Kesehatan

14 September 2021

Kalori Minyak Goreng, Manakah Minyak yang Lebih Sehat untuk Memasak?

Ada minyak zaitun dan minyak alpukat yang bisa menjadi alternatif, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Dalam kehidupan sehari-hari, Moms pasti menggunakan minyak goreng untuk memasak hidangan keluarga. Namun, apakah Moms tahu berapa jumlah kalori minyak goreng?

Sebenarnya, jumlah kalori minyak goreng akan bergantung pada merek dan jenisnya. Oleh karena itu, sebaiknya Moms bisa bersikap lebih cermat dalam memilih minyak goreng.

Hal ini karena mengonsumsi minyak goreng juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan. Apalagi, minyak goreng cenderung digunakan setiap hari. Terlebih, bagi Moms dan keluarga penggemar olahanan makanan yang digoreng.

Lalu, berapakah jumlah kalori minyak goreng?

Simak penjelasannya di bawah ini, beserta jenis-jenis minyak goreng yang bisa dijadikan alternatif karena kandungannya lebih sehat.

Baca Juga: Ini 10+ Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Jumlah Kalori Minyak Goreng

kalori minyak goreng

Foto: Orami Photo Stock

Melansir laman Fat Secret Indonesia, jumlah kalori minyak goreng sangat bervariasi, bergantung pada mereknya. Setiap produk minyak goreng yang dijual di pasaran memiliki jumlah kalori sekitar 70-120 kkal.

Jumlah kalori ini pun dapat bertambah jika Moms menggunakannya dalam jumlah banyak.

Tak hanya dari segi kalori, minyak goreng dari sumber yang berbeda juga dapat sangat bervariasi dalam komposisi nutrisinya, termasuk proporsi dan jenis asam lemak yang dikandungnya.

Namun dari kisaran kalori minyak goreng tersebut, sebaiknya Moms memilih minyak kalori yang rendah kalori agar tidak berisiko menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan dalam jangka panjang.

Hal ini karena saat minyak goreng dipanaskan, terutama pada suhu tinggi, minyak goreng tersebut akhirnya mencapai titik asapnya. Ini adalah suhu di mana minyak tidak lagi stabil dan mulai rusak.

Ketika minyak rusak, ia mulai mengoksidasi dan melepaskan radikal bebas.

Senyawa tersebut dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang negatif karena berpotensi menyebabkan kerusakan sel yang pada akhirnya bisa menyebabkan perkembangan penyakit.

Selain itu, saat minyak yang mencapai titik asapnya, minyak ini melepaskan zat yang disebut akrolein, yang dapat menciptakan rasa terbakar.

Menurut Journal of Molecular Nutrition & Food Research, akrolein yang bisa mencemari udara mungkin saja berbahaya bagi paru-paru manusia.

Dengan demikian, Moms perlu teliti dalam memilih produk minyak goreng untuk digunakan karena hal ini bisa berefek pada kesehatan keluarga.

Baca Juga: Simak Cara Memasak Quinoa, Biasa Dikonsumsi Sebagai Pengganti Nasi!

Pilihan Minyak Sehat untuk Memasak

Moms sudah mengetahui berapa besaran kalori minyak goreng.

Jika Moms sedang bingung mencari produk minyak goreng, berikut beberapa jenis minyak sehat yang dapat dipilih untuk memasak. Apa saja ya? Berikut di antaranya:

1. Minyak Alpukat

minyak alpukat

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu minyak yang dapat Moms gunakan untuk memasak sehari-hari, yakni minyak alpukat dengan jumlah kalori 124 kkal.

Minyak alpukat mengandung vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan.

Minyak alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang sehat, khususnya lemak tak jenuh tunggal. Oleh karena itu, minyak alpukat bisa dijadikan alternatif minyak sehat untuk menumis atau menggoreng makanan di rumah, Moms.

2. Minyak Kemiri

minyak kemiri

Foto: Orami Photo Stock

Pilihan minyak sehat lainnya yang dapat digunakan untuk memasak adalah minyak kemiri dengan jumlah kalori 120 kkal. Mirip dengan minyak alpukat, minyak kemiri juga mengandung vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal.

Tak hanya itu, minyak kemiri diperkaya dengan kandungan asam lemak omega 9 dan omega 6 yang tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk menjadi pengganti minyak goreng biasa.

Perlu Moms ketahui juga, konsumsi omega 9 dan omega 6 secara bersamaan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Kelebihan lain dari minyak kemiri terletak pada aromanya. Jadi, apabila Moms memasak menggunakan minyak kemiri, hidangan pun akan terasa lebih sedap.

Moms bisa menggunakan minyak kemiri untuk menumis atau menambahkannya pada hidangan berkuah agar lebih kental dan gurih.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Mudah di Rumah

3. Minyak Zaitun

minyak zaitun

Foto: Orami Photo Stock

Selain minyak kelapa sawit yang banyak digunakan sebagai bahan dasar berbagai produk minyak goreng, minyak zaitun juga tak kalah populer untuk memasak.

Dengan kandungan kalori 120 kkal, minyak zaitun dinilai lebih sehat, tetapi pastikan Moms memilih minyak zaitun extra-virgin (EVOO).

Minyak yang sangat ideal untuk menumis atau menggoreng ini kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Selain itu, menurut beberapa penelitian yang dikutip dari Healthline, asam lemak utama dalam minyak zaitun, yakni asam oleat, mungkin memiliki sifat antikanker dan anti-inflamasi.

Menurut jurnal yang diterbitkan dalam U.S National Library of Medicine, minyak zaitun mengandung senyawa antioksidan yang disebut oleocanthal dan oleuropein.

Senyawa ini mungkin memiliki efek anti-inflamasi, termasuk membantu mencegah kolesterol LDL (jahat) teroksidasi.

Penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Clinical Nutrition juga telah menemukan bahwa minyak zaitun mengandung senyawa yang menyehatkan jantung dan dapat membantu mencegah berbagai kondisi, seperti obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes tipe 2.

Itu dia Moms, jumlah kalori minyak goreng yang umumnya dibuat dari kelapa sawit dan beberapa jenis minyak sehat yang bisa dipilih untuk memasak karena kandungannya lebih sehat.

  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/search?q=Minyak+Goreng
  • https://www.womenshealthmag.com/food/g29230500/healthiest-cooking-oil/
  • https://www.healthline.com/nutrition/best-cooking-oils
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21994168/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30487558/
  • https://www.arborday.org/programs/hazelnuts/consortium/nutrition.cfm
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10695923/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait