Fashion & Beauty

28 Mei 2021

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Kantung Mata Hitam dengan Bahan Alami

Cara paling sederhana untuk mengatasi mata panda adalah dengan banyak minum air putih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Kantung mata hitam sering kali terjadi pada wanita. Moms mungkin termasuk orang yang sedang mengalaminya dan ingin terbebas dari masalah kantung mata hitam itu, bukan?

Hal ini karena kantung mata hitam dapat berdampak pada penampilan, bahkan menurunkan rasa percaya diri. Jadi, mari simak informasi seputar kantung mata hitam dan cara mengatasinya, Moms.

Penyebab Kantung Mata Hitam

Penyabab Kantung Mata Hitam

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip laman Medical News Today, area di bawah mata bisa tampak lebih gelap karena penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan hiperpigmentasi, atau penipisan kulit di sekitar mata.

Beberapa penyebab kantung mata hitam, antara lain:

  • Kurang tidur atau kebiasaan tidur yang buruk
  • Alergi, termasuk demam
  • Hiperpigmentasi, yang terjadi saat tubuh memproduksi lebih banyak melanin
  • Berkurangnya kadar jaringan lemak di sekitar mata
  • Kulit menipis di bawah mata
  • Anemia karena kekurangan zat besi
  • Paparan sinar matahari berlebihan
  • Kebiasaan atau sering menggosok mata
  • Penuaan
  • Merokok
  • Genetika atau faktor keturunan
  • Kondisi tiroid
  • Dehidrasi
  • Infeksi kulit
  • Pengobatan tetes mata untuk glaukoma, seperti bimatoprost

Selain itu, ada beberapa faktor risiko munculnya kantung mata hitam, seperti:

  • Pengaruh Usia Lanjut

Hilangnya jaringan lemak dan penipisan kulit di sekitar mata adalah bagian dari proses penuaan. Perubahan ini dapat membuat lingkaran hitam tampak lebih jelas pada orang dewasa yang lebih tua.

Air mata yang keluar di bagian bawah mata dapat menyebabkan lingkaran hitam dan kondisi ini biasanya berhubungan dengan penuaan.

  • Etnis Bukan Kulit Putih

Kantung mata hitam juga sering terjadi pada orang dengan warna kulit lebih gelap, dan lebih banyak memengaruhi orang kulit berwarna daripada orang kulit putih. Faktor risiko ini diduga akibat perubahan pigmentasi.

  • Genetika

Kantung mata hitam bisa terjadi secara turun-temurun. Penelitian telah menemukan bahwa jika seseorang memiliki lingkaran hitam di bawah matanya, ini juga muncul pada beberapa anggota keluarga lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Mata Panda, Ampuh!

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam

Kantung mata hitam memang sangat mengganggu penampilan. Memang sih bisa diatasi dengan penggunaan makeup, tapi hal ini hanya untuk sementara saja.

Lalu bagaimana caranya mengatasi kantung mata hitam sepenuhnya dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan? Yuk cari tahu di sini!

1. Es Batu

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam dengan Es Batu

Foto: Orami Photo Stock

Terapi es batu memang sudah cukup dikenal, tak hanya untuk urusan jerawat saja tetapi juga untuk mengatasi lingkar hitam pada mata. Hal ini pun telah diuji melalui penelitian yang membuktikan bahwa penggunaan es batu untuk mengompres akan memberikan kesegaran bagi kulit dan dapat menghilangkan kantung mata hitam.

Caranya pun cukup mudah, cukup dengan menempelkan es batu yang dibungkus dengan waslap kemudian tempelkan pada mata selama kurang lebih 15 menit saja. Rasakan sensasi dingin yang akan membuat mata Moms lebih segar.

Baca Juga: 7 Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

2. Kantung Teh

shutterstock 123650005

Foto: Orami Photo Stock

Selain mudah, cara ini juga tergolong murah dan sederhana. Tahukah Moms bahwa ternyata dengan menggunakan kantung teh dapat membantu Moms mengatasa si mata panda.

Tak hanya itu lho, kantung teh yang mengandung zat tanin ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk perawatan kulit, yaitu mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Cukup dengan siapkan kantung teh, celupkan pada air dingin lalu gunakan untuk mengompres mata Moms selama 20 menit.

Baca Juga: 13 Manfaat Masker Putih Telur untuk Perawatan Wajah

3. Mentimun

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam dengan Mentimun

Foto: Orami Photo Stock

Sangat mudah untuk menemukan sayuran yang satu ini, dan selain mudah ditemui timun juga kaya akan manfaat, tak hanya bagi tubuh namun juga bagi wajah.

Timun yang dihaluskan dapat menjadi masker wajah, sedangkan timun yang diiris tips dapat digunakan sebagai kompres mata Moms. Tak hanya akan menjadi cerah, bawah mata juga akan menjadi lebih putih, lho.

Baca Juga : Bukan Hanya Karena Kurang Tidur, Ini Penyebab Lainnya Mata Bengkak

4. Bengkuang

shutterstock 311521226

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya mentimun dan bengkuang, ternyata tomat juga dapat Moms gunakan untuk menghilangkan kantung mata hitam. Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan tomat juga sama kok dengan mentimun.

Cukup dengan memotong tomat yang sudah dibersihkan lalu tempelkan pada mata Moms. biarkan selama 30 menit dan lebam pada mata Moms akan berkurang.

Baca Juga: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah dan Resepnya, Yuk Cari Tahu!

5. Bengkuang

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam dengan Bengkuang

Foto: Orami Photo Stock

Bengkuang memang terkenal khasiatnya untuk mencerahkan kulit, namun ternyata tak hanya itu lho Moms. Bengkuang ternyata dapat mengatasi mata panda.

Caranya dengan menghaluskan bengkuang yang telah dikupas dan dicuci bersih, letakkan pada waslap lalu tempelkan pada area mata. Sensasi dingin yang dihasilkan bengkuang nantinyalah yang akan menyegarkan kembali area disekitar mata Moms sehingga mata akan terasa lebih segar saat dibuka.

Baca Juga: 6 Resep DIY Masker Oatmeal untuk Mencerahkan Wajah, Wajib Coba!

6. Air Mawar

shutterstock 402391345

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya adalah air mawar, rendam kapas pada air mawar dingin. Kemudian gunakanlah kapas tersebut untuk mengompres mata 5-10 menit.

Moms tak perlu membilasnya, karena air mawar dapat memelihara dan melembabkan kulit. Tak hanya itu, ternyata air mawar juga dapat membantu mengurangi bengkak dan mencerahkan area bawah mata, Moms.

Baca Juga: 7 Cara Menggunakan Air Mawar untuk Kecantikan Kulit

7. Air Putih

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam dengan Air Putih

Foto: Orami Photo Stock

Cara berikutnya yang paling sederhana untuk mengatasi mata panda adalah dengan banyak minum air putih. Tahukah Moms bahwa tubuh perlu selalu terhidrasi supaya retensi air juga dapat dicegah. Air tersebut juga akan mengeluarkan racun dari tubuh.

Tak hanya saat berkantung mata saja, tetapi lakukanlah kebiasaan ini setiap hari. Moms juga sebaiknya menghindari minuman yang berkafein agar terhindar dari kantung mata hitam.

Baca Juga: 3 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

Perawatan Medis untuk Kantung Mata Hitam

Perawatan Medis untuk Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms telah mencoba cara-cara di atas, tetapi masalah kantung mata hitam tak kunjung teratasi. Moms mungkin dapat memertimbangkan perawatan medis sebagai solusinya.

Adapun jenis perawatan medis yang dapat dilakukan untuk mengatasi kantung mata hitam, yaitu:

  • Krim Topikal

Krim dengan kandungan agen pencerah dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi. Dalam hal ini, bahan-bahan yang dimaksud, yaitu hidrokuinon, tretinoin, atau kombinasi dari keduanya. Untuk melihat hasilnya, Moms mungkin perlu menggunakan krim topikal tersebut selama 3 bulan.

  • Asam Kojic

Asam kojic dinilai cukup efektif dalam mengatasi kantung mata hitam. Asam kojic adalah produk alami yang berasal dari dua spesies jamur. Namun, perlu diketahui bahwa efek samping asam kojic dapat berupa dermatitis kontak dan kemerahan pada kulit.

Baca Juga: 6 Bahan Skincare yang Ampuh Hilangkan Jerawat

  • Asam Azelaic

Moms mungkin dapat menggunakan asam azelaic untuk mengobati hiperpigmentasi di bawah mata sehingga kantung mata hitam dapat teratasi. Tenang saja, bahan ini aman digunakan dalam waktu lama kok, Moms.

  • Vitamin C

Sebuah studi mengamati efek losion yang mengandung vitamin C sebanyak 10% dalam pengobatan lingkaran hitam, pada kurun waktu 6 bulan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan vitamin C secara topikal, misalnya melalui losion terbukti cukup efektif dalam meringankan kegelapan di bawah mata.

  • Pengelupasan Kimiawi

Pengelupasan kimiawi, menggunakan asam alfa hidroksi, seperti asam glikolat, dapat membantu meringankan hiperpigmentasi di bawah mata.

Sebagai alternatif lain, Moms juga dapat menggunakan pengelupasan kimia yang dikombinasikan dengan krim topikal untuk efek yang lebih baik.

  • Laser

Terapi laser dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk kantung mata hitam. Prosedur laser yang kurang invasif, seperti pewarna berdenyut atau laser dioda, dapat mengurangi risiko jaringan parut atau potensi efek samping lainnya.

Baca Juga: Manfaat, Prosedur, dan Biaya Laser Vagina untuk Mengencangkan Otot Organ Intim Usai Melahirkan Normal

  • Filler

Jika penipisan kulit atau hilangnya jaringan lemak menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, filler bisa menjadi pilihan yang potensial. Dokter kecantikan akan menyuntikkan plasma kaya trombosit atau gel asam hialuronat ke area di bawah mata untuk mengatasi kantung mata hitam.

  • Operasi

Jenis operasi yang disebut blepharoplasty dapat menghilangkan lingkaran hitam yang disebabkan oleh timbunan lemak atau kulit berlebih di sekitar area mata.

Namun, perlu Moms ingat bahwa area di bawah mata sangat sensitif. Jadi, sebaiknya Moms mendiskusikan kemungkinan efek sampingnya terlebih dahulu pada ahli.

Pastikan juga bahwa hanya dokter kulit bersertifikatlah yang dapat melakukan prosedur medis untuk area ini.

Nah, itu dia cara mengatasi kantung mata hitam yang dapat Moms coba. Semoga bermanfaat, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait