Kesehatan

24 Juni 2021

Menghitung Kalori Roti Tawar, Mana yang Baik untuk Kesehatan?

Bagusan roti tawar jenis apa?
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Karla Farhana

Roti tawar salah satu makanan yang menjadi 'teman dekat' bagi semua orang. Namun tahukah Moms berapa jumlah kalori roti tawar yang setiap pagi Moms konsumsi?

Menu paling sering disantap untuk sarapan ini menjadi kesukaan banyak orang.

Bagaimana tidak, selain praktis, ia juga mengandung nutrisi yang sehat untuk tubuh.

Roti tawar dapat punya berbagai varian jenis, misalnya roti tawar putih, ataupun roti tawar mentega.

Dari semua jenis ini, manakah kalori roti tawar yang paling sehat untuk tubuh dan kesehatan?

Menghitung Kalori Roti Tawar Gandum

berapa kalori roti tawar

Foto: Orami Photo Stocks

Dibandingkan dengan makanan lain seperti buah-buahan dan sayuran, kalori roti tawar relatif lebih rendah.

Meskipun rendah kalori, ia tinggi akan karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral.

Dalam National Library of Medicine, kalori roti tawar gandum memiliki jumlah serat yang lebih tinggi, dan kaya akan beta-karoten dan vitamin C dan E.

Mengutip Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) untuk satu potong (32g) roti tawar gandum, mengandung 82 kalori roti tawar. Untuk kandungan lemak 1,8g, dan karbohidrat sekitar 13.8 gram.

Adapun beberapa fakta mengenai kalori roti tawar gandum, antara lain:

1. Mengandung Gluten

Roti tawar gandum mengandung gluten, jenis protein khusus yang membantu adonan mengembang dan memberikan tekstur yang elastis.

Meskipun kebanyakan orang mudah mencerna gluten, beberapa tidak dapat mencernanya.

Misalnya, penyakit celiac adalah kelainan autoimun di mana gluten merusak lapisan usus kecil dan mengganggu penyerapan nutrisi.

Beberapa orang mungkin juga memiliki kepekaan terhadap gluten, yang dapat menyebabkan masalah seperti kembung, diare, dan sakit perut.

Untuk Moms yang tidak cocok dengan roti gandum, harus beralih ke roti tawar putih ataupun roti tawar mentega.

Baca Juga: Resep Roti Ubi Ungu Ala Korea, Manis dan Lembut!

2. Cocok untuk Penurunan Berat Badan

5 Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Berat Badan Naik - 4 karbohidrat.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mengutip Nutrition Data, roti tawar gandum selain mengandung gluen, ia tinggi karbohidrat, dengan rata-rata 13 gram.

Tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa, yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Namun, varietas tertentu seperti roti gandum yang tinggi serat, yang dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah untuk membantu menstabilkan kadar gula darah.

Sehingga bagi yang ingin makan roti tawar dengan rendah gula, bisa makan roti tawar jenis gandum ya, Moms.

3. Multivitamin

Fakta menarik tentang roti gandum lainnya yakni ia mengandung antinutrien, senyawa yang baik untuk tubuh.

Meskipun roti gandum utuh berserat tinggi, ia lebih rendah kalori dibandingkan kalori roti tawar putih, roti mentega ataupun roti yang mengandung antinutrien lebh tinggi.

Namun, untuk orang yang vegan ataupun vegetarian, dan mereka yang mendasarkan pola makannya pada biji-bijian dan kacang-kacangan, dapat menyebabkan defisiensi nutrisi yang serius.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

prosedur pemasangan ring jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Salah satu manfaat kesehatan terbesar dari biji-bijian, yakni gandum, adalah menurunkan risiko penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian di dunia.

Sebuah tinjauan terhadap 10 penelitian menemukan bahwa tiga porsi (28 gram) biji-bijian setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Jadi, perbanyak konsumsi roti gandum dapat mencegah resiko terkena serangan jantung, ya.

5. Mencegah Stroke

Biji-bijian utuh juga dapat membantu menurunkan risiko stroke.

Dalam analisis terhadap 6 penelitian pada hampir 250.000 orang, mereka yang makan biji-bijian paling banyak memiliki risiko stroke 14 persen lebih rendah daripada mereka yang sedikit.

Selain itu, senyawa tertentu dalam biji-bijian, seperti serat, vitamin K, dan antioksidan, dapat menurunkan risiko stroke.

Kalori Roti Tawar Putih dan Mentega

Kalori Roti Tawar Mentega-1.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Berbeda dengan kalori roti tawar putih, ia mengandung sekitar 100 kalori per lembarnya. Ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kalori roti tawar gandum pastinya.

Tentu saja untuk kalori roti tawar mentega juga akan bertambah, yakni menjadi sekitar 175 kalori.

Berikut adala fakta-fakta menarik dibalik kalori roti tawar putih, antara lain:

1. Rasanya Lebih Gurih

Terlepas ia juga kaya akan karbohidrat dan protein, roti tawar putih tentu rasanya lebih gurih dan manis.

Ditambah rasa kalori roti tawar mentega membuat rasa roti lebih nikmat untuk disantap.

Untuk mendapatkannya juga lebih mudah dibandingkan harus mencari roti gandum.

Moms bisa mengolah roti tawar ini menjadi kalori roti tawar mentega, ditambahkan meses ataupun potongan buah-buahan.

Terdapat nutrisi yang tak kalah penting pada roti tawar putih, yakni zat besi, niasin, thiamin, riboflavin, dan asam folat.

2. Tidak Cocok untuk Diet

Tanaman krokot membantu diet

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti yang kita tahu, kalori roti tawar mentega lebih tinggi dibandingkan roti gandum.

Ini juga minim serat dan membuatnya menjadi karbohidrat yang cenderung menyebabkan lonjakan glukosa darah.

Akibatnya, roti putih cenderung menyebabkan penambahan berat badan. Sehingga bagi yang sedang diet, kurang cocok mengonsmsi kalori roti tawar putih.

3. Baik untuk Kehamilan

Fakta menarik lainnya, roti tawar jenis ini juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral termasuk vitamin kelompok B tiamin (B1), Niacin (B3) yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Ini mengandung vitamin B Folate (Asam Folat) yang penting untuk kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir.

Sehingga jika ibu hamil sedang mengidam roti, pilihlah roti tawar putih untuk mengganjal perut yang kosong ya, Moms.

Baca Juga: 5 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh, Bisa Meningkatkan Mood!

4. Sumber Energi

Mana yang Lebih Sehat Mentega atau Keju -2.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mentega adalah produk susu yang berasal dari lemak sapi ataupun kambing.

Berbagai jenis mentega tersedia, termasuk mentega asin, tanpa garam, dan juga mentega murni.

Karena konsentrasi lemaknya yang tinggi, mentega memiliki rasa yang kaya dan tekstur yang lembut.

Sehingga roti tawar mentega salah satu bahan bakar tubuh sebagai sumber energi. Sepotong kalori roti tawar mentega memiliki 4,1 gram protein.

Jadi, sangat cocok untuk dimakan saat sarapan ataupun camilan sore hari.

5. Melancarkan Pencernaan

Roti tawar yang ditambah mentega memiliki manfaat tambahan. Di antaranya adalah membunuh bakteri jahat pada usus dan melancarkan pencernaan.

Mentega kaya akan butirat, sejenis asam lemak rantai pendek yang dikaitkan dengan beberapa manfaat.

World Journal of Gastroenterology menemukan, roti tawar mentega dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi peradangan usus. Serta menjaga keseimbangan elektrolit pada tubuh manusia.

Selain itu, ini juga dapat membantu mengobati sindrom iritasi usus besar (IBS), suatu kondisi yang ditandai dengan gejala seperti sakit perut, kembung, sembelit, dan diare.

Karena sifat anti-inflamasi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam mentega dapat bermanfaat dalam mengobati penyakit Crohn.

Baca Juga: Mengenal Ketogenic, Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak

Saat Moms makan roti, tubuh akan memroses bahan bakar energi untuk aktivitas harian.

Jika Moms memilih roti yang terbuat dari biji-bijian, nilai tambahnnya akan mendapatkan sumber serat, yang memberikan manfaat kesehatan dan dapat menurunkan berat badan.

Makan makanan yang berserat dapat membantu merasa lebih kenyang pastinya.

Satu porsi roti juga bisa menjadi sumber mikronutrien penting termasuk thiamin, selenium, dan folat.

Nah, jadi Moms lebih memiliki makan kalori roti tawar putih, roti tawar gandum atau mentega?

https://nutritiondata.self.com/facts/baked-products/4872/2

https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/335240/nutrients

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3070119/

https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/335240/nutrients

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait