Trimester 3

27 Oktober 2021

10 Cara Meredakan Kaki Bengkak saat Hamil, Tanpa Obat!

Kaki bengkak pada ibu hamil merupakan hal umum yang terjadi dan bisa diatasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Widya Citra Andini

Saat hamil, banyak sekali ya perubahan yang terjadi pada tubuh Moms. Mulai dari perut yang semakin membuncit, kulit yang kadang terihat kusam, hingga kaki bengkak saat hamil.

Ya, tubuh Moms akan berubah dengan cepat, yang bisa menjadi sedikit tidak nyaman. Salah satu ketidaknyamanan yang dialami oleh ibu hamil adalah kaki bengkak.

Menurut American Pregnancy Association, selama kehamilan, tubuh memproduksi sekitar 50 persen lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang.

Kaki bengkak saat hamil termasuk bagian normal dari kehamilan yang disebabkan oleh darah dan cairan tambahan.

Retensi cairan ekstra ini diperlukan untuk melembutkan tubuh, yang memungkinkan bayi berkembang.

Cairan ekstra juga membantu mempersiapkan persendian dan jaringan panggul agar terbuka untuk persalinan.

Moms pun akan mendapat cairan tambahan sekitar 25 persen dari kenaikan berat badan selama kehamilan.

Baca Juga: Penyebab Kaki Kram saat Hamil

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil

Kaki Membengkak saat Hamil, Apa Sebabnya-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pembengkakan kaki saat hamil ini disebut juga edema. Melansir Journal of Nurse-Midwifery, edema terjadi pada 35-80% kehamilan normal.

Rasanya memang tidak nyaman saat kaki bengkak saat hamil. Lalu, apa ya penyebabnya? Simak selengkapnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tubuh Moms akan memproduksi sekitar 50 persen lebih banyak darah dan cairan dalam tubuh untuk memenuhi bayi yang sedang berkembang di dalam kandungan.

Produksi cairan lebih banyak ini juga sebenarnya membantu menyiapkan persendian dan jaringan panggul agar terbuka untuk persalinan nantinya.

Hal inilah yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil dan ini kondisi yang normal terjadi.

Tidak hanya pada kaki, pembengkakan ini juga bisa terjadi di tangan, wajah, dan pergelangan kaki.

Kondisi edema ini bisa terjadi kapan saja selama kehamilan, tapi umumnya Moms akan mengalaminya saat bulan kelima kehamilan dan dapat meningkat saat memasuki trimester ketiga.

Selain faktor tambahan cairan dan darah dalam tubuh, ada beberapa faktor lainnya yang memengaruhi kaki bengkak saat hamil.

Mulai dari berdiri terlalu lama, aktivitas yang panjang seharian, mengonsumsi kafein terlalu tinggi, diet rendah kalium, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan natrium yang tinggi.

Baca Juga: Penyebab Mata Kaki Bengkak dan Cara Ampuh Mengatasinya

Cara Meredakan Kaki Bengkak saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil memang membuat rasa tidak nyaman untuk beraktivitas, ya, Moms.

Dilansir dari American Pregnancy Association, ada beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk meredakan gejala pembengkakan kaki ini agar tidak menjadi semakin parah, yaitu:

1. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

alas kaki nyaman untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Gunakan alas kaki yang nyaman dan hindari memakai sepatu hak tinggi.

Mengenakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki yang pas menjadi kunci untuk mengurangi pembengkakan kaki dan mencegah masalah nyeri pinggul dan sakit punggung.

2. Kurangi Asupan Garam

Konsumsi garam

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan selama kehamilan adalah dengan membatasi asupan garam atau natrium. Garam membuat tubuh Moms menahan air ekstra.

Cobalah untuk menghindari makanan kaleng atau olahan, karena ini mengandung banyak garam. Tak lupa juga untuk tidak menambahkan garam pada makanan.

Baca Juga: Kaki Bengkak Setelah Melahirkan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

3. Tingkatkan Asupan Kalium

kaki bengkak saat hamil - makan kalium

Foto: Orami Photo Stock

Moms, tidak mendapatkan cukup kalium dapat membuat kaki bengkak bertambah buruk, karena kalium membantu tubuh menyeimbangkan jumlah cairan.

Vitamin prenatal yang Moms konsumsi harus memiliki beberapa kalium ekstra, tetapi juga penting untuk makan sumber kalium makanan yang baik.

Beberapa makanan yang secara alami tinggi kalium dilansir dari Health.gov:

  • Ubi jalar (juga dengan kulit)
  • Buah pisang
  • Bayam
  • Kacang-kacangan
  • Beberapa jus buah (delima, jeruk, wortel, dan markisa khususnya)
  • Yogurt
  • Buah bit
  • Ikan salmon

4. Minum Lebih Banyak Air

Ibu hamil minum air putih

Foto: Orami Photo Stock

Seaneh kedengarannya, ternyata minum lebih banyak air bisa mengatasi kaki bengkak.

Hal ini disebabkan karena tubuh Moms mengira sedang mengalami dehidrasi sehingga menahan lebih banyak cairan untuk mengimbanginya.

Jadi, cobalah minum setidaknya 10 gelas air setiap hari untuk menjaga ginjal membuang hal-hal buruk dan tubuh Moms terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Air Liur Berlebihan Saat Hamil, Cari Tahu Juga Penyebabnya

5. Batasi Asupan Kafein

batasi kafein

Foto: Orami Photo Stock

Meski mengonsumsi kafein tidak menimbulkan masalah kehamilan.

Namun, Moms perlu berhat-hati karena konsumsi kafein berlebihan tidak baik untuk janin dan bisa memperparah pembengkakan.

Hal ini karena kafein adalah diuretik yang dapat menyebabkan Moms buang air kecil lebih banyak, dan kemudian membuat tubuh berpikir perlu untuk menahan cairan.

Sebagai gantinya, cobalah kopi tanpa kafein dengan susu atau teh herbal, seperti peppermint untuk membantu memberi Moms sedikit dorongan energi selama masa mengandung.

6. Tinggikan Kaki dan Istirahat

Ibu Hamil istirahat

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun Moms memiliki sejuta aktivitas yang ingin dilakukan sebelum Si Kecil lahir, cobalah duduk dan angkat kaki jika memungkinkan.

Saat duduk sepanjang waktu tidak bagus untuk sirkulasi, berdiri sepanjang waktu juga sulit bagi tubuh Moms yang sedang hamil.

Duduk dengan kaki ditinggikan sebentar terutama di penghujung hari karena dapat membantu mengeringkan cairan yang terkumpul di kaki sepanjang hari.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Tangan Bengkak saat Hamil

7. Kenakan Stocking Kompresi

stoking kompresi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bila mengalami kaki bengkak saat hamil yang terus-menerus atau harus berdiri dari sebagian besar waktu, Moms bisa mencoba stoking atau kaus kaki kompresi setinggi pinggang.

Stoking ini dengan lembut menekan kaki untuk membantu menjaga sirkulasi cairan.

Cobalah untuk menghindari stoking kompresi setinggi lutut, karena mungkin terlalu ketat di tengah kaki dan benar-benar membuat pembengkakan lebih buruk.

8. Lakukan Olahraga

olahraga hamil

Foto: Orami Photo Stock

Moms bisa mencoba olahraga renang untuk mengurangi kaki bengkak saat hamil. Cobalah berdiri atau berenang di kolam sampai kedalaman air mencapai leher Moms.

"24 jam setelah persalinan, kaki yang bengkak akan membaik," ujar Andree Gruslin, ob-gyn di Ottawa Hospital. "Sambil menunggu masa persalinan, ingat kalau kaki bengkak saat hamil adalah hal yang wajar. Jangan terlalu khawatir, gunakan kondisi tersebut untuk banyak mengistirahatkan kaki," tambahnya.

Baca Juga: Aturan dan Rekomendasi Olahraga untuk Ibu Hamil

9. Berjalan Kaki

jalan kaki saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Aktivitas fisik berikutnya yang bisa meredakan kaki bengkak selama kehamilan, yakni jalan kaki.

Berjalan kaki selama 5 atau 10 menit selama beberapa kali dalam sehari dapat membantu meningkatkan sirkulasi Moms, yang pada akhirnya bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Selain itu, jalan kaki juga menjadi aktivitas fisik yang paling aman dilakukan oleh ibu hamil. Manfaat jalan kaki bagi ibu hamil pun sangat banyak, lho!

Itulah beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa Moms lakukan. Kaki bengkak adalah efek samping yang sangat umum dari kehamilan.

Namun, jika Moms mengalami pembengkakan secara tiba-tiba, pada kaki, wajah, tangan, segera periksakan diri ke dokter karena bisa menjadi tanda preeklamsia.

10. Pijat Kaki

pijat kaki hamil

Foto: Orami Photo Stock

Bengkak pada kaki saat hamil juga bisa diatasi dengan pijat, Moms. Pijat akan membantu mengedarkan cairan yang cenderung menumpuk di kaki dan pada akhirnya dapat mengurangi pembengkakan.

Moms juga bisa menambahkan beberapa tetes essential oil, seperti peppermint atau lavender sehingga proses pijat terasa lebih rileks.

Pijat bisa dilakukan mandiri atau meminta bantuan pasangan. Moms pun bisa mencoba layanan pijat khusus kehamilan.

Ini tidak hanya dapat membantu pembengkakan, tetapi bagus untuk membantu meringankan stres yang dapat menyertai selama kehamilan.

Baca Juga: Dua Jenis Pijat Hamil Aman yang Bisa Moms Pilih

Itulah beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa Moms lakukan.

Kaki bengkak adalah efek samping yang sangat umum dari kehamilan.

Namun, jika Moms mengalami pembengkakan secara tiba-tiba, pada kaki, wajah, tangan, segera periksakan diri ke dokter karena bisa menjadi tanda preeklamsia.

Selalu jaga kehamilan dengan memerhatikan tanda-tanda di dalam tubuh Moms, ya!

  • https://americanpregnancy.org/pregnancy-concerns/swelling-during-pregnancy/
  • https://health.gov/dietaryguidelines/2015/guidelines/appendix-10/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/0091218276900860
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/swollen-feet-during-pregnancy
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait