Kesehatan

6 September 2021

Ketahui Jumlah Kalori Kopi Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Penting untuk mengetahui jumlah kalori dalam kopi hitam sekaligus manfaatnya untuk kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Debora

Moms, tahukah kamu berapa banyak kalori kopi hitam? Kini, meminum kopi telah menjadi kebiasaan oleh banyak orang. Mulai dari di pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau di siang hari ketika bercengkrama dengan teman-teman.

Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menghidangkan kopi. Mulai dari ditambah gula biasa hingga krim untuk menambah kenikmatan rasa dan aroma seperti vanila, kayu manis, hingga gula jawa.

Jika Moms pecinta kopi, pasti pernah mencicipi kopi hitam. Kopi hitam tanpa campuran gula atau susu akan terasa pahit ketika diminum.

Meski begitu, kopi hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya, yaitu membantu mengelola gejala atau mencegah sejumlah masalah kesehatan.

Kopi hitam cenderung memiliki lebih sedikit kalori dibandingkan dengan kopi yang dicampur gula, susu, atau krim. Pernahkah Moms menghitung kalori dalam kopi hitam?

Tentunya, jika Moms sedang melakukan program diet namun ingin tetap langsing dan sehat meskipun meminum kopi, mengetahui jumlah kalori kopi hitam adalah hal penting.

Selain itu, secangkir kopi hitam mengandung lebih sedikit kalori dan menawarkan lebih dari sekadar kafein sekaligus membuat perasaan menjadi lebih menenangkan.

Lalu, berapa banyak kalori yang ada dalam secangkir kopi hitam?

Baca Juga: Penting untuk Kesehatan, Cari Tahu Jumlah Kalori Garam Dapur dan Himalaya

Jumlah Kalori Kopi Hitam Tanpa Gula

kalori kopi hitam

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir kopi hitam biasa yang diseduh dari biji kopi mengandung 2 kalori. Padahal, 1 ons cairan espresso hitam hanya mengandung 1 kalori.

Jika Moms menyeduh kopi yang biji kopinya langsung digiling tanpa kafein, maka jumlah kalorinya berkurang menjadi 0.

Sementara itu, jika Moms menambahkan rasa seperti gula merah, ekstra rasa, gula, susu, vanila, kedelai, dan sirup cokelat, maka kalori secangkir kopi tersebut bisa mencapai 700 kalori per sajian.

Kopi terdiri dari komponen yang disebut kafein, yang diketahui memiliki banyak efek pada tubuh.

Kafein tidak lain adalah stimulan alami, juga ditemukan dalam minuman ringan, es krim, teh dan cokelat, yang membantu otak dan sistem saraf pusat untuk tetap aktif dan fokus.

Kafein juga membantu meningkatkan tingkat energi . Jika Moms sedang diet dan ingin meminum kopi, maka tambahkan menu kopi hitam dalam menu harian.

Tapi, pastikan tidak menggunakan pemanis berkalori tinggi. Jika ingin menambahkan pemanis, Moms bisa mempertimbangkan untuk menambahkan gula merah, madu atau susu kedelai untuk membuat rasa kopi hitam lebih manis dan lezat.

Baca Juga: Berapa Jumlah Kalori Bakso Goreng, Bakso Aci, Bakso Ikan, Hingga Bakso Daging Sapi?

Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan

kalori kopi hitam

Foto: Orami Photo Stocks

Selain sebagai menu tambahan saat diet, kalori kopi hitam yang rendah juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat kopi hitam.

1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Mengingat jumlah kalori kopi hitam yang sangat rendah, meminum kopi hitam dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Penyakit Alzheimer memengaruhi satu dari setiap delapan orang berusia 65 tahun ke atas.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa risikonya 16% lebih rendah untuk peminum kopi daripada peminum non-kopi.

Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengonfirmasi hubungannya.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Kopi dapat membantu mencegah beberapa bentuk kanker, termasuk kanker mulut, kanker prostat, kanker hati, dan kanker kolorektal.

Meski begitu, para ilmuwan belum menentukan mengapa kopi dapat mengurangi risiko kanker.

Sebagian alasannya karena kopi mengandung antioksidan tinggi, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu mencegah kanker.

Baca Juga: Mengetahui Jumlah Kalori Nasi Putih, Apakah Benar Bisa Menambah Berat Badan?

3. Mengurangi Risiko Sirosis

Sekitar 31.000 orang meninggal setiap tahun karena sirosis hati. Studi menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko sirosis, terutama bila kerusakannya berasal dari alkohol.

Minum empat cangkir atau lebih sehari mengurangi risiko sirosis alkoholik sebanyak 80%. Minum dalam jumlah yang sama dapat mengurangi risiko sirosis non-alkohol hingga 30%.

4. Peningkatan Suasana Hati

Depresi mempengaruhi lebih dari 18 juta orang dewasa secara nasional. Penelitian menunjukkan bahwa kopi membantu mengurangi risiko depresi, terutama jika Anda minum empat cangkir atau lebih per hari.

5. Mengontrol Diabetes

Orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 kebanyakan menyerang orang dewasa.

Ini berkembang ketika tubuh seseorang tidak dapat menggunakan insulin untuk memasukkan glukosa (gula) ke dalam sel, sehingga gula menumpuk di dalam darah.

Baca Juga: Ternyata Ini Jumlah Kalori Ayam Geprek yang Perlu Diperhatikan

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam kalori kopi hitam memiliki unsur yang disebut asam klorogenat, yang dikenal mempercepat penurunan berat badan.

Jika Moms mengonsumsi kopi hitam kalori rendah setelah makan malam, keberadaan asam klorogenat di dalamnya dapat memperlambat produksi glukosa dalam tubuh.

Selain itu, produksi sel-sel lemak baru berkurang, yang berarti lebih sedikit kalori dalam tubuh.

Moms juga dapat menambahkan susu kedelai atau krim ke kopi hitam, yang tidak hanya meningkatkan rasa tetapi juga memberikan hasil yang lebih baik, terutama jika Moms ingin mengurangi berat badan ekstra tersebut.

Asam klorogenat yang membuat kopi hitam ideal untuk menurunkan berat badan.

Maka, Moms terkejut mengetahui bahwa kopi hitam juga menawarkan berbagai antioksidan, yang sama-sama bertanggung jawab untuk penurunan berat badan yang efektif.

Selain itu, jika Moms memasangkan asupan kopi hitam secara teratur dengan diet rendah kalori, maka Moms akan mendapatkan hasil yang luar biasa dalam waktu singkat.

Itulah jumlah kalori kopi hitam tanpa gula hingga berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

Apakah Moms tertarik menambahkan kopi hitam rendah kalori tersebut ke menu harian diet Moms?

  • https://www.healthline.com/nutrition/coffee-calories#calories-by-drink
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/expert-answers/calories/faq-20058100
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/expert-answers/calories/faq-20058100
  • https://www.webmd.com/diet/health-benefits-black-coffee#
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait