Rupa-rupa

14 Mei 2021

7 Jenis Kain Katun dan Keunggulannya, Pilih yang Mana?

Mengetahui jenis kain katun terbaik. Mana yang cocok untuk dibuat pakaian ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Kain katun menjadi sebuah bahan yang bagus untuk diolah menjadi berbagai macam jenis pakaian. Bahan yang terbuat dari kain katun sendiri cenderung adem dan menyerap keringat.

Ya, alasan di atas pun menjadi dua dari serangkaian keunggulan kain katun yang dicari. Bahkan, katun pun juga dijadikan benang rajut yang dipergunakan untuk merajut taplak, sepatu bayi, dan berbagai keperluan lainnya.

Tahukah Moms bahwa bahan dari katun sendiri pada umumnya terbagi dalam dua jenis? Biasanya katun akan dipintal dan ditenun.

Baca Juga: 5+ Rekomendasi Pewangi Pakaian Bayi, Tidak Memicu Alergi!

Ada beberapa karakteristik katun yang membuatnya menjadi bahan yang paling dicari. Berikut beberapa karakteristik yang membedakan katun dengan bahan lainnya;

  • Katun bersifat kuat dan tahan lama. Namun, Moms perlu merawatnya dengan cara yang tepat.
  • Tekstur dari kain katun sendiri halu dan lembut karena dibuat dari serat alami yaitu serat tanaman kapas.
  • Katun pada umumnya tidak membuat alergi atau membuat kulit iritasi.
  • Tanpa harus membuat kulit menjadi lembap, kain katun mampu menyerap keringat dengan baik.
  • Katun bisa dipakai dalam berbagai jenis cuaca seperti panas atau dingin. Ia masih berfungsi dengan baik.
  • Kain katun pun membuat sensasi adem ketika bersentuhan dengan kulit. Hal tersebut membuatnya nyaman dipakai.
  • Beberapa jenis katun ada yang memiliki efek mengilap.

Dilansir dari CottonMill, orang Amerika banyak sekali yang mencari pakaian dengan bahan katun. Hal tersebut dikarenakan mereka ingin sekali menghindari alergi.

Bukan hanya baik untuk dipakai di tubuh, katun sendiri disebut sebagai bahan yang ramah lingkungan. Produk katun sendiri terdiri dari serat selulosa dan 100% kapas. Produk yang terbuat dari kain katun pun bisa terturai.

Jadi jika baju yang terbuat dari kain katun harus berakhir di Tempat Pembuangan Akhir atau TPA, kain tersebut malah bisa membantu menyuburkan area di tempat kain itu dibuang.

Baju yang terbuat dari katun sendiri tidak memiliki bahan kimia yang kerasa dalam pembuatannya sehingga takkan menimbulkan ancaman atau bahaya bagi tanaman atau satwa liar di sekelilingnya.

Tahukah Moms kalau baju atau pakaian lain yang terbuat dari katun sendiri akan bertahan dengan lama? Banyak produsen pakaian anak yang menggunakan katun sebagai bahannya karena alasan ini.

Meski sering dipakai dan dicuci atau terkena keringat, pakaian yang terbuat dari katun masih akan terlihat cantik dan jatuh. Bahkan tidak akan ada penyusutan dari kain tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan, kain katun bisa terus menerus dicuci dan bisa digunakan oleh anak-anak meski mereka bertumbuh dewasa.

Teksturnya yang lembut bisa berkontribusi pada pengurangan iritasi kulit bahkan jika Si Kecil terkena ruam akibat alergi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih, Bahan dan Caranya Mudah Moms!

Jenis-jenis Kain Katun

kain katun

Foto: Orami Photo Stock

Usai mengetahui apa saja karakteristik kain katun, yuk bahas mengenai jenis-jenis katun yang terbaik di pasaran beserta keunggulannya masing-masing!

1. Kain Katun Toyobo

Katin toyobo sendiri memiliki karakteristik dan ciri khasnya sendiri yakni tekstur yang halus dan juga lembut. Katun ini pun juga sedikit lebih tebal ketika disentuh, bahannya lebih hatuh dan cenderung glossy atau mengilap.

Ketika Moms menggunakan katun toyobo, Moms tidak perlu menambahkan furing lagi. Bahan ini sudah cantik digunakan sendiri.

Kain katun ini pun pada umumnya bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai macam busana laki-laki dan juga perempuan.

Katun toyobo bisa digunakan untuk membuat gamis, kemeja, blus, pashmina, luaran, dan berbagai macam jenis pakaian lainnya nih, Moms.

Biasanya, katun jenis ini akan terlihat sangat cantik dan memberikan kesan anggun karena bahannya yang lembut dan juga jatuh, Moms.

2. Kain Katun Paris

Membicarakan keunggulannya, kain katun paris umumnya memiliki tekstur yang halus, lembut serta permukaannya terlihat mengilap, Moms! Karakteristik yang membuat jenis ini menonjol adalah bahannya yang lebih tipis.

Kendati demikian, jangan diremehkan. Meski tipis, serat kainnya bisa cukup kuat dan memiliki daya serap yang tinggi, lho!

Ketika membicarakan fesyen, biasanya kain katun paris seringkali dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan batik, Moms. Batik pun jadi terlihat cantik mengilap dan tidak gerah ketika digunakan.

Untuk membuat blus dan kerudung pun kain katun paris bisa cantik digunakan. Terlebih kain katun tak akan menimbulkan alergi, jadi cocok sekali untuk bahan membuat hijab.

3. Kain Katun Supernova

kain katun

Foto: Orami Photo Stock

Kain katun jenis ini punya karakteristik yang juga unik. Tak kalah dengan karakteristik kain katun lain, katun supernova memiliki ciri bahan yang dingin, lembut, halus dan ringan.

Nah, jika diamati lebih detail, katun jenis ini akan memperlihatkan serat-serta benang halus secara jelas. Serat-serat tersebut terurai tipis pada permukaan kainnya.

Kain katun supernova pada umumnya memiliki tekstur yang terlihat seperti gerimis hujan.

Jika Moms ingin membuat bahan dasar baju formal, gamis, hijab dan baju koko, kain katun ini pun bisa digunakan.

4. Kain katun Oxford

Kain katun oxford adalah salah satu kain tekstil yang punya tekstur rata dan permukaannya terlihat rapi. Hal tersebut dikarenakan kain katun ini dibuat dari penyilangan dua benang sekaligus dan membentuk semacam titik-titik yang menyerupai pixel dalam resolusi gambar.

Secara tekstur, kain katun oxford sendiri terasa rata sehingga sangat lembut ketika diraba dengan permukaan tangan.

Kain katun ini pun bisa digunakan untuk membuat berbagai model pakaian nih, Moms. Dari mulai seragam sekolah anak, seragam kerja, kemeja kasual, blus, hingga gamis.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Baju Lebaran untuk Ibu Menyusui

5. Katun Mesir

Dilansir dari Pimacott, jenis katun mesir memiliki keunggulan kapas stapel yang ekstra panjang. Katun jenis ini pun memiliki tekstur yang lembut.

Katun mesir sangat istimewa karena tanaman kapasnya ditanam pada iklim yang panas dan kering di lembah Sungai Nil. Hal inilah yang membuat kapasnya menjadi luar biasa.

Namun sayang, banyak bahan katun yang mengaku sebagai katun mesir namun bukan bahan yang asli.

6. Katun Sutra

kain katun

Foto: Orami Photo Stock

Kain sutra biasanya terbuat dari kepompong ulat sutra. Lalu, bagaimana dengan katun sutra?

Katun sutra adalah perpaduan antara bahan kain sutra dan kain katun. Dengan demikian katun ini memiliki tekstrur yang licin khas kain sutra dengan permukaan yang lembut dan kuat.

Meski demikian bahannya tetap dingin dan adem saat digunakan. Cantik banget, Moms!

7. Katun Rayon

Katun rayon biasanya seringkali dipakai untuk membuat busana Muslim. Meskipun teksturnya lembut dan sangat nyaman dipakai, jenis katun ini memiliki kekurangan.

Kekurangan katun rayon adalah tampilannya yang mudah sekali kusut. Jadi, jika Moms ingin mengenakan atau membeli pakaian dari jenis kain katun ini ada baiknya disetrika hingga licin terlebih dahulu, ya!

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Deterjen Bayi dan Tips Memilihnya, Wajib Tahu!

Itu dia berbagai jenis kain katun yang ada di pasaran. Moms biasanya memilih kain katun yang mana?

  • https://www.cottonmill.com/what-are-the-three-main-advantages-of-cotton-clothing/
  • https://www.pimacott.com/cotton-guide/types-of-cotton
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait