Kesehatan

4 April 2021

Mengetahui Jumlah Kalori Nasi Putih, Apakah Benar Bisa Menambah Berat Badan?

Sering disebut menggagalkan diet, sebenarnya berapa banyak kalori nasi putih?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Nasi putih menjadi makanan pokok orang Indonesia yang sering ditakuti ketika sedang menjalani diet. Memangnya, seberapa banyak sih kalori nasi putih?

Faktanya, nasi putih menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Nasi putih juga mampu menjaga energi untuk tubuh saat beraktivitas seharian.

Namun, memang kandungan serat dalam nasi putih tidak sebanyak pada nasi merah. Jangan terburu-buru menyalahkan nasi putih ketika dietmu tidak berhasil, ya, Moms!

Simak penjelasan berikut ini tentang kalori nasi putih agar tidak salah tanggap lagi.

Baca Juga: Bukan Nasi Putih, Ini 5 Jenis Beras Terbaik untuk Kesehatan

Jumlah Kalori Nasi Putih

kalori nasi putih.jpg

Foto: freepik.com

Dilansir dari Fat Secret Indonesia, ada beberapa penjelasan tentang kalori nasi putih, menurut takarannya masing-masing, yaitu:

  • Kalori nasi putih 1 ons sekitar 112 kalori.
  • Kalori nasi putih sebesar 1 centong atau sekitar 100 gram yaitu 129 kalori.
  • Kalori nasi putih 1 piring atau 1 porsinya sekitar 204 kalori.

Jumlah kalori nasi putih dalam 1 porsinya adalah 204 kalori, dengan rinciannya yaitu 2% lemak, 89% karbohidrat, dan 9% protein. Nah, jadi bisa dilihat bahwa nasi putih menjadi sumber karbohidrat yang baik.

Jika dibandingkan dengan nasi merah, apakah kalori nasi putih jauh di atasnya? Kalori nasi merah memang masih lebih rendah dibandingkan nasi putih.

Kalori nasi merah 1 centong atau 100 gram adalah 110 kalori. Namun, perbedaan kalori antara nasi putih dan nasi merah tidak begitu jauh.

Bukan terletak pada faktor perbedaan kalorinya, nasi merah dianggap lebih sehat dan cocok bagi yang sedang diet karena nutrisi di dalamnya.

Nasi merah mengandung lebih banyak nutrisi, serat, dan memiliki Indeks Glikemik (GI) yang lebih rendah.

Jika saat ini Moms tengah menjalani diet untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk memilih nasi merah sebagai pilihan yang lebih sehat.

Namun, bukan menjadi dosa yang besar kalau sesekali ingin menikmati nasi putih hangat yang pulen. Nasi putih tetap memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Mengenal Diet Defisit Kalori, Turunkan Berat Badan dengan Cepat!

Lagi Diet Ingin Makan Nasi Putih, Ini Caranya

tips makan nasi putih saat diet.jpg

Foto: freepik.com

Setelah mengetahui kalori nasi putih, mungkin Moms jadi ragu untuk mengonsumsinya karena khawatir akan menambah berat badan.

Padahal, Moms tetap bisa makan nasi putih meskipun sedang diet, lho! Ada beberapa tips yang bisa diikuti, yaitu:

1. Mengontrol Porsinya

Moms sudah mengetahui jumlah kalori nasi putih yang berbeda-beda setiap takarannya.

Jika Moms ingin makan nasi putih saat lagi diet, cobalah untuk tetap mengontrol porsinya. Hindari makan nasi putih yang melebihi kebutuhan kalori per harinya saat diet.

2. Seimbangkan dengan Lauk yang Sehat

Nasi putih bisa menjadi asupan karbohidrat yang baik. Nah, Moms bisa menyeimbangkan dengan lauk-pauk yang lebih sehat, seperti protein dan sayuran.

Misalkan, lengkapi nasi dengan ikan, sup ayam, capcay, atau jenis sayuran lainnya.

Jangan menambahkan nasi dengan karbohidrat dan lemak seperti mie, kentang, atau gorengan yang hanya menambah asupan kalori dalam tubuh secara berlebihan.

Hindari juga menambahkan saus botolan, lebih baik pilih sambal yang segar atau dibuat sendiri.

3. Perhatikan Cara Memasak

Ingin makan nasi putih meskipun sedang diet? Nah, coba perhatikan cara memasaknya, ya, Moms.

Hindari makan nasi yang digoreng atau ditambahkan mentega karena menambah jumlah kalori semakin tinggi.

4. Perbanyak Aktivitas Fisik

Kalori nasi putih mampu menjadi sumber energi yang cukup bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Jadi, jangan malas bergerak, ya, Moms! Usahakan untuk tetap beraktivitas fisik minimal 30 menit per harinya.

Tidak sempat berolahraga? Tidak perlu khawatir, Moms bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang juga menjadi aktivitas fisik untuk membakar kalori.

5. Minum Air Putih

Saat sedang menjalani diet, usahakan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya.

Ketika Moms rutin minum air putih, pasti akan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi minuman yang manis.

Minum air putih yang cukup setiap harinya juga membantu menurunkan berat badan.

Tidak hanya memiliki 0 kalori, minum air putih juga dapat membantu membakar kalori lho, Moms.

Itulah cara mudah makan nasi putih saat sedang diet. Ingat, yang penting tetap perhatikan kebutuhan kalori per harinya.

Baca Juga: 4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

Kalori dan Nutrisi dalam Berbagai Jenis Nasi

kalori dalam nasi.jpg

Foto: freepik.com

Dilansir dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, nasi mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh, seperti serat, vitamin B1 (thiamin) dan B6, magnesium, fosfor, selenium, dan mangan.

Namun, pilihan nasi yang terbaik memang terdapat pada nasi merah dibandingkan nasi putih. Selain nasi merah, terdapat juga beberapa pilihan nasi lainnya yang bisa Moms ketahui, yaitu:

1. Beras Cokelat

Beras cokelat adalah beras gandum yang memiliki cangkang pelindung luar. Beras cokelat masih mengandung lapisan dedak dan kuman yang mengandung sejumlah nutrisi signifikan.

Dedak beras cokelat mengandung antioksidan flavonoid apigenin, quercetin, dan luteolin. Hal ini yang membuat beras cokelat berperan untuk mencegah berbagai penyakit.

Menurut Dietary Antioxidants and Prevention of Non-Communicable Diseases, nasi cokelat juga memberikan jumlah kalori dan karbohidrat yang serupa dengan nasi putih.

Terdapat 111 kalori dalam satu centong atau 100 gram nasi cokelat.

Namun, beras merah juga memiliki serat sekitar tiga kali lebih banyak dan lebih tinggi protein.

Serat dan protein dalam beras cokelat mampu mengenyangkan lebih cepat dan membantu mempertahankan berat badan yang ideal.

Nasi cokelat juga membantu mengatur gula darah dan insulin, hormon yang mendukung kadar gula darah sehat.

Baca Juga: 8 Resep Infused Water untuk Diet, Mudah Dibuat Sendiri!

2. Beras Hitam

Sudah pernah mencoba beras hitam belum, Moms? Beras hitam ini akan berubah menjadi warna ungu saat dimasak. Kalori nasi hitam adalah 260 kalori dalam satu centongnya.

Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari beras hitam, lho! Beras hitam sangat kaya akan antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel dari kerusakan akibat kelebihan molekul yang disebut radikal bebas, yang mana juga bisa menyebabkan stres oksidatif.

Stres oksidatif juga dikaitkan dengan berbagai kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan gangguan mental.

Beras hitam juga kaya kandungan anthocyanin, sekelompok pigmen tanaman flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

3. Beras Basmati

Jika Moms pernah makan makanan India, pasti sudah tidak asing dengan beras basmati.

Basmati adalah jenis beras yang umum di makanan India dan Asia Selatan. Rasa beras ini agak seperti kacang dengan aroma yang harum.

Perlu diketahui bahwa basmati lebih rendah level arseniknya. Dilansir dari Journal of Preventive Medicine & Public Health, arsenik adalah logam yang bisa membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko diabetes, masalah jantung, dan beberapa tipe kanker.

Lalu, mengapa beras basmati baik bagi Moms yang sedang diet? Kalori nasi basmati adalah 121 kalori dalam satu centong.

Indeks glikemik dan karbohidrat dari nasi basmati juga lebih rendah, sehingga mampu menjadi pengganti nasi putih untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Nasi Shirataki

Moms yang sedang diet mungkin akrab dengan nasi shirataki. Nasi shirataki dibuat dari tepung yang terbuat dari tanaman konyaku.

Dilansir dari Eat This Much, satu porsi nasi shirataki (3 ons) mengandung 10 kalori.

Komposisi nasi shirataki adalah serat larut, sehingga baik untuk pencernaan dan membuat kita cepat merasa kenyang.

Baca Juga: 6 Pekerjaan Rumah yang Membakar Kalori dan Jumlah Kalori yang Terbuang

Itulah beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang kalori nasi putih, serta pengganti nasi putih yang membantu menurunkan berat badan. Mana yang akan Moms coba duluan?

  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/nasi-putih
  • https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/rice/
  • https://www.mdpi.com/2076-3921/7/6/71
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4186552/
  • https://www.eatthismuch.com/food/nutrition/shirataki-rice,655576/
  • https://www.insider.com/low-carb-rice-alternatives-2018-9#3-shirataki-rice-is-also-known-as-miracle-rice-3
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait