Kesehatan Umum

29 September 2021

Ini Jumlah Kalori Ubi Cilembu untuk Sekali Makan, Pas untuk Diet!

Cari tahu juga manfaat ubi Cilembu untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms yang ingin mencoba diet ala idol Korea IU yaitu makan apel di pagi hari, makan siang ubi dan makan malam dengan protein shake? Nah, Moms bisa memilih untuk konsumsi ubi cilembu sebagai makan siangnya. Karena, kalori ubi cilembu diyakini membantu diet yang Moms coba.

Dilansir dari website Institut Teknologi Bandung, ubi jalar seperti Ubi Cilembu, termasuk alternatif sumber karbohidrat setelah padi, jagung, dan ubi kayu (singkong). Nilai ekonominya sangat tinggi. Sehingga kedepannya dapat menjadi alternatif ketika ingin melakukan diversifikasi pangan.

Selain itu, manfaat ubi cilembu pun ada banyak diantaranya efektif dalam mengurangi asupan makanan, mengurangi penambahan berat badan, dan juga meningkatkan aktivitas hormon kenyang dalam tubuh.

Kalori Ubi Cilembu

Ilustrai Ubi

Foto: Orami Photo Stock

Bisa dibilang ubi cilembu adalah pilihan yang tepat bagi Moms yang sedang menjalani program diet atau camilan Si Kecil karena tidak mengandung lemak dan kolesterol. Lalu berapa kalori ubi Cilembu?

Kalori ubi Cilembu berukuran sedang mempunyai panjang sekitar 5 inci dan diameter sebesar 2 inci. Lalu,bagaimana dengan cara pengemasannya? Jika Moms menyukai metode bakar, maka kalori ubi Cilembu bakar sekitar 86 kalori dengan berat 100 gram. Rincian kalori ubi Cilembu bakar seperti dilansir dari fatsecret Indonesia, yakni:

  • 1% lemak
  • 92% karbohidrat
  • 7% protein

Baca Juga: 5 Manfaat Penting Ubi Ungu dan Olahannya untuk MPASI Bayi

The American Dietetic Association pun merekomendasikan menambahkan ubi ke dalam pola makan Moms. Selain dibakar dan dimakan langsung, bisa juga mengolahnya menjadi smoothies atau sebagai bahan pembuat roti dan muffin.

Bila kesulitan untuk memasak dengan metode bakar, Moms bisa mencoba dengan ubi Cilembu yang direbus. Kalori ubi Cilembu rebus tanpa kulit ketika dimasak per 100 gram, yakni:

  • 2% lemak
  • 91% karbohidrat
  • 7% protein

Manfaat Konsumsi Ubi Cilembu

ubi manis sebagai camilan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Setelah ketahui besaran kalori ubi cilembu, berikut ini manfaat konsumsi ubi cilembu yang akan meyakinkan Moms:

1. Sumber Vitamin A

Moms, tahukah bahwa asupan vitamin A sangat penting untuk tubuh. Kekurangan vitamin A bisa berdampak pada kesehatan, diantaranya tubuh menjadi rentan terhadap penyakit menular, rentan gangguan penglihatan serta menurunkan kekebalan tubuh pada ibu hami serta menyusui.

Manfaat konsumsi ubi Cilembu salah satunya merupakan sumber vitamin A karena mengandung kadar beta-karoten yang cukup tinggi. Kandungan ini diyakini mampu membantu tubuh melawan infeksi dan tahan terhadap infeksi lainnya pada tubuh.

Baca Juga: Ini Manfaat Tersembunyi Ibu Hamil Mengkonsumsi Vitamin E

2. Kurangi Risiko Diabetes

Kadar gula darah juga bisa diatur oleh ubi Cilembu, Moms. Utamanya, bagi penderita diabetes tipe I dan tipe II. Kandungan serta dalam ubi juga bisa mengatasi diabetes.

Sekitar 77% serat dalam ubi jalar tidak larut, dan memiliki peran dalam memerangi diabetes. Serat tidak larut ini sangat penting dalam meningkatkan sensitivitas insulin, yang kemudian membantu mengatur jumlah gula dalam darah.

Selain itu, ubi jalar merupakan sumber magnesium yang penting. Kandungan ini dipercaya mampu kurangi risiko diabetes.

3. Cegah Radang Usus

Moms, manfaat konsumsi ubi Cilembu juga miliki sifat anti-inflamasi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa manfaat ubi cilembu dapat mencegah peradangan pada usus besar. Kandungan anthocyanin dan kolin dalam ubi membuatnya menjadi sumber makanan penting untuk mencegah dan mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

Baca Juga: Mengenal Radang Usus, Cari Tahu Penyebab, Gejala, hingga Cara Mengatasinya

4. Atasi Stres

Ubi memiliki kandungan magnesium yang merupakan mineral penting untuk tubuh. Salah satu manfaat magnesium yang paling penting adalah membantu mengurangi stres dan mengatasi kecemasan.

Selain itu, magnesium juga bermanfaat untuk mengurangi insomnia pada orang berusia lanjut. Pasalnya, insomnia adalah salah satu pemicu utama stres, depresi, dan kecemasan.

5. Baik untuk Rambut dan Kulit

Vitamin C dan E yang tinggi juga dikandung oleh ubi Cilembu. Vitamin tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit serta rambut. Bahkan, bisa juga memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar UV.

Selain itu, manfaat ubi cilembu juga mampu memperlambat proses penuaan sel di kulit, sehingga membuat kulit selalu kenyal dan tampak awet muda. Kandungan vitamin E juga sangat berguna untuk mencegah dan perawatan alopecia, serta menjaga kesehatan rambut.

Baca Juga: Kulit Sensitif? Gunakan 5 Rekomendasi Sunscreen Tanpa Alkohol Ini!

6. Baik untuk Pencernaan

Ubi cilembu sangat kaya akan kandungan serat. Kandungan tersebut telah lama dikenal untuk meningkatkan kesehatan usus serta pencernaan. Saat ini banyak obat pelancar pencernaan yang terbuat dari serat.

Oleh karena itu, mengonsumsi ubi Cilembu dapat meningkatkan asupan serat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dari ubi juga dapat membantu mencegah sembelit pada anak-anak dan orang dewasa.

7. Jaga Berat Badan

ntuk kamu yang sedang dalam proses diet mengurangi berat badan, kamu bisa coba diet ala IU, yaitu diet dengan mengonsumsi ubi. Ubi Cilembu mengandung serat yang larut dan dapat difermentasi sehingga membuat rasa kenyang lebih lama.

Kandungan serat pada ubi juga efektif dalam mengurangi asupan makanan, mengurangi penambahan berat badan, dan juga meningkatkan aktivitas hormon kenyang dalam tubuh.

Baca Juga: Baguskah Memakan Ubi untuk Diet?

8. Suburkan Rambut

Untuk memnyuburkan rambut dan juga menyehatkan akar rambut, vitamin A dan C sangat baik untuk dikonsumsi. Oleh karena itu manfaat konsumsi ubi cilembu juga dapat menyuburkan rambut dikarenakan tingginya kandungan vitamin A dan C pada ubi cilembu. Moms juga bisa menjaga kelembaban rambut karena adanya kandungan vitamin E di dalamnya.

9. Jaga Imunitas Tubuh

Adanya kandungan vitamin C dalam ubi cilembu dapat menjaga kuatnya imun tubuh. Imun tubuh yang kuat, baik bagi tubuh agar terhindar dari sakit seperti virus. Oleh karena itu mengonsumsi ubi cilembu baik dipanggang atau direbus akan sangat baik untuk tubuh.

Ubi jalar mengandung kalium. Asupan kalium yang tinggi mungkin tidak cocok untuk orang yang menggunakan beta-blocker. Dokter biasanya meresepkan ini untuk penyakit jantung, dan mereka dapat menyebabkan kadar kalium meningkat dalam darah.

Akan tetapi, selain manfaat, ada juga hal yang harus diperhatikan dalam hal konsumsi ubi Cilembu. Orang dengan masalah ginjal juga harus memperhatikan berapa banyak potasium yang mereka konsumsi. Mengkonsumsi terlalu banyak dapat berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah ginjal.

Misalnya, komplikasi parah dapat muncul jika seseorang dengan gangguan fungsi ginjal mengonsumsi lebih banyak kalium daripada yang dapat diproses oleh ginjalnya.

Risiko lain yang harus diperhatikan adalah bahwa beberapa buah dan sayuran rentan terhadap kontaminasi pestisida. Setiap tahun, Kelompok Kerja Lingkungan memberi peringkat produk menurut kemungkinan kontaminasinya. Pada tahun 2019, ubi jalar menempati peringkat ke-31.

Membeli produk organik atau menanamnya di rumah adalah cara terbaik untuk meminimalkan risiko kontaminasi. Lalu, berapa harga Ubi Cilembu? Untuk ubi cilembu mentah 1 kg berada dikisaran Rp26.000 sampai Rp50.000. Sementara untuk yang matang bisa di Rp25.700 hingga Rp28.000.

Harga Ubi Cilembu amatlah terjangkau sehingga tak ada salahnya Moms mulai memasukkannya ke dalam menu harian dengan begitu bisa memaksimalkan kalori Ubi Cilembu untuk tubuh.

Sudah semakin yakin kan untuk mengonsumsi ubi Cilembu?

  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/search?q=Ubi+Bakar+Cilembu
  • https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-sweet-potatoes
  • https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/view/13362
  • https://www.ewg.org/foodnews/full-list.php
  • https://www.researchgate.net/publication/263966241_Nutrition_value_of_the_sweet_potato_Ipomoea_batatas_L_Lam_cultivated_in_south_-_eastern_Polish_conditions
  • https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/view/13362
  • https://www.itb.ac.id/news/read/56854/home/teliti-mikroba-dalam-ubi-cilembu-agustina-monalisa-raih-doktor-di-sith-itb
  • https://health.gov/our-work/nutrition-physical-activity/dietary-guidelines/previous-dietary-guidelines/2015
  • https://americansweetpotato.org/health-nutrition/
  • http://www.b4fn.org/resources/species-database/detail/ipomoea-batatas/
  • https://jandonline.org/article/0002-8223(94)92619-0/fulltext#relatedArticles
  • https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/sweet-potatoes/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait