Kesehatan Umum

10 September 2021

Berapa Kalori Kacang Tanah dan Apa Saja Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Yuk, ketahui jumlah kalori kacang tanah, baik yang direbus, disangrai, hingga dipanggang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Kacang tanah merupakan jenis kacang-kacangan yang padat nutrisi. Pasalnya, kacang tanah mengandung karbohidrat, protein, serta serat yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, apakah Moms sudah tahu jumlah kalori kacang tanah?

Jumlah kalori kacang tanah mentah, tentu saja berbeda dengan kalori kacang tanah yang sudah direbus, disangrai, atau dipanggang. Oleh karena itu, Moms perlu mengetahui jumlah kalori kacang tanah.

Dengan mengetahui kalori kacang tanah, Moms pun akan lebih mudah dalam menentukan jumlah porsi kacang tanah yang akan dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan yang Perlu Moms Ketahui, Simak!

Kalori Kacang Tanah Mentah

kalori kacang tanah

Foto: Orami Photo Stock

Melansir laman Fat Secret Indonesia, berikut jumlah kalori kacang tanah dan kandungan nutrisi lainnya dalam takaran 100 gram yang perlu Moms ketahui.

  • Kalori: 567 kal
  • Energi: 2372 kj
  • Lemak: 49,24 gram
  • Kolesterol: 0 gram
  • Protein: 25,8 gram
  • Karbohidrat: 16,13 gram
  • Serat: 8,5 gram
  • Gula: 3,97 gram
  • Sodium: 18 mg
  • Kalium: 705 mg

Baca Juga: Mengenal 13 Jenis Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

Kalori Kacang Tanah Rebus

kalori kacang rebus

Foto: Orami Photo Stock

Sementara jika sudah direbus, berikut jumlah kalori kacang tanah rebus dalam setiap 1 mangkoknya.

  • Kalori: 200 kal
  • Energi: 838 kj
  • Lemak: 13,87 gram
  • Kolesterol: 0 gram
  • Protein: 8,5 gram
  • Karbohidrat: 13,39 gram
  • Serat: 5,5 gram
  • Gula: 1,56 gram
  • Sodium: 473 mg
  • Kalium: 113 mg

Baca Juga: 5+ Resep Selai Kacang Homemade, Cocok untuk Teman Makan Roti!

Kalori Kacang Tanah Sangrai

kalori kacang tanah sangrai

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang menyukai olahan kacang tanah sangrai dengan garam bercita rasa gurih dan renyah perlu mengetahui jumlah kalori dalam 1 butirnya. Berikut kalori kacang tanah sangrai dengan garam per 1 butir.

  • Kalori: 6 kal
  • Energi: 24 kj
  • Lemak: 0, 5 gram
  • Kolesterol: 0 gram
  • Protein: 0,24 gram
  • Karbohidrat: 0,22 gram
  • Serat: 0,1 gram
  • Gula: 0,04 gram
  • Sodium: 8 mg
  • Kalium: 7 mg

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Kenari, Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kalori Kacang Tanah Panggang

kalori Kacang Tanah panggang

Foto: Orami Photo Stock

Dibandingkan digoreng dengan banyak minyak, kacang tanah panggang mungkin akan terasa lebih sehat. Namun, benar kah demikian, Moms?

Berikut jumlah kalori kacang tanah panggang dalam ukuran 100 gram.

  • Kalori: 151 kal
  • Energi: 632 kj
  • Lemak: 5,15 gram
  • Kolesterol: 5 gram
  • Protein: 5,54 gram
  • Karbohidrat: 21,39 gram
  • Serat: 5,5 gram
  • Gula: 0 gram
  • Sodium: 422 mg
  • Kalium: 358 mg

Baca Juga: Anti Gagal! Inilah Cara Menanam Kacang Tanah yang Cocok di Rumah

Manfaat Mengonsumsi Kacang Tanah

manfaat makan kacang tanah

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui jumlah kalori kacang tanah dan kandungan gizi lainnya, Moms juga perlu tahu manfaat apa saja yang bisa didapatkan jika mengonsumsi kacang tanah.

Berikut manfaat konsumsi kacang tanah bagi kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat dari mengonsumsi kacang tanah, yakni bisa digunakan sebagai menu dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

Hal ini karena kandungan serat dan protein dalam kacang tanah dapat meningkatkan rasa kenyang.

Meski kacang tanah tinggi kalori, tetapi beberapa lemak yang terkandung dalam kacang tahan cukup tahan terhadap pencernaan dan tidak diserap sepenuhnya oleh tubuh.

Konsumsi kacang tanah juga dapat menghasilkan pengeluaran energi yang lebih tinggi, meningkatkan pembakaran kalori secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Kreasi Resep Kue Kacang Lezat dan Menggoda

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat konsumsi kacang tanah berikutnya bagi kesehatan ialah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini pun telah didukung oleh bukti dalam penelitian.

Menurut Journal of Nutrients yang diterbitkan pada tahun 2016, resveratrol (antioksidan yang ada dalam kacang tanah) dapat mengurangi peradangan kardiovaskular dan mengendurkan pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah.

Selanjutnya, peningkatan konsentrasi resveratrol dikaitkan dengan penurunan oksidasi LDL, kondisi yang dapat menyebabkan aterosklerosis (pengerasan arteri) dan penyakit arteri koroner.

Serat dan lemak sehat dalam kacang tanah juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Namun, sebaiknya Moms memilih untuk mengonsumsi kacang tanah tanpa tambahan garam untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Moms, Ketahui Lebih Lanjut Tentang Alergi Kacang pada Anak Berikut Ini

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh lainnya, yaitu dapat mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena lemak alami dalam kacang tanah efektif untuk mengurangi indeks glikemik makanan lain yang dikonsumsi pada waktu yang sama.

Kacang pun bisa membantu mengontrol gula darah puasa dan tingkat post-prandial (setelah makan).

Manfaat kacang tanah yang satu ini sama halnya dengan kacang almond yang dikenal sebagai jenis kacang-kacangan paling sehat.

Baca Juga: Kaya Protein, Ketahui 9 Manfaat Kacang Kedelai Berikut Ini!

4. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Siapa sangka, kacang tanah bisa menjadi salah satu makanan untuk mencegah penyakit Alzheimer. Pasalnya, kacang tanah kaya akan vitamin E dan vitamin B, niasin.

Dengan kandungan tersebut, kacang tanah memberikan kombinasi nutrisi yang unggul untuk kesehatan otak.

Dalam studi populasi besar yang diterbitkan dalam Journal of Food Science Technology, niasin dari makanan telah terbukti mengurangi tingkat penurunan kognitif pada orang dewasa di atas usia 65,4.

Meskipun suplemen tidak membantu, asupan vitamin E yang tinggi melalui makanan seperti kacang tanah dapat mengurangi penyakit Alzheimer hingga 70%.

Nah, itu dia jumlah kalori kacang tanah dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga informasinya bermanfaat ya, Moms.

  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kacang-tanah
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kacang-rebus
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kacang-sangrai-kering-(dengan-garam)
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kacang-panggang
  • https://www.verywellfit.com/peanuts-and-peanut-butter-are-good-for-your-diet-2506569
  • https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs13197-015-2007-9
  • https://www.mdpi.com/2072-6643/8/5/250
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait