Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | May 3, 2018

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Vitamin?

Bagikan


Mengonsumsi vitamin sudah menjadi bagian dari gaya hidup kebanyakan orang. Moms mungkin salah satunya. Ada sebagian orang yang mengonsumsi vitamin di pagi hari sebelum beraktivitas. Ada juga yang mengonsumsinya sesaat sebelum tidur.

Beberapa Moms mungkin sudah punya kebiasaan kapan mengonsumsi vitamin. Tapi, tahukah Moms kalau beda jenis vitamin beda juga waktu terbaik untuk mengonsumsinya? Jadi kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin?

Setiap Vitamin Berbeda

Ahli gizi Youvit, Rachel Olsen mengatakan bahwa setiap vitamin punya sifat masing-masing. Karena sifatnya itu juga, waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin berbeda-beda.

“Tidak berbahaya memang. Tapi, penyerapan vitamin jadi tidak maksimal,” kata ahli gizi lulusan Metropolitan University College, Denmark itu.

Namun, Rachel mengingatkan, sebaiknya, vitamin dikonsumsi saat akan beraktivitas. Mengonsumsi vitamin saat akan tidur akan membuat penyerapan vitamin jadi tidak maksimal.

“Tubuh kan mau istirahat. Pencernaan juga sudah mau tidur. Tidak ada makanan masuk dan tidak ada aktivitas yang dikerjakan. Tidak ada yang diserap,” tutur Rachel.

Baca juga: Seberapa Penting Pemberian Vitamin Pada Balita?

Mengonsumsi Vitamin B Kompleks

Vitamin B digunakan untuk meningkatkan energi dan mengurangi stres. Ada delapan tipe vitamin B. Mulai dari B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, hingga B12. Semuanya punya peran masing-masing.

Semua jenis vitamin B ini dapat dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan. Karena itu juga, jenis vitamin B yang banyak ini biasanya dikemas salam satu kemasan. Yakni vitamin B kompleks.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin B adalah sesaat setelah bangun tidur. Mengonsumsi vitamin B memang paling bagus saat perut masih kosong. Perut yang kosong akan membantu penyerapan vitamin B lebih maksimal.

Mengonsumsi vitamin B akan meningkatkan energi. Jadi sangat pas dikonsumsi pagi hari sebelum beraktivitas.

Jika sudah terlalu siang, Moms sebaiknya tidak mengonsumsi vitamin B karena akan menimbulkan rasa mengantuk.

Mengonsumsi Vitamin yang Larut dalam Air

Vitamin jenis ini tidak diproduksi dan disimpan tubuh. Karena itu, kita perlu melengkapi asupannya melalui makanan atau suplemen. Vitamin jenis ini bisa kita dapatkan dari hewan dan tumbuhan.

Vitamin yang tergolong dalam vitamin yang larut dalam air adalah vitamin C dan vitamin B. Kedua jenis vitamin ini, terutama, vitamin C, dapat dikonsumsi kapan saja.

Karena tubuh sendiri memiliki cairan, jenis vitamin ini bisa diserap secara maksimal kapan pun.

Baca juga: Vitamin Apa Saja yang Bisa Membuat Cepat Hamil?

Mengonsumsi Vitamin yang Larut dalam Lemak

Berbeda dengan vitamin yang larut dalam air, jenis-jenis vitamin yang larut dalam lemak akan terserap maksimal jika dikonsumsi setelah makan.

Lemak yang terdapat dalam makanan akan membantu vitamin tersebut larut sehingga bisa diserap secara maksimal.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin ini adalah setelah sarapan. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap saat beraktivitas. Vitamin yang masuk dalam kategori ini, antara lain vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Sudah tahu kan Moms kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin? Jangan sampai salah lagi ya!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.