3-12 bulan

17 Maret 2021

Ini Dia Kandungan yang Aman dalam Sabun Mandi Bayi, Jangan Sampai Salah Moms!

Pastikan di dalam sabun mandi bayi Si Kecil kandungan aman ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Katharina
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat mandi semua orang membutuhkan sabun yang tepat, sama seperti Si Kecil yang juga membutuhkan sabun mandi bayi khusus untuk menyempurnakan kebersihan diri dan kesehatan kulitnya.

Hal itu disebabkan karena kulit bayi memiliki struktur yang berbeda. Dilansir dari jurnal yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, kulit bayi dan anak-anak lebih halus dan lebih lembut daripada orang dewasa.

Pada bayi, stratum corneum atau lapisan kulit teratas pada epidermis lebih tipis, kemampuan menyerap air berbeda, dan faktor pelembab alami serta produksi lipid kulitnya lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa.

Inilah yang membuat kulit Si Kecil lebih sensitif terhadap iritasi dan peradangan, seperti dermatitis popok dan dermatitis atopik. Oleh karena itu Moms perlu memberikan perawatan kulit yang berbeda untuk anak, termasuk memilih sabun mandi bayi yang tepat.

Sabun mandi bayi yang tepat untuk Si Kecil akan membantu memelihara dan menjaga kelembapan kulitnya.

Para orang tua diharapkan bisa memilih sabun yang bersahabat atau berbahan alami yang direkomendasikan untuk kulit bayi.

Baca Juga: Ketahui 3 Tanda Kulit Bayi Sensitif Berikut Ini

Pertimbangan Dalam Memilih Sabun Mandi Bayi

5 Kandungan yang Aman di Sabun Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Supaya tidak salah pilih, berikut beberapa pertimbangan yang bisa Moms pahami sebelum memilih sabun mandi bayi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Si Kecil.

1. Pahami Kondisi Kulit Bayi

Sebelum pergi membeli sabun, Moms kenali dulu kondisi kulit anak. Kebanyakan bayi dilahirkan dengan kulit yang sehat dan sensitif.

Jadi, sabun mandi bayi yang akan digunakan harus sedekat mungkin dengan alam.

2. PH Seimbang

Perlu diketahui, pH sabun mandi bayi sangat penting untuk Moms perhatikan.

Pilih sabun dengan pH seimbang untuk menjaga tingkat pH kulit bayi sehingga tidak menyebabkan masalah kulit.

Dalam jurnal Pediatric Dermatology, sabun mandi bayi, sebagai salah satu produk perawatan, harus diformulasikan untuk melindungi dan menjaga permukaan kulit bayi dengan pH sekitar 5,5.

Menjaga pH kulit yang sehat dengan benar akan sangat membantu dalam mengobati dan mencegah masalah kulit yang biasa menyerang Si Kecil, seperti jerawat bayi, eksim, kulit kering, dan ruam popok.

3. Terbuat dari Bahan Alami

Dalam memilih sabun mandi bayi, Moms sebaiknya hindari sabun mandi bayi yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Sebaliknya, pilih sabun mandi bayi yang terbuat dari berbagai bahan alami yang membantu memaksimalkan melindungi dan menenangkan kulit bayi.

Dilansir dari WebMD, Harvey Karp MD, menyarankan para orang tua untuk memilih sabun mandi bayi yang mengandung minyak nabati, seperti minyak zaitun hingga minyak almond.

4. Tidak Mengandung Pewarna

Sabun mandi bayi yang terbaik adalah yang tidak mengandung pewarna kimia. Dengan begitu kulit Si Kecil semakin terhindari dari paparan bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya.

5. Teruji klinis

Ini dia syarat memilih sabun mandi yang tidak boleh terlewatkan. Pastikan sabun mandi bayi yang Moms pilih sudah teruji secara dermatologi lembut dan nyaman di kulit bayi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lotion Bayi untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit

Kandungan Alami Aman dalam Sabun Mandi Bayi

Setelah mengetahui beberapa pertimbangan dalam memilih sabun mandi bayi di atas, Moms juga harus mengetahui apa saja kandungan yang aman dalam sabun Si Kecil. Salah satunya adalah minyak alami. Berikut beberapa rekomendasinya!

1. Zaitun

Olive Oil Sumber Lemak Sehat Untuk Memasak MPASI 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sabun mandi bayi yang mengandung minyak zaitun sangat baik untuk Si Kecil, karena minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan dari dalam tubuh.

Asam lemak Omega-3 membantu masalah peradangan kulit, sedangkan asam linoleat membantu meningkatkan pelindung alami kulit anak.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi tahun 2016 menemukan bukti bahwa anak yang dipijat dengan minyak zaitun memiliki kelembapan kulit yang lebih baik daripada mereka yang diberi pijat tanpanya.

Jadi, sabun mandi bayi dengan kandungan minyak zaitun sangat disarankan.

2. Chamomile

chamomile-tea - healthline.com.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms juga bisa mempertimbangkan untuk membeli sabun mandi bayi yang mengandung minyak chamomile. Itu karena chamomile bersifat hipoalergenik meredakan gatal eksim dan ruam lainnya serta membantu mengurangi peradangan kulit yang dialami anak.

Chamomile juga memiliki banyak khasiat kulit yang kuat seperti anti-inflamasi, anti-jamur, antibakteri, antiseptik, dan mengandung minyak esensial dan antioksidan.

3. Almond

manfaat almond untuk bayi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Minyak almond merupakan pelembab dan emolien yang baik untuk tubuh, dan sebagai kandungan di dalam sabun mandi bayi. Kedua kandunagn itu bekerja menjaga kelembapan kulit bayi sekligus melindunginya dari iritasi dari dalam.

Minyak almond sendiri sudah dipercaya selama bertahun-tahun untuk mengobati masalah kondisi kulit kering, termasuk eksim dan ruam merah. Kalau Moms menemukan sabun mandi bayi dengan kandungan minyak almond, jangan ragu untuk dipilih.

4. Mawar

masker-air-mawar.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata minyak mawar memiliki kandungan tinggi lemak yang baik untuk kulit bayi dan cocok sebagai bahan utama sabun mandi bayi. Minyak mawar membantu membangun kulit Si Kecil semakin sehat dari hari ke hari.

Minyak mawar juga membantu menenangkan kemerahan dan iritasi pada bayi eksim, ruam, dan masalah kulit lainnya.

5. Madu

xx manfaat madu klanceng

Foto: Orami Photo Stock

Madu kini jadi salah satu kandungan bahan alami yang mudah ditemukan dalam sabun mandi bayi. Semua itu karena madu memiliki manfaat baik untuk kulit Si Kecil.

Kandungan madu dalam sabun mandi bayi memiliki sifat antioksidan dan pelembab yang bermanfaat mengatasi masalah kulit kering atau rusak. Sifat antimikroba dalam madu juga membantu membunuh bakteri yang dapat menyebabkan masalah kulit lain dan membantu penyembuhan kulit anak lebih cepat.

Baca Juga: Bolehkah Memandikan Bayi Menggunakan Air Dingin?

Pilihan Sabun Bayi yang Aman

Dengan mengetahui pertimbangan dan kandungan yang aman dalam sabun mandi bayi, kini saatnya Moms mencari produk sabun mandi bayi yang tepat dan memenuhi semua persyaratam di atas.

Moms bisa mencoba sabun mandi bayi dari rangkaian Cussons Baby Wash. Sabun mandi bayi ini hadir dengan beragam bahan pilihan yang lembut, bisa digunakan sebagai sampo, cocok untuk membersihkan tubuh, dan aman untuk kulit Si Kecil, mulai dari bayi baru lahir hingga anak-anak usia 5 tahun.

Untuk bayi baru lahir dari usia 0-6 bulan, Moms bisa coba sabun bayi Cussons Baby Newborn Hair & Body Wash yang terbuat dari minyak zaitun organik, minyak chamomile alami, dan air murni. Kandungannya telah teruji secara hypoallergenic dengan pH seimbang dan 0% sabun & pewarna.

Sedangkan untuk anak usia 6-24 bulan, ada dua pilihan sabun mandi bayi dari Cussons Baby Wash yang bisa dicoba. Ada Cussons Baby Soft & Smooth Milk Bath, sabun bayi yang mengandung minyak almond dan minyak mawar, serta Cussons Baby Mild & Gentle Hair & Body Wash, sabun bayi dengan kandungan madu dan chamomile.

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir, Panduan untuk Ibu Baru

Cussons Baby Wash juga hadir untuk anak usia 3-5 tahun dengan sabun mandi bayi Cussons Baby Wash Happy Fresh yang diformulasikan dengan fresh boost dan diperkaya fruity citrus.

Semua sabun mandi bayi dari Cussons sudah teruji secara dermatologi lembut dan nyaman di kulit bayi, serta aman jika terkena mata. Kandungan pH juga seimbang sehingga membuat Cussons Baby Wash jadi pilihan sabun bayi yang sangat direkomendasikan.

Jadilah orang tua pintar yang mampu menjaga kesehatan Si Kecil, termasuk kesehatan kulitnya dengan memilih sabun mandi bayi yang tepat.

(ADV)

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait