Parenting Islami

14 September 2021

5+ Kandungan Surat Al Lahab, Salah Satu Mukjizat dan Bukti Kenabian Rasulullah SAW

Kandungan surat al lahab yang utama adalah peringatan bagi pencela rasul
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Meski memiliki ayat yang sedikit, ternyata kandungan surat Al Lahab begitu luas. Misalnya hasil dari penelitian Repository UIN Sumatera Utara tercatat bahwa salah satu kandungannya adalah memiliki nilai pendidikan secara global, yaitu pendidikan akidah dan akhlak.

Kandungan surat tersebut akan diketahui setelah terlebih dahulu mengetahui tafsirnya secara umum, terlebih jika melakukan pendalaman ayat. Namun, surat tersebut menekankan tentang balasan bagi orang yang mendapatkan hukuman paling ringan di neraka.

Baca Juga: Ini Hukum Merawat Orang Tua dalam Islam, Insya Allah Ganjarannya Surga!

Mengenal Surat Al Lahab

Kandungan Surat Al Lahab -1.jpg

Foto: Rezaervani.com

Surat Al Lahab adalah surat ke-111 di dalam Alquran. Terdiri dari 5 ayat, surat ini termasuk dalam kategori Makkiyah. Nama surat ini didasari oleh seseorang yang memiliki julukan Abu Lahab yang suka menyakiti Rasulullah SAW dan balasan baginya adalah neraka yang apinya bergejolak.

Kata Lahab (لهب) sendiri berarti api bergejolak dari Bahasa Arab. Azab bagi Abu Lahab disebutkan di ayat tiga surat itu. Selain itu, surat ini disebut juga surat Al Masad sesuai sifat istri Abu Lahab. Juga dinamakan Surat Tabbat karena firman Allah ini diawali dengan kata tersebut.

Sebenarnya, Abu Lahab yang memiliki nama asli Abdul Uzza bin Abdul Muthallib ini masih paman Nabi Muhammad SAW. Dia memiliki julukan Abu Lahab karena sering mengikuti beliau dari belakang dan mendustakannya dengan mempengaruhi orang-orang untuk menolak dakwah Nabi Muhammad SAW.

Surat Al Lahab ini merupakan ancaman balasan dari Allah untuk Abu Lahab dan istrinya yang juga tak kalah sengit menyakiti Rasulullah. Bahwa kelak, Abu Lahab akan masuk neraka dan mendapatkan siksa yang sangat pedih.

Baca Juga: 3+ Macam-macam Najis dalam Islam dan Cara Membersihkannya, Catat!

Tafsir Surat Al Lahab

Kandungan Surat Al Lahab -2.jpg

Foto: Islam4u.pro

Sebelum mengetahui kandungan Surat Al Lahab, dalam pembahasan ini akan memuat tafsir surat Al Lahab berdasarkan rangkuman dari Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Fi Zhilalil Quran, Tafsir Al Azhar, Tafsir Al Munir dan Tafsir Al Misbah.

Dalam ayat pertama, Kata tabbat (تبت) mengandung arti keputusan atau kepastian yang pada umumnya berakhir dengan kebinasaan. Yadaa (يدا) artinya adalah kedua tangan. Namun yang binasa dari Abu Lahab bukan hanya tangannya, namun keseluruhan dirinya. Ini adalah bentuk majazi.

Awalnya ia dijuluki Abu Lahab karena wajahnya mengkilap. Namun kata lahab (لهب) juga berarti kobaran api yang menyala dan sudah tidak memiliki asap lagi. Setelah Nabi Muhmmad SAW diutus dan dia menyakiti beliau, nama Lahab mengisyaratkan bahwa ia akan dibakar api bergejolak di neraka.

Kata aghna (أغنى) pada ayat kedua merupakan bentuk lampau. Seakan-akan tidak bergunanya harta dan usahanya di masa datang sudah tidak berguna bagi Abu Lahab. Maa kasab (ما كسب) dalam ayat ini menurut Ibnu Abbas dan Aisyah adalah anak.

Kata lahab (لهب) ini artinya kobaran api yang menyala dan sudah tidak memiliki asap lagi. Dan dengan itulah Abu Lahab akan diazab. Ayat ini menjelaskan kebinasaan Abu Lahab karena akan dimasukkan ke dalam neraka. Yang apinya, menurut Ibnu Katsir, menyala dengan hebatnya dan sangat membakar.

Istri Abu Lahab bernama Ummu Jamil. Nama aslinya adalah Arwah binti Harb bin Umayyah, saudara perempuan Abu Sufyan. Seperti suaminya, Ummu Jamil juga sangat sering menyakiti Rasulullah SAW.

Kalimat hammaalatal hathab (حمالة الحطب) juga berarti pembawa isu dan fitnah. Ummu Jamil suka mengejek Rasulullah SAW sebagai orang fakir dan banyak fitnah lainnya yang dapat diibaratkan dengan kayu bakar untuk membakar fitnah kepada nabi Muhammad SAW.

Kata jiid (جيد) pada ayat ini artinya adalah leher. Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan keindahan leher perempuan yang dihiasi dengan kalung. Kata masad (مسد) adalah sejenis tali yang berasal dari pohon Al Masad yang tumbuh di Yaman dan dikenal sangat kuat.

Ayat ini menggambarkan betapa hinanya dia. Bagian tubuh yang seharusnya indah justru terjerat dengan tali yang terbuat dari sabut. Syaikh Wahbah Az Zuhaili mengatakan, surat Al Lahab ini menjelaskan bentuk siksa Abu Lahab dan istrinya Ummu Jamil.

Baca Juga: Ini Adab Bersin dan Menguap dalam Islam, Moms Wajib Tahu!

Kandungan Surat Al Lahab

Kandungan Surat Al Lahab -3.jpg

Foto: Brookings.edu

Setelah mengetahui tafsirnya, kandungan surat Al Lahab juga tidak kalah penting untuk dipahami. Beberapa di antaranya yakni:

  1. Surat Al-Lahab mengandung berita gaib bahwa Abu Lahab akan merugi, binasa dan juga celaka. Hal itu benar-benar terjadi karena dirinya mati mengenaskan saat sakit, dan kemudian membuat jijik teman-temannya.
  2. Surat Al Lahab juga menjelaskan istri Abu Lahab yang suka menghina Rasulullah SAW. Leher yang seharusnya dikalungi dengan perhiasan indah, justru akan dikalungi tali sari sabut atau tali dari besi neraka.
  3. Surat Al Lahab adalah salah satu mukjizat dan bukti kenabian Rasulullah SAW.
  4. Hingga akhir hayatnya, Abu Lahab tidak masuk Islam baik secara lahir maupun batin. Maka dia benar-benar menjadi orang yang binasa dan juga celaka seperti ditegaskan surat ini.
  5. Abu Lahab begitu membanggakan harta dan anak-anaknya. Namun apa yang dikatakannya hanyalah angan-angannya. Harta dan anak-anak serta apa yang ia usahakan setelah turunnya ayat ini sama sekali tidak bermanfaat baginya. Sama sekali tidak akan bisa menyelamatkannya dari kebinasaan.
  6. Surat ini menunjukkan betapa luar biasanya ilmu Allah. Bahwa Alquran dan Rasulullah SAW selalu benar meskipun Abu Lahab mendustakannya. Seandainya Abu Lahab pura-pura masuk Islam, ia mungkin punya amunisi untuk menuduh bahwa Alquran keliru. Tapi Abu Lahab benar-benar selalu menentang Rasulullah dan pada akhirnya binasa seperti firman Allah di surat ini.

Demikian tafsir dan kandungan surat Al Lahab ini, semoga dapat dipetik pelajaran dan terhindar dari melakukan hal-hal yang tercela.

  • http://repository.uinsu.ac.id/7253/
  • https://bersamadakwah.net/surat-al-lahab/
  • https://www.smol.id/hikmah/pr-71610881/inilah-isi-kandungan-surah-al-lahab?page=all
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait