Rupa-rupa

24 November 2021

Mengenal Karakter Koleris, Si Tangguh dan Ambisius

Seseorang dengan karakter koleris sangat berorientasi pada tujuan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Di dunia kesehatan dan psikologi, karakter manusia digolongkan menjadi empat jenis yakni sanguinis, melankolis, plegmatis dan koleris. Keempat memiliki ciri kepribadian yang berbeda-beda.

Meski begitu, tak jarang seseorang memiliki kombinasi dari dua karakter kepribadian tersebut.

Menurut Prof. DR. Siti Muri’ah dan Dr Khusnul Wardan dalam bukunya berjudul Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (2020), teori karakter kepribadian manusia dirumuskan oleh seorang dokter Romawi bernama Galenus (129-199 M).

Dalam teorinya, Galeneus menggunakan pemahaman kepribadian manusia dengan konsep humorisme oleh Hippokrates, dokter Yunani Kuno (460-370 SM).

Melalui teori proto-psikologis, Hippokrates menggolongkan empat jenis kepribadian dalam diri manusia, salah satunya adalah koleris.

Melansir dari Psychologia, seseorang dengan karakter koleris sangat berorientasi pada tujuan. Mereka dikenal cerdas, memiliki analitis yang tinggi, mengedepankan logika, tidak bertele-tele, tetapi juga tidak ramah.

Nah, seperti apa karakter, kelebihan, kekurangan, hingga pekerjaan yang cocok untuk si koleris? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Dampak Buruk Psikologis Anak Akibat Pertengkaran Orangtua

Karakter Koleris

koleris

Foto: Orami Photo Stocks

Apakah Moms selalu dinilai sebagai seorang yang keras kepala, mudah marah, dan berpendirian kuat? Jika ya, bisa jadi Moms memiliki karakter koleris dalam diri Moms.

Meski begitu, ada sejumlah sifat dan karakter lainnya yang mengidentifikasi seseorang mempunyai kepribadian koleris melansir dari Better Help. Berikut penjelasannya.

1. Dominan

Seorang koleris adalah sosok dominan dalam segala hal, entah itu urusan pekerjaan maupun perbincangan dengan orang lain. Selain itu, mereka juga bisa memengaruhi orang lain dengan kemampuan komunikasi yang dimiliki.

Para koleris umumnya memiliki sifat mandiri, kompetitif, dan percaya diri. Maka tak heran jika si koleris adalah sosok yang paling menonjol atau dominan di antara orang-orang sekitarnya.

2. Sosok Pemimpin

Dalam penelitian berjudul Comparative Analysis On Choleric Students and Melancholic Students dijelaskan bahwa siswa dengan karakter koleris memiliki sikap kepemimpinan yang lebih baik dibanding karakter lainnya.

Selain itu, ia juga seorang pembicara yang handal dan aktif.

Mereka suka mengeksplorasi sesuatu yang membuatnya senang dan bahagia, termasuk pada pelajaran tertentu di sekolah. Tak hanya itu, para siswa koleris juga suka membagikan gagasan dan tak sungkan berbicara di depan umum.

Sebagai pemimpin, karakter koleris cenderung akan mendorong semua anggotanya sampai batas kemampuan yang dimiliki. Ia tak menyisakan ruang untuk bernapas bagi orang lain. Ia selalu mengharapkan hasil yang maksimal.

3. Ambisius

Para koleris dikenal sebagai sosok yang penuh ambisi besar.

Selain itu, karakter koleris adalah orang-orang yang dominan, kuat, dan memiliki keinginan besar untuk mencapai tujuan atau keinginannya.

Baca Juga: Sangat Ambisius, 5 Zodiak Ini Paling Tidak Bisa Menerima Kekalahan

4. Terbuka

Florence Littauer, penulis buku Personality Plus menyebutkan bahwa koleris adalah tipe karakter kepribadian yang terbuka dan bersemangat dengan segala kesempatan yang ia temukan.

Jika si koleris ditempatkan dalam sebuah grup, mereka akan banyak berbicara dan menarik perhatian orang lain. Meski begitu, karena sifat terbuka ini kadang koleris jadi tidak peka dan cenderung membuat orang lain tidak nyaman dengan perkataan atau perbuatannya.

5. Optimis

Koleris juga dikenal sebagai sosok yang penuh optimisme. Mereka selalu melihat peluang dalam segala situasi dan permasalahan yang sedang dihadapi.

Hal ini secara tidak langsung membuat si koleris juga mudah menyemangati diri sendiri dan menjadikan segala hal dalam hidupnya lebih baik.

6. Suka Mengatur

Sifat dominan dan keras kepala dalam diri koleris tak jarang membuatnya menjadi sosok yang suka mengatur orang lain. Terlebih segala pendapat yang diutarakan koleris juga sulit dibantah.

Selain itu, si koleris juga selalu membuat keputusan untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Sementara itu, dalam hal asmara, koleris akan cenderung senang mengatur pasangannya.

Selain itu, karena pergerakannya yang serba cepat, tak jarang membuat koleris jadi mudah bosan dengan sesuatu maupun orang lain.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Zodiak Paling Keras Kepala, Moms Salah Satunya?

7. Sulit Dekat dengan Orang Lain

Meskipun koleris adalah sosok yang terbuka dan banyak bicara, tapi mereka sulit dekat dengan orang lain.

Tapi, jika hanya untuk berbincang atau mengobrol ringan, si koleris mungkin akan mudah membaur dan bersosialisasi. Namun, butuh waktu yang tak sebentar untuk bisa masuk ke kehidupan si koleris.

8. Mandiri

Koleris adalah orang ekstrovert yang berpikir sendiri dan tidak bergantung pada orang lain saat mengambil keputusan. Mereka memiliki kepercayaan diri untuk terus maju dan berkata terus terang.

Hal ini membuat orang lain sulit untuk dekat dengan mereka. Faktanya, kehidupan dan hubungan pribadi mereka bisa menderita karena ini.

9. Kuat dan Tidak Mudah Goyah

Berbicara rasa takut, koleris adalah karakter yang akan menghadapi setiap ketakutannya dan mampu bekerja di bawah tekanan. Koleris adalah karakter kuat dan penuh tekad.

Mereka menyukai pertarungan yang suportif dan akan berusaha keras untuk mencapai tujuan mereka. Mereka juga tak mudah goyah dengan rasa takut atau tantangan yang ada di depan mata.

Baca Juga: Ternyata, Nama Anak Mencerminkan Kepribadian Orangtuanya!

Kelebihan dan Kekurangan Koleris

koleris

Foto: Orami Photo Stocks

Di balik kelebihan si koleris, ia memiliki kekurangan atau kelemahan seperti karakter kepribadian lainnya. Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan si koleris.

1. Kelebihan

Bagi seorang koleris, persaingan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti atau merasa terintimidasi.

Sebaliknya, si koleris akan menganggap bahwa persaingan di dunia kerja maupun bisnis merupakan bagian dari tantangan yang harus dihadapi agar ia menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, keinginan yang besar membuat si koleris bersemangat untuk membuktikan kemampuannya pada diri sendiri maupun orang lain.

Tak hanya itu, orang koleris juga sangat senang bersosialisasi. Baginya, bersosialisasi adalah cara lain untuk mengekspresikan keyakinan, pendapat, dan pengaruhnya terhadap orang lain.

Si koleris juga dikenal sebagai orang yang handal dalam mencari solusi maupun memecahkan masalah. Mereka bekerja langsung pada inti permasalahan dan fokus pada detail.

Si koleris juga sangat visioner dan tidak bosan tantangan.

Mereka akan berjuang untuk bisa sampai pada tujuan akhir yakni kemenangan. Koleris juga didaulat sebagai pemimpin yang baik, bertanggung jawab, tegas, bijaksana, dan pekerja keras.

Koleris juga pandai menutupi rasa takutnya. Saat berhadapan dengan sesuatu yang menakutkan, koleris tidak akan menunjukkan ketakutan itu melalui bahasa tubuh, melainkan akan bersikap sewajarnya dan bertindak berani.

Si koleris juga sangat berpegang teguh dengan pendirian dan perkataannya. Jika koleris mengatakan akan melakukan sesuatu maka ia memastikan setiap langkah dan usaha yang dilakukan akan mendulang kesuksesan.

Baca Juga: Gemas, Inilah 4 Tipe Kepribadian Balita dan Cara Menghadapinya dengan Benar

2. Kelemahan

Terlepas dari kelebihan yang dimiliki oleh si koleris, mereka adalah orang yang keras kepala. Bahkan, ketika ada orang lain yang memiliki pendapat yang berbeda dengannya, ia tak segan untuk mempermalukan orang tersebut hanya agar merasa lebih baik atau unggul dari orang lain.

Si koleris juga suka menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dilakukan. Hal ini karena ia berusaha keras untuk melindungi ego dan dirinya sendiri.

Meskipun dikenal terbuka, si koleris cenderung menyampaikan pendapat tanpa memikirkan situasi, kondisi, dan perasaan orang lain. Maka tak heran jika banyak orang menilai bahwa koleris adalah orang yang kejam dan sombong.

Tak hanya itu, mereka juga benci mengakui kekurangan dan selalu merasa benar. Bahkan, ketika ada orang yang mencoba mengkritiknya, si koleris malah akan menertawakan kritik tersebut dan memilih untuk tidak memperdulikan pendapat orang lain.

Selain itu, koleris juga sangat narsis dan selalu merasa sebagai orang paling penting dan dibutuhkan dalam tim. Mereka adalah orang-orang yang memiliki ide, menetapkan tujuan, dan melihat gambaran yang lebih besar.

Hal ini membuatnya merasa lebih baik dari siapapun, dan jika dibiarkan akan membuatnya menjadi sosok yang narsis bahkan menolak meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Kepribadian Berdasarkan Kopi Favorit!

Pekerjaan yang Cocok untuk Koleris

koleris

Foto: Orami Photo Stocks

Setelah mengetahui karakter, kelebihan, dan kekurangan kepribadian koleris, lalu pekerjaan apa yang cocok untuk si koleris? Berikut penjelasannya.

1. Pengusaha

Pengusaha adalah salah satu profesi yang cocok untuk si koleris. Sebab, pekerjaan ini membutuhkan kreativitas, ide-ide luar biasa, dan keberanian untuk mengambil risiko serta menghadapi tantangan dalam dunia bisnis.

Hal tersebut sangat mencerminkan si koleris yang pemberani dan tak takut dengan tantangan. Selain itu koleris juga tak mengenal kata gagal dalam hidupnya. Ia akan memperjuangkan semua yang menjadi keinginan dan cita-citanya selama ini.

Baca Juga: Ini Tandanya Kalau Moms Sudah Perlu Pekerjaan Tambahan

2. Teknologi

Segala profesi yang berhubungan dengan teknologi dirasa cocok untuk seorang koleris.

Hal ini karena perkembangan teknologi selalu berubah-ubah dan cepat akan serasi dengan koleris yang merupakan seorang pemikir cepat dan selalu mencari solusi terbaik untuk setiap permasalahan.

Sifat optimisme yang dimiliki koleris juga sangat dibutuhkan dalam profesi yang berhubungan dengan teknologi ini.

3. Petugas Keamanan/Polisi/TNI

Sebagai seseorang yang tegas, berpendirian teguh, dan suka mengatur, koleris cocok menjadi seorang petugas keamanan. Ia akan dengan sigap mengambil keputusan untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain ketika dihadapkan pada permasalahan.

Ia juga sosok pemimpin yang berkarakter dan penuh semangat dalam menjalankan tugasnya. Selain ketiga profesi di atas, koleris juga cocok untuk pekerjaan di bidang hukum, manajemen, teknik, dan statistik.

Itulah serba-serbi mengenai karakter, kelemahan, kelebihan, dan pekerjaan yang cocok untuk seorang koleris. Apakah Moms salah satu orang yang memiliki karakter koleris?

Sumber

  • https://books.google.co.id/books?id=xGb5DwAAQBAJ&pg=PA212&dq=psikologi+kepribadian+koleris&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiMtYCIka_tAhWYfn0KHXkrDO0Q6AEwAHoECAMQAg#v=onepage&q=psikologi%20kepribadian%20koleris&f=false
  • https://psychologia.co/four-temperaments/
  • https://www.betterhelp.com/advice/temperament/what-is-the-choleric-temperament/
  • http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3369/1/NADIYAH-FITK.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait