Rupa-rupa

RUPA-RUPA
6 April 2021

Mengenal Karakter Sanguinis, Si Optimis Berhati Hangat

Ia dikenal sebagai sosok optimis, bersemangat, mudah bergaul, dan periang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Dalam teori proto-psikologis, kepribadian manusia dibagi menjadi empat yakni melankolis, plegmatis, koleris, dan sanguinis.

Melansir buku berjudul Man on the Threshold, dijelaskan bahwa teori kepribadian ini berasal dari Mesir Kuno atau Mesopotamia lalu dikembangkan menjadi teori medis oleh Hippocrates (460-370 SM).

Selanjutnya, melalui Canon of Medicine oleh polymath Persia Avicenna (980-1037 M) teori kepribadian itu diperluas dan mencakup beberapa aspek yakni aspek emosional, kapasitas mental, sikap moral, kesadaran diri, gerakan, dan tujuan hidup seseorang.

Salah satu teori kepribadian itu ialah karakter sanguinis.

Menurut buku berjudul The Four Temperaments, karakter sanguinis ini dikenal sebagai sosok yang optimis, bersemangat, mudah bergaul, periang, komunikatif, dan pencari kesenangan.

Selain itu, karakter ini juga memiliki hati yang hangat karena mau berteman dengan siapa pun. Seorang sanguinis juga sangat imajinatif dan artistik. Ia banyak mengeksplorasi ide-ide gila yang out of the box.

Meski begitu, perilaku sanguinis sangat sulit ditebak. Mereka kerap berubah-ubah dan tak jarang hal ini membuat mereka sering melupakan banyak hal.

Seorang sanguinis memiliki kecintaan pada subjek atau kekaguman dalam diri orang lain.

Baca Juga: Yuk Kenali Karakter Pria Lewat Zodiaknya!

Pengertian Sanguinis

sanguinis

Foto: Orami Photo Stocks

Costaa dan McCare (1985) mendefinisikan karakter sanguinis sebagai representasi kuantitas dan intensitas interaksi antarpribadi yang membutuhkan stimulasi dan kapasitas untuk merasa bahagia.

Ada dua kualitas dasar dalam karakter sanguinis yakni keterlibatan antar individu dan antusiasme.

Mereka yang berkarakter sanguinis biasanya memiliki sifat ekstrovert yakni seseorang yang terbuka, mudah bergaul, suka bersosialisasi, tegas, komunikatif, aktif, dan ceria.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Anak Pesimis dan Membuat Si Kecil Jadi Lebih Optimis

Karakter Sanguinis

sanguinis

Foto: Orami Photo Stocks

Ada sejumlah karakter khusus yang dimiliki oleh seorang sanguinis.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Paul Kiplangat Chepkwony Mount Kenya University, ada lima faktor pembentuk karakter sanguinis yakni keterbukaan, mendengarkan, penerimaan, extraversion, dan neurotis.

Berikut ini karakter seorang sanguinis melansir dari BetterHelp.

1. Senang Bersosialisasi

Para sanguinis dikenal sebagai makhluk sosial. Mereka sangat ramah, supel, dan suka bertemu dengan orang baru.

Sanguinis juga tak segan untuk memulai percakapan.

Mereka adalah contoh dari seorang ekstrovert sosial, dan ini termasuk dalam faktor extraversion atau sifat yang ditandai dengan ketertarikan yang tinggi pada orang lain maupun peristiwa eksternal dan seseorang yang berpetualang dengan percaya diri (Ewen 1998).

2. Optimis

Mereka yang berkepribadian sanguinis juga dikenal sangat optimis dalam segala hal. Mereka lebih suka melihat sisi terang kehidupan, dan suka menjalani hidup dengan utuh.

Mereka juga cenderung tidak terlalu memikirkan hal buruk atau sisi negatif dari sebuah situasi. Mereka percaya bahwa hidup adalah pengalaman yang menyenangkan.

Baca Juga: Sulit Bersosialisasi, Terkadang 5 Zodiak Ini Dicap Paling Introvert

3. Petualang

Orang dengan karakter sanguinis adalah seorang petualang sejati. Mereka selalu diselimuti rasa penasaran dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan.

Hal ini karena para sanguinis senang mencari hal-hal unik dan menarik perhatian banyak orang. Berbeda dengan orang berkarakter melankolis yang menyukai hal stagnan dan konstan.

Orang sanguinis akan cepat bosan jika diberikan rutinitas yang sama dan stagnan.

4. Ekspresif

Karena sanguinis memiliki keterbukaan, maka tah heran jika ia sangat ekspresif ketika mengekspresikan perasaannya.

Hal ini terjadi ketika mereka marah, sedih, frustasi, Moms pasti bisa mudah mengetahui perasaan sanguinis. Sebaliknya, mereka bahagia, para sanguinis akan menjadi sosok yang energik dan ceria.

5. Humoris

Sanguinis memiliki selera humor yang baik. Mereka suka tertawa lepas, tersenyum, bahkah mereka juga bisa menertawakan diri sendiri meskipun sedang dilanda masalah.

Sanguinis juga pandai menghidupkan suasana dengan guyonan yang dilontarkan.

Baca Juga: 4 Efek Fobia pada Kepribadian dan Emosi Seseorang

Kelebihan dan Kekurangan Sanguinis

sanguinis

Foto: Orami Photo Stocks

Sama halnya dengan karakter kepribadian melankolis, plagmatis, koleris, sanguin juga punya kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini kelebihan dengan kekurangan sanguinis melansir dari jurnal penelitian berjudul Influences of Temperament Types on University Students’ Well-Being Academic Performance And College Adjustment oleh Hanzel Tagalog Embalzado.

1. Kelebihan

Mereka yang berkarakter sanguinis umumnya punya sifat flamboyan yang membuatnya menjadi sosok yang populer. Selain itu, sifat ekstrovert dalam diri sanguinis juga menjadikannya hidup dalam pikiran yang optimis dan positif.

Bahkan menurut penelitian tersebut, siswa dengan karakter sanguinis bisa meraih nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa berkepribadian koleris, plegmatis maupun melankolis.

Tak hanya itu, siswa dengan karakter sanguinis juga terbukti mampu menyesuaikan diri dengan mudah di dunia perkuliahan. Mereka juga mudah bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan baru di kampus.

Baca Juga: Menyimpan ASI Perah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kantong Plastik ASI dan Botol ASI

2. Kelemahan

Sanguinis memiliki perilaku impulsif yang membuatnya kurang baik dalam hal organisir agenda atau kegiatan pada kesehariannya. Selain itu, mereka juga tidak pandai mengatur waktu.

Meskipun sanguinis memiliki kelebihan yakni sifat flamboyan yang menjadikannya sosok populer di antara kerumunan, namun sifat tersebut tak jarang membuatnya malah sering terlambat, tidak menepati janji, dan tidak disiplin.

Sanguinis juga cenderung sering menunda-nunda pekerjaan. Hal ini karena mereka tidak menyukai rutinitas.

Sanguinis cenderung akan mencari kesenangan setiap kali melakukan hal-hal yang menurutnya membosankan dan tak ingin dikerjakan, seperti menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

Karena sifatnya yang selalu ingin menikmati momen kebahagiaan yang dilalui setiap waktu, membuatnya cepat melupakan hal-hal penting dan genting.

Termasuk ketika si sanguinis harus melalui berbagai permasalahan ia seakan tak ikut larut dalam permasalahan tersebut, sebaliknya ia seakan melarikan diri dan mencari hal-hal lain yang dapat membuatnya merasa bahagia.

Hidup dalam sikap yang optimis tak selalu baik untuk sanguinis sebab, mereka jadi cenderung membesar-besarkan cerita agar bisa mendapatkan perhatian orang lain.

Mereka juga sering kali menunjukkan respons dramatis saat menghadapi permasalahan.

Selain itu, meskipun dikenal sebagai pribadi yang selalu bahagia dan ceria, tapi si sanguinis kerap menggantungkan kebahagiaannya dari apa yang dilakukan orang lain, sanguinis membutuhkan kepastian terus-menerus dari orang yang mereka cintai.

Mereka sangat menghargai hadiah seperti mainan dan gadget sebagai bukti bahwa orang lain menghargai dan menyayanginya.

Sanguinis lebih cenderung bertahan dalam suatu hubungan jika mereka mendapat banyak perhatian, waktu, dan hadiah.

Baca Juga: Berkepribadian Kuat, Ini 8 Fakta Ilmiah Anak Pertama

Pekerjaan yang Cocok untuk Karakter Sanguinis

sanguinis

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, seseorang dengan karakter sanguinis cenderung optimis, bersemangat, petualang, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Dalam dunia pekerjaan, si sanguinis akan mencari profesi yang memungkinkan mereka untuk melakukan hal-hal baru, menantang, dan tak segan untuk mengambil risiko.

Sebaliknya, pekerjaan yang dilakukan secara berulang, monoton dan tidak banyak variasi di dalamnya kurang cocok untuk sanguinis yang kreatif dan bersemangat.

Nah, berikut ini pekerjaan yang cocok untuk karakter sanguinis.

Baca Juga: Ternyata, Nama Anak Mencerminkan Kepribadian Orangtuanya!

1. Aktor

Aktor akan menjadi profesi yang menyenangkan dan menggairahkan untuk sanguinis. Berperan menjadi berbagai karakter adalah hal yang menantang dan tidak membosankan untuk para sanguinis.

Oleh karenanya, profesi ini membutuhkan sosok yang optimis, terbiasa dengan menjadi pusat perhatian, suka menghibur orang lain, dan tidak monoton.

Meskipun sedikit berisiko, namun profesi ini bisa jadi pekerjaan yang menantang untuk sanguinis. Terlebih, untuk menjadi seorang aktor atau seseorang yang bekerja di dunia hiburan tak memerlukan pendidikan formal.

Bahkan sebagian orang dapat menempuh pendidikan teater atau drama di sekolah akting untuk meningkatkan skill dalam beradu peran.

2. Art Director

Art director adalah pekerjaan yang umum di media cetak maupun elektronik seperti majalah, koran, televisi, hingga perfilman.

Art director bertanggung jawab untuk mengembangkan keseluruhan visi artistik kemudian memberitahukannya visi tersebut dengan semua staf lain untuk memastikan produk yang dihasilkan memiliki kualitas artistik tertinggi.

Profesi ini membutuhkan banyak bertanggung jawab untuk mengembangkan keseluruhan visi artistik dan kemudian membagikan visi tersebut dengan semua staf lain untuk memastikan produk yang dihasilkan memiliki kualitas artistik tertinggi.

3. Pemasaran atau Marketing

Pemasaran bertugas untuk memasarkan produk dan mengembangkan strategi agar penjualan produk meningkat.

Pekerjaan ini cocok untuk sanguinis karena bertemu dengan banyak orang baru, penuh tantangan, dan memungkinkannya untuk menggunakan cara-cara kreatif agar masalah bisa terpecahkan dengan baik.

Selain itu, sebagai seorang marketing dibutuhkan juga mental yang kuat dan pantang menyerah. Tentunya sangat sesuai dengan sanguinis yang penuh optimisme.

4. Pengusaha

Sebagai seorang pengusaha, sanguinis terbilang cocok untuk profesi ini. Sebab, pengusaha membutuhkan banyak kreativitas untuk mengembangkan produk jualannya.

Mulai dari mencari produk, mencari cara kreatif untuk memasarkannya dan ide-ide unik agar produknya mudah dikenal masyarakat dan laku dipasaran.

Hal ini sangat cocok dengan sanguinis yang penuh ide-ide out-of-the-box dan kreatif. Selain itu, sebagai pengusaha, sanguinis juga akan bertemu orang-orang baru, pelanggan, hingga kerjasama dengan banyak orang.

Tentunya profesi ini penuh risiko namun layak dicoba oleh sanguinis.

5. Produser atau Sutradara

Meskipun serupa, tapi profesi ini tidaklah sama. Produser bertugas untuk membuat keputusan besar dalam bisnis perfilman, teater, atau industri televisi.

Selain itu, produser juga bertanggung jawab untuk mempekerjakan semua kru, termasuk sutradara dan memastikan proyek tersebut didanai dengan benar.

Sementara itu, sutradara menangani keputusan kreatif untuk produksi, termasuk casting. Sutradara juga bertanggung jawab untuk mengatur pembuatan film.

Sebagai individu yang optimis, karier sebagai produser atau sutradara bisa jadi pilihan yang tepat karena banyaknya tantangan, variasi pekerjaan, dan kreativitas yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut.

Itulah serba serbi mengenai karakter sanguinis, kelebihan dan kekurangan sanguinis, hingga pekerjaan yang cocok untuk si sanguinis. Apakah Moms salah satu pemilik kepribadian ini?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait