Pasca Melahirkan

11 Juni 2021

Kapan Boleh Naik Motor setelah Operasi Caesar?

Moms harus konsultasikan dengan dokter kandungan juga ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kapan boleh naik motor setelah operasi caesar merupakan pertanyaan pertama yang akan muncul terutama bila aktivitas sehari-hari Moms melibatkan kendaraan roda dua tersebut. Terutama, hal tersebut akan menjadi perhatian bagi orang tua baru seperti Moms dan Dads.

Dilansir dari American Pregnancy Association, hari-hari setelah kelahiran bayi, masa nifas, bisa menjadi salah satu saat yang paling menantang bagi para ibu dan keluarga. Periode ini bisa menjadi lebih menantang bagi Moms yang melahirkan dengan operasi caesar. Penting bagi ibu untuk merawat dirinya sendiri setelah melahirkan dengan operasi caesar.

Secara khusus, Moms yang melahirkan operasi Caesar sering diberitahu tentang apa yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan dengan aman selama periode awal postpartum. Rekomendasi ini membantu mencegah sayatan operasi Caesar dibuka kembali dan mengalami komplikasi tak terduga lainnya.

Kapan Boleh Naik Motor setelah Operasi Caesar?

Ilustrasi Operasi Caesar

Foto: Orami Photo Stock

Tingkat aktivitas Moms harus dijaga tetap rendah sampai dokter kandungan menyarankan peningkatan aktivitas. Awalnya, Moms harus menghindari mengangkat apapun yang lebih berat dari bayi, serta menghindari sebagian besar pekerjaan rumah. Namun, kapan boleh naik motor setelah operasi Caesar?

Moms mungkin ingin segera naik motor setelah operasi Caesar, terutama jika tidak ada orang yang dapat membantu, seperti berbelanja atau pergi ke dokter untuk check rutin Si Kecil untuk imunisasi apalagi bila memang Moms dan Dads merantau tak seorang saudara yang membantu.

Pada fase awal pemulihan, Moms dapat memulai aktivitas sehari-hari dan berkegiatan ringan di dalam rumah. Namun, dilansir dari The Association College of Obstetrics and Gynecologist (ACOG), tidak disarankan untuk langsung beraktivitas berat dan mengangkat beban berat, karena hal ini memerlukan kontraksi otot, dan dikhawatirkan dapat memperlambat proses penyembuhan operasi caesar.

Aktivitas berat dapat dilakukan setidaknya 6 minggu pascaoperasi. Ditambah, saat pemulihan Moms akan mengalami kram ringan saat menyusui, pendarahan seusai melahirkan selama 4 hingga 6 minggu, hingga nyeri di sayatan.

Baca Juga: Ini Cara Tepat Mengecilkan Perut Pasca Operasi Caesar

Untuk mencegah infeksi, selama beberapa minggu setelah kelahiran caesar Moms pun tidak boleh memasukkan apapun ke dalam vagina atau berhubungan seks setelah operasi caesar. Berikan waktu untuk memulihkan diri sebelum melakukan aktivitas berat apa pun.

Lalu kapan boleh naik motor setelah operasi Caesar? Sebetulnya yang perlu ditunggu pascaoperasi Cesar ialah pemulihan luka dari irisan operasi yang biasanya menyembuh dalam waktu 4-6 minggu bergantung kepada tingkat percepatan pemulihan luka seseorang. Angka ini tidaklah mutlak namun hanya perkiraan.

Demikian pula jika Moms yang sudah 25 hari dalam masa pemulihan mungkin saja luka sudah pulih sehingga risiko infeksi lebih rendah. Tapi, biasanya kapan boleh naik motor setelah operasi Caesar tetap pada keputusan dokter kandungan

Lantaran, sejatinya dokter kandungan memang menganjurkan pasien untuk tidak beraktivitas berat seperti misalnya mengendarai motor jarak jauh, hingga tubuh benar-benar pulih yang biasanya memakan waktu hingga 3 bulan lamanya.

Jika Moms ingin dibonceng naik motor, meskipun bukan aktivitas berat, sebaiknya jangan terlalu lama dibonceng di motor karena ditakutkan dapat berpengaruh pada jahitan dan memperlambat proses penyembuhan karena baru 5 hari pasca operasi.

Kekhawatiran tentang kapan boleh naik motor setelah operasi Caesar terlalu cepat berpusat pada kemampuan fisik dan risiko yang terkait dengan pengaruh obat penghilang rasa sakit. Operasi caesar adalah operasi besar, yang berarti ada risiko serius dan efek samping selama masa pemulihan. Tidak jarang rentang gerak Moms dibatasi oleh operasi karena lokasi sayatan dan otot yang terpengaruh selama prosedur.

Baca Juga: 6 Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Merawat Bekas Luka Operasi Caesar

Hal-Hal yang Harus Diketahui dalam Pemulihan Operasi Caesar

Hal-hal yang harus dilakukan saat pemulihan operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Setiap orang berbeda, jadi periode pemulihan pascapersalinan Caesar mungkin tidak sama dengan saudara perempuan atau sahabat bahkan jika kalian semua menjalani operasi caesar. Namun, ada banyak hal yang dapat Moms lakukan untuk membantu proses pemulihan sambil menunggu kapan boleh naik motor setelah operasi Caesar.

Dilansir dari Healthline, Pastikan untuk sering istirahat dan minum banyak cairan untuk menggantikan apa yang hilang selama operasi caesar dan proses persalinan dengan operasi Caesar.

Dan jangan merasa seperti Moms harus menanggung rasa sakit yang luar biasa. Kendalikan ketidaknyamanan dengan minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas atau pilihan resep yang aman seperti yang direkomendasikan oleh dokter kandungan.

Meskipun Moms harus menghindari olahraga berat, jalan-jalan ringan tidak apa-apa. Jalan kaki juga membantu mencegah sembelit dan pembekuan darah. Selain itu, pastikan Moms makan makanan sehat. Selain menyembuhkan tubuh, Moms juga memiliki manusia kecil baru yang membutuhkan perhatian dirimu.

Makan makanan dengan banyak protein dan sayuran dapat memberi bahan bakar yang Moms perlukan untuk melewati hari-hari yang sulit itu dan bahkan mendorong cinta sayuran sehat di masa depan di antara bayi yang disusui.

Baca Juga: Bolehkah Hamil Lagi Setelah Operasi Caesar Berulang?

Jadi, kapan boleh naik motor setelah operasi Caesar adalah hal yang harus dibicarakan dengan dokter kandungan. Walaupun sudah merasa tidak apa-apa dengan luka akibat operasi Caesar bukan berarti Moms bisa lepas untuk beraktivitas tanpa memikirkan hal-hal yang harus diketahui dalam pemulihan operasi Caesar.

  • https://totalwomenscycling.com/lifestyle/cycling-after-pregnancy
  • http://www.thepregnancycentre.com.au/post-pregnancy/well-being/what-is-safe-to-do-after-a-caesarian-section
  • https://community.babycenter.com/post/a66884563/riding-a-motorcycle-after-a-cs
  • https://www.healthline.com/health/driving-after-c-section#recovery-tips
  • https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/labor-and-birth/cesarean-aftercare-682/
  • https://www.acog.org/womens-health/faqs/cesarean-birth
  • https://www.mumsnet.com/Talk/childbirth/4194940-Riding-motorbike-after-c-section
  • https://www.drivingtests.co.nz/resources/how-long-do-you-have-to-wait-to-drive-after-a-c-section/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait