Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Pasca Melahirkan | Feb 5, 2018

Kaki Bengkak Setelah Melahirkan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bagikan


Kaki bengkak tidak hanya dialami saat hamil. Setelah melahirkan pun Moms bisa mengalami kaki bengkak. Dalam bahasa medis, kondisi tersebut disebut edema postpartum. Memang, usai melahirkan, biasanya edema perlahan menghilang tergantung kemampuan tubuh untuk mengurangi cairan yang berlebihan tersebut. Adapun cara tubuh mengeluarkan cairan misalnya buang air kecil atau berkeringat.

Perlu kita tahu, saat hamil tubuh menyimpan cairan dan produksi darah meningkat hingga 50 persen leibh banyak dari jumlah ketika sebelum hamil. Tujuannya, untuk memelihara dan melindungi ibu serta janin. Namun, tak semua cairan dan darah ini meninggalkan tubuh saat atau setelah melahirkan. Lalu, apa penyebab kaki bengkak pasca melahirkan ini?

1. Pengaruh hormon

Satu hal paling sering menyebabkan pembengkakan postpartum adalah hormon. Selama kehamilan, tubuh banyak menghasilkan progesteron. Nah, hormon yang berlebihan jumlahnya ini menimbulkan retensi air dan natrium dalam tubuh. Alhasil, bagian tubuh Moms, salah satunya kaki, masih mengalami bengkak meski sudah melahirkan.

2. Rahim menekan aliran darah

Kaki bengkak pasca melahirkan juga bisa disebabkan pembesaran rahim yang menekan aliran darah. Karena itulah, aliran darah balik dari kaki menuju jantung jadi terhambat., sehingga, kaki pun membengkak.

3. Proses melahirkan

Proses persalinan normal juga bisa menyebabkan kaki bengkak usai melahirkan. Ketika ibu mengejan saat proses persalinan, tubuh akan mengirim darah ekstra menuju tangan dan kaki. Efeknya adalah terjadi pembengkakan kaki. Proses infus juga bisa memicu terjadinya kaki bengkak. Misal, cairan infus yang berlebihan pada proses persalinan operasi caesar akan menumpuk dan menimbulkan edema lokal, salah satunya kaki bengkak.

Baca juga: 5 Perawatan Tradisional Pasca Melahirkan, Amankah?

Lalu, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak pasca persalinan? Sebenarnya, kondisi kaki bengkak secara berangsur akan hilang atau reda karena tubuh secara alami akan mengeluarkan cairan yang berlebih. Meski begitu, untuk mempercepat proses dan tidak memperparah kondisi, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Posisikan tubuh dan kaki dengan tepat

Sebaiknya kita menghindari menyilangkan kaki saat duduk dan berdiri, terutama dalam waktu lama. Kenapa? Karena hal ini dapat menghambat aliran darah. Selain itu, Moms juga bisa coba posisi telentang. Lalu, ganjal kaki dengan badan agar posisi kaki lebih tinggi dari dada

Cara ini dapat meningkatkan sirkulasi dan meringankan gejala bengkak. Moms bisa juga minta pasangan untuk memijat kaki yang bengkak. Pijat dengan lembut dan tidak membuat rasa sakit.

2. Konsumsi makanan sehat

Selain memberi energi untuk kebutuhan pasca melahirkan atau menyusui, makanan yang sehat juga membantu membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Pilih asupan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks atau protein.

Konsumsilah sayur dan buah-buahan. Hindari makanan olahan karena relatif mengandung sodium (garam natrium) tinggi yang dapat lebih memicu terjadinya pembengkakan.

Baca juga: Stretch Mark Setelah Melahirkan? Ini Cara Alami Menghilangkannya

3. Perbanyak minum air

Banyak minum air memicu tubuh untuk membuang cairan berlebihan. Minumlah setidaknya 8 gelas setiap hari sehingga tubuh membuang kelebihan cairan dan menjaga tubuh pada tingkat hidrasi yang baik. Selain itu, ginjal dapat melakukan fungsinya dengan baik untuk menjaga kesehatan Moms.

Perlu kita tahu, pada saat persalinan dan menyusui, tubuh akan kehilangan cairan. Oleh sebab itu, air penting untuk dikonsumsi.

4. Olahraga

Hal penting lain yang perlu dilakukan untuk mengurangi bengkak pada kaki adalah olahraga. Pilihlah olahraga yang ringan, misalnya sekadar jalan di sekitar rumah. Jika memungkinkan, Moms juga bisa memilih yoga. Dengan demikian, diharapkan pembengkakan pada kaki dikurangi.

Selamat mencoba, Moms!

(HIL)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.