti begadang di malam hari.

Pilihlah bahan yang ringan, adem, dan menyerap keringat dengan kerah lebar dan lengan yang bisa dilipat.

Bisa juga pilih baju tidur dengan tambahan tali pengikat pada bagian pinggang karena variasi ini membuat ibu merasa nyaman ketika berjalan atau menyusui bayi.

2. Korset Setelah Melahirkan

c-sec-banner_1000x1000.jpg

Foto: bellybandit.com

Tidak semua ibu nyaman dengan kondisi perut yang bergelambir, ada yang lebih senang jika menggunakan penyangga atau korset untuk memudahkan dia melakukan kegiatannya.

Untuk ibu yang melahirkan secara normal, korset memang bisa langsung digunakan. Namun, untuk ibu yang melahirkan caesar, sebaiknya menunggu luka jahitannya sembuh.

Menggunakan korset setelah melahirkan bantu merampingkan kembali bagian perut yang bergelambir karena kehamilan sebelumnya.

Untuk itu, berikan korset yang dapat membantu menekan lemak, membantu mengecilkan perut, pinggang, dan pinggul.

Kado untuk ibu melahirkan ini pasti berguna, karena teman atau kerabat kita bisa kembali memiliki bentuk tubuhnya yang ramping seperti sebelum hamil.

Baca Juga: Memakai Korset setelah Melahirkan, Pentingkah?

3. Apron untuk Menyusui

kado untuk ibu melahirkan

Foto: breastmates.co.nz

Apron menyusui juga menjadi kado untuk ibu melahirkan yang tepat guna. Bila sudah memiliki bayi, otomatis Moms memiliki kewajiban baru, yaitu menyusui Si Kecil. Nah, menyusui anak tidak bisa bisa diprediksi waktu dan tempatnya.

Kapan saja dan di mana saja, Moms harus siap untuk menyusui Si Kecil, termasuk saat berada di tempat umum. Sayangnya tidak semua tempat umum memiliki ruangan menyusui untuk ibu.

Nah, memberikan apron menyusui tentu akan sangat membantu saat ibu harus menyusui anak di luar rumah.

4. Parsel Perawatan Kecantikan untuk Ibu

GTALL8U.jpg

Foto: gotoskincare.com

Sehabis melahirkan, tentu ibu ingin terlihat kembali segar dan cantik. Makanya, parsel perawatan kecantikan adalah produk tepat yang bisa dijadikan sebagai kado untuk ibu melahirkan.

Pilihlan serum yang dapat melembabkan dan mencerahkan wajah karena dapat membantu mengembalikan nutrisi kulit pasca melahirkan.

Para Moms akan sering mengganti popok dan harus sering pula mencuci tangan. Jadi, produk hand cream bisa menjadi pilihan yang bagus.

Setelah melahirkan, kulit para Moms juga bisa menjadi sensitif. Untuk itu, sebaiknya pilihlah produk organik yang dibuat dari bahan yang ramah di kulit.

Moms bisa menemukan paket-paket ini dengan mudah di toko-toko yang menjual produk kecantikan wanita.

Baca Juga: 7 Produk Kecantikan yang Digunakan Meghan Markle, Mau Coba?

5. Kupon Bersih-Bersih

Cleaning-Storage.jpg

Foto: openworksweb.com

Tidak semua ibu baru bisa langsung mendapatkan ART untuk membantunya mengurus kegiatan rumah tangga.

Untuk itu, kupon bersih-bersih bisa menjadi kado untuk ibu melahirkan yang sangat diinginkan dan membantu. Voucher jasa pembersih rumah ini akan sangat meringankan bebannya.

Apalagi setelah melahirkan, Moms pasti akan sibuk mengurus Si Kecil dan merasa kelelahan.

Dengan memberikan kupon untuk bersih-bersih rumah, ini akan sangat membantu dan meringankan tugas ibu.

6. Perawatan Payudara Selama Menyusui

ibu-menyusui.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bagian tubuh Moms yang paling bekerja keras setelah melahirkan adalah payudara karena tidak akan berhenti digunakan untuk menyusui. Karena itulah payudara pun butuh perawatan.

Nah, sticker gel untuk payudara yang berfungsi sebagai kompres agar payudara tidak bengkak atau meradang setelah menyusui bayi bisa jadi solusi kado untuk ibu melahirkan.

Selain itu, Moms juga bisa memberikan nursing pad untuk mencegah susu membasahi bra. Bantalan atau nursing pad ini akan menyerap ASI yang keluar sehingga tidak membasahi bra, cara kerjanya sekilas mirip dengan pembalut.

Walau terlihat sederhana, kado untuk ibu melahirkan ini akan sangat berkesan dan berguna.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

7. Makanan Favorit

Resep Nasi Goreng Seafood Ala Restoran

Foto: Orami Photo Stock

Setelah melahirkan, para ibu segera dihadapkan dengan kegiatan mengurus anak. Ibu yang memiliki 2–3 anak mungkin sudah biasa menghadapinya.

Namun, para ibu yang baru pertama kali melahirkan akan selalu merasa kelelahan. Jika begini, makanan favorit bisa jadi kado untuk ibu melahirkan yang memberikan keceriaan.

Pilihlah makanan yang mudah disantap ketika ada waktu luang tanpa harus repot memasaknya. Makanan yang manis dapat memulihkan rasa lelah bagi para ibu yang jarang keluar rumah.

Memberi makanan dari restoran terkenal juga merupakan pilihan yang bagus. Namun sebelumnya, pastikan teman Moms tidak memiliki alergi makanan tertentu, ya!

8. Paket Perawatan Spa

woman-having-spa-treatment.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain skincare, Moms juga bisa memberikan paket perawatan salon sebagai kado untuk ibu melahirkan.

Setelah menjalani kehamilan selama 9 bulan, ibu baru layak mendapat perawatan spa. Hadiahkan perawatan kuku kaki dan tangan untuknya.

Jika ada budget lebih, spa lengkap dengan pijat, perawatan wajah, dan hal lain yang berhubungan dengan perawatan tubuh menjadi kado yang sangat diidamkan.

Kado untuk ibu melahirkan yang satu ini akan membuat tubuh kembali tampil segar. Terutama, untuk para ibu bekerja yang akan kembali ngantor.

Tidak ada salahnya memberikan voucher perawatan untuk ibu melahirkan di spa atau salon. Jika ia tidak sempat untuk keluar rumah, Moms bisa memberikan paket perawatan kecantikan yang didatangkan ke rumah.

Kalau perlu, bantu sang ibu mengasuh anaknya sejenak saat sedang menjalani perawatan spa.

Baca Juga: Manfaat Makanan Sumber Asam Folat untuk Ibu Menyusui dan Bayi

Saat teman atau kerabat melahirkan, jangan hanya memberikan kado untuk Si Kecil saja Moms. Ingat, menyenangkan sang ibu juga penting, lho!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait