Kesehatan

8 Juni 2021

Cari Tahu Besaran Kalori Pisang, Mulai dari Pisang Goreng Hingga Pisang Sunpride

Cocok untuk asupan di kala diet
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Buah pisang salah satu sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan dan fitonutrien yang sehat. Selain nutrisinya, jumlah kalori pisang juga perlu Moms tahu, lho.

Apalagi bagi yang sedang menjalani program diet, menghitung kalori salah satu yang biasa dibutuhkan sebelum mengonsumsi makanan.

Begitu juga dengan kalori pisang, beda penyajian beda pula kalori yang dimilikinya.

Menghitung Kalori Pisang

kalori pisang yang sehat.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Ada banyak jenis dan ukuran buah pisang. Warnanya biasanya berkisar dari hijau hingga kuning.

Cara mengolahnya pun bervariasi, mulai dari pisang goreng, pisang rebus, atau yang langsung dimakan yakni pisang Sunpride.

Mengutip Penn Medicine, kalori pisang berukuran sedang memiliki sekitar 105 kalori, dengan gula alami buah-buahan, serta 3 gram serat.

Serat yang tinggi membantu melancarkan pencernaan.

Menurut penelitian dari jurnal Annals of Internal Medicine, hanya dengan meningkatkan asupan serat per hari, salah satunya buah pisang, ia salah satu alternatif dalam cara menurunkan berat badan dengan alami.

Seperti yang diketahui, pisang juga merupakan sumber vitamin yang baik, seperti kalium. Dan seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, pisang bukanlah sumber lemak atau protein, melainkan sumber karbohidrat.

Jika dibandingkan dengan buah-buahan lain, seperti beri, pisang memiliki energi (kalori) yang lebih tinggi.

Meski kalori pisang yang cukup tinggi, ini menjadi salah satu buah-buahan yang bisa dimasukkan ke dalam diet sehat.

Pola makan yang seimbang, penuh dengan buah-buahan dan sayuran, dapat memberikan dampak yang lebih baik pada pola diet sehat.

Baca Juga: 5 Menu Buka Puasa untuk Diet, Sehat dan Rendah Kalori

Kalori Pisang Goreng

resep pisang goreng madu

Foto: Orami Photo Stocks

Secara umum, makanan yang digoreng secara signifikan tinggi lemak dan kalori daripada makanan yang tidak digoreng.

Biasanya, makanan yang digoreng akan dilapisi dengan adonan atau tepung racikan.Selanjutnya, saat makanan digoreng dengan minyak, ia akan kehilangan air dan lebih banyak menyerap lemak, yang dapat meningkatkan kandungan kalorinya.

Sehingga makanan yang digoreng hampir semuanya tinggi kalori, begitu juga dengan pisang goreng.

Pisang goreng salah satu hidangan camilan yang disukai hampir setiap orang. Rasanya yang renyah dan manis, tak jarang membuat kita lahap memakannya.

Namun tahukah Moms kalori pisang goreng yang sebenarnya?

Mengutip Nutrionix, kalori pisang goreng sekitar 378 kalori, di mana normalnya kalori pisang adalah sekitar 105 kalori. Ada peningkatan dua kali lipat kalori pisang akibat cara pengolahannya, yakni digoreng.

Untuk membakar lemak kalori pisang goreng, dibutuhkan aktivitas fisik seperti berjalan (102 menit), berlari (35 menit) dan bersepeda (52 menit).

Lemak gorengan yang diproses oleh tubuh dapat menyebabkan efek kesehatan yang tidak baik.

Faktanya, dalam The Journal of Nutrition menjelaskan, lemak trans (lemak jenuh) dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas.

Karena kalori pisang goreng dimasak dengan minyak pada suhu yang sangat tinggi, kemungkinan besar makanan tersebut mengandung lemak trans.

Baca Juga: Cara Membakar Kalori yang Mudah Dilakukan, Moms Bisa Langsung Mencobanya

Kalori Pisang Rebus

kalori-pisang-tanduk.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Selain digoreng, pisang rebus juga menjadi salah satu pengolahan yang sering kita jumpai.

Pisang diolah dengan berbagai cara telah terbukti menjadi sumber yang baik untuk vitamin A, C, kalsium, dan seng.

Satu buah kalori pisang rebus, hampir sama dengan kalori pisang pada umumnya, yakni sekitar 110 kalori.

Beberapa studi menunjukkan efek merebus pisang dapat memengaruhi nilai gizi dan nutrisi sehat di dalamnya.

Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan bahwa merebus pisang dapat menghilangkan vitamin A, di mana vitamin A ini bekerja untuk fungsi tubuh, salah satunya menjaga kesehatan mata.

Terlepas dari itu, kalori pisang juga dapat membantu mengatasi diare. Pisang mengandung serat, prebiotik, dan probiotik, yang membantu pencernaan.

Kalori Pisang Ambon

kalori pisang.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Orang Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan pisang ambon. Tak kalah dengan jenis pisang lainnya, pisang ambon juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga bisa dikonsumsi oleh Si Kecil sekalipun.

Pisang Ambon cukup mudah ditemui, di pasat tradisional, kios buah ataupun supermarket. Selain murah dan rasanya yang lezat, pisang ambon juga kaya manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Mengutip Fat Secret Indonesia, kalori pisang Ambon adalah sekitar 97 kalori dalam 100ml (100 g).

Pisang Ambon memiliki nutrisi penting multivitamin yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Terlebih, kalori pisang yang satu ini juga mengandung mineral cukup tinggi untuk menjaga kesehatan tulang.

Ahli gizi dari San Diego, Laura Flores menemukan kalori pisang ini mengandung magnesium dan vitamin C dan B6.

Cara pengolahannya pun mudah, pisang Ambon bisa dikukus ataupun direbus.

Menariknya lagi kalori pisang Ambon yang masih dalam batas normal ini dapat meredakan morning sickness pada ibu hamil, lho.

Vitamin B6 yang ada di dalam pisang Ambon bisa bantu redakan mual dan muntah yang kerap dialami ibu hamil pada trimester awal kehamilan.

Baca Juga: 11+ Makanan Penurun Darah Tinggi, Ada Greek Yogurt dan Pisang!

Kalori Pisang Sunpride

manfaat dan kalori pisang untuk kecantikan.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Pisang Sunpride, salah satu jenis pisang yang mudah dimakan dan mudah dijumpai di mana saja.

Kalori pisang Sunpride terbilang rendah yakni sekitar 72-135 kalori, sehingga ini menjadi salah satu pilihan buah untuk program diet sehat.

Moms juga bisa mencampurkan pisang dengan yogurt rendah lemak untuk sarapan lezat bernutrisi. Sehingga tak jarang kalori pisang Sunpride diadopsi dalam program diet pisang.

Diet pisang dipopulerkan oleh seorang apoteker Jepang untuk membantu suaminya menurunkan berat badan.

Diet ini mendorong Moms untuk makan buah pisang dalam salah satu waktu makan serta mengurangi porsi makan di siang dan malam hari.

Misalnya makan pisang saat sarapan, kemudian makan siang dan malam secukupnya hingga kenyang 80 persen. Camilan di sore hari boleh pisang lagi dan diimbangi tidur yang cukup.

Diet pisang ini juga merekomendasikan untuk menghindari produk susu dan es krim.

Manfaat Buah Pisang

Setelah mengenal dan menghitung berbagai kalori pisang, Moms perlu tahu manfaatnya untuk kesehatan.

Adapun manfaat yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Sumber Karbohidrat

18 Manfaat Kalori Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Foto: Orami Photo Stocks

Pisang adalah sumber karbohidrat yang dapat menjadi solusi sumber karbo selain nasi ataupun produk gandum.

Ini menjadi salah satu buah kesukaan para atlet karena kandungan mineralnya dan karbohidrat yang mudah dicerna.

Makan pisang dapat membantu mengurangi kram dan nyeri otot terkait olahraga, yang memengaruhi hingga 95 persen, melansir studi dalam National Center for Biotechnology and Information.

Kram yang terjadi pada sebagian atlet dipicu dari dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.

Meskipun demikian, kalori pisang memang memberikan nutrisi yang sangat baik sebelum, selama, dan setelah aktivitas fisik dan berolahraga.

2. Tinggi Serat

Selain kalori pisang cukup rendah, ia tinggi serat di mana salah satu membantu pencernaan yang lebih baik.

Pisang berukuran sedang memiliki sekitar 3 gram serat, menjadikan pisang sumber serat yang sehat.

Pisang mengandung dua jenis serat utama, antara lain:

  • Pektin: Menurun saat pisang matang.
  • Pati resisten: Ditemukan pada pisang mentah.

Pati resisten adalah makanan bagi bakteri dan menguntungkan kesehatan usus.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pektin dapat membantu melindungi dari kanker usus besar.

Baca Juga: Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

3. Mengatur Tekanan Darah

tekanan-darah-normal-ibu-hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama pengontrol tekanan darah.

Meskipun penting, hanya sedikit orang yang mendapatkan cukup kalium dalam makanan mereka.

Melansir U.S Department of Agriculture pisang adalah sumber makanan kalium yang bagus. Satu pisang ukuran sedang (118 gram) mengandung 9 persen.

Diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan orang yang makan banyak kalium memiliki risiko penyakit jantung hingga 27 persen lebih rendah.

Selain itu, pisang mengandung magnesium dalam jumlah yang cukup, yang juga penting untuk kesehatan jantung.

Nah, itu dia Moms buah dan kalori pisang yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Kalori pisang yang rendah, bahkan bahkan dapat membantu menurunkan berat badan, karena relatif rendah kalori dan padat nutrisi.

Pisang yang matang adalah salah satu yang enak untuk disantap. Terlebih lagi, pisang kuning dan hijau dapat membuat tubuh tetap sehat dan merasa kenyang.

  • https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/metabolic-and-bariatric-surgery-blog/2019/april/are-bananas-good-for-weight-loss
  • http://annals.org/aim/article-abstract/2118594/single-component-versus-multicomponent-dietary-goals-metabolic-syndrome-randomized-trial
  • https://www.nutritionix.com/food/fried-bananas
  • https://academic.oup.com/jn/article/135/3/562/4663700?login=true
  • http://fatsecret.co.id/kalori-gizi/indomaret/pisang-ambon/100ml
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/13404940/
  • http://www.ars.usda.gov/SP2UserFiles/Place/80400530/pdf/DBrief/10_potassium_intake_0910.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait