Newborn

15 November 2021

Kapan Bayi Bisa Melihat Jelas? Ketahui Tahap Perkembangan Penglihatan Si Kecil, Moms!

Apa benar saat bayi baru lahir, ia sensitif terhadap cahaya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Ketika melihat Si Kecil yang baru lahir sudah bisa membuka matanya sebagai orang tua pasti Moms dan Dads begitu senang sekaligus bertanya-tanya apakah ia sudah bisa mengenali orang yang dilihatnya? Sebenarnya, kapan bayi bisa melihat, ya?

Sesungguhnya, ketika bayi membuka mata dan melihat ke orang-orang sekitarnya, ia belum mampu melihat secara jelas. Ya, daya penglihatannya masih terbatas dan belum sempurna.

Butuh waktu beberapa bulan seiring perkembangan indera penglihatannya sehingga ia dapat melihat sesuatu dengan jelas.

Ketika lahir, bayi belum mampu memfokuskan penglihatannya terhadap objek dalam jarak dekat. Ia bisa melihat atau menatap Moms, tapi belum bisa fokus.

Namun tak perlu khawatir. Penelitian menunjukkan, dalam dalam beberapa hari kemudian, bayi sudah dapat mengenali wajah ibunya, daripada wajah orang yang masih asing baginya.

Selain mengenali wajah ibu, jurnal School of Psychology, University of New South Wales juga menyebutkan bahwa, bayi telah mengenali suara ibu mereka saat lahir.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Berguling Sendiri?

Kapan Bayi Bisa Melihat?

kapan bayi bisa melihat

Foto: Orami Photo Stock

Moms dan Dads mungkin bertanya-tanya, kapan bayi bisa melihat? Jawabannya, bayi bisa melihat dengan jelas ketika mereka menginjak usia 12 bulan dan akan berkembang sepenuhnya sampai ia berusia antara usia 3 hingga 5 tahun.

Tentu saja, perkembangan indera penglihatan bayi tidak bisa berlangsung instan. Diperlukan beberapa tahap perkembangan hingga pada akhirnya ia dapat melihat dunia dengan jelas.

Sama seperti aspek penting lainnya dari pertumbuhan dan perkembangan, penglihatan bayi akan berubah dan membaik setiap harinya.

Saat lahir, bayi dapat mendeteksi cahaya dan gerakan, kemudian dapat melihat wajah dan bentuk besar. Pada akhir bulan pertama, bayi dapat melakukan kontak mata dan fokus pada objek yang berjarak sekitar 12 inci.

Penglihatan bayi Moms dan Dads pun akan meningkat secara lebih baik selama tahun pertama kehidupan mereka.

Baca Juga: Normalnya, Kapan Bayi Bisa Tengkurap?

Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi Baru Lahir

Usai mengetahui kapan bayi bisa melihat dengan jelas, Moms dan Dads juga perlu tahu bagaimana tahap perkembangan kemampuan bayi untuk melihat. Yuk, simak uraian berikut ini!

1. Usia 0-1 bulan

penglihatan bayi 0-1 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Bayi baru lahir hanya mampu melihat warna hitam dan putih serta bayangan abu-abu. Kenapa demikian? Karena sel-sel saraf pada retina belum berkembang dengan sempurna.

Pada bulan pertama ini, bayi belum terlalu sensitif terhadap cahaya. Jadi, Moms tak perlu cemas bila menyalakan lampu saat ia tidur. Ya, karena bayi takkan terganggu.

Nah, pada minggu pertama, bayi mulai mampu melihat warna, mulai merah, jingga, kuning, dan hijau. Sedangkan, untuk mampu melihat warna biru dan ungu, bayi tubuh waktu lebih lama.

Pasalnya, cahaya biru memiliki panjang gelombang yang pendek. Di sisi lain, jumlah reseptor warna biru pada manusia ternyata lebih sedikit.

2. Usia 1-2 bulan

bayi usia 2 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Pada usia 1-2 bulan, koordinasi kedua mata Si Kecil belum optimal. Alhasil, Moms mungkin melihat mata anak tampak juling (strabismus).

Tapi, jangan khawatir karena itu hal yang normal. Akan tetapi, bila kondisi itu terlalu sering terjadi, bahkan konsisten atau perbedaannya cukup besar, maka Moms sebaiknya membawa Si Kecil ke dokter mata untuk untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Duduk? Ini Hal-Hal yang Perlu Moms Ketahui

3. Usia 2-3 Bulan

bayi usia 3 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Pada rentang usia ini, penglihatan bayi makin berkembang. Penglihatannya semakin tajam. Kedua matanya mulai bekerja sama untuk melihat objek lebih jelas.

Si Kecil mulai mampu mengikuti pergerakan sesuatu mencoba untuk meraih objek yang dilihatnya. Bayi juga mulai belajar untuk mengalihkan pandangannya dari satu objek ke objek lain tanpa menggerakkan kepala.

Di usia ini pula, bayi jadi lebih sensitif terhadap cahaya. Maka Moms jangan lupa untuk meredupkan lampu kamarnya agar bayi tidur nyenyak, ya.

4. Usia 4-6 Bulan

bayi usia 4 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Pada rentang usia 4-6 bulan, otak bayi yang mengatur penglihatan berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, Si Kecil dapat melihat lebih tajam dan mampu menggerakkan bola mata lebih cepat dan bisa fokus saat mengikuti suatu objek.

Ia sudah mampu melihat warna seperti orang dewasa.

Si Kecil juga mulai memiliki koordinasi tangan dan mata yang lebih baik. Alhasil, ia mampu mengambil suatu benda dan mengarahkan ke mulutnya dengan tepat.

Baca Juga: Bayi Berenang: Kapan Usia yang Tepat dan Apa Saja Manfaatnya?

5. Usia 5-6 Bulan

Bayi 6 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Pada usia 5 bulan, Si Kecil mulai mengenal depth perception, yaitu bayi akan mulai dapat mengenali jarak antara suatu objek dengan objek lainnya.

Di usia ini bayi mulai mampu melihat secara tiga dimensi. Nah, usia 6 bulan ini adalah waktu yang tepat untuk memeriksakan matanya ke dokter, untuk mengetahui apakah ada gangguan mata pada Si Kecil.

Baca Juga: Benarkah Nonton TV Tidak Baik Bagi Perkembangan Bayi? Ketahui Efek Sampingnya

6. Usia 7-12 Bulan

anak 1 tahun

Foto: Orami Photo Stock

Si Kecil mulai dapat merangkak dan mulai belajar untuk mengoordinasikan penglihatan dengan gerakan tubuhnya. Ia semakin baik dalam menentukan jarak serta lebih akurat dalam mengambil dan melempar suatu objek.

Maka pada rentang usia ini, Moms mau tak mau harus memberikan perhatian ekstra untuk menjaga Si Kecil dari cedera karena ia akan suka menjelajah lingkungannya.

Hal penting yang perlu diperhatikan Moms adalah mewaspadai gangguan penglihatan pada Si Kecil. Masalah ini dapat menghambat perkembangan anak.

Oleh sebab itu, Moms perlu menyadari gangguan penglihatan sedini mungkin. Maka, pahami perkembangan penglihatan mata Si Kecil sehingga Moms pun mengenali potensi terjadinya gangguan pada matanya.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai kapan bayi bisa melihat dan tahap perkembangan penglihatan Si Kecil.

Untuk memastikan Si Kecil tumbuh dan berkembang sesuai usianya, Moms bisa pantau tinggi dan berat badannya dengan fitur Growth Tracker di Orami App!

Pada fitur Growth Tracker ini, Moms dapat mengetahui apakah berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala Si Kecil tetap berada dalam batas yang normal, atau justru berisiko dan perlu berkonsultasi ke dokter.

Yuk, coba fiturnya dengan meng-klik gambar di bawah ini, ya!

  • https://journals.sagepub.com/doi/10.1068/p221133
  • https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-health-for-life/infant-vision?sso=y
  • https://www.babycenter.com/baby/newborn-baby/when-will-my-baby-see-clearly_1368493
  • https://www.healthline.com/health/parenting/when-do-newborns-start-to-see
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait