Rupa-rupa

5 Agustus 2021

65 Kumpulan Kata-kata Alam sebagai Bentuk Kekaguman pada Sang Pencipta

Alam menghadirkan pemandangan menyejukkan mata dan membuat siapa pun terpana melihatnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms ingin mengapresiasi keindahan alam? Coba simak ide kata-kata alam yang indah dan menawan berikut ini.

Membicarakan tentang keindahan alam memang tak ada habisnya. Alam menghadirkan pemandangan menyejukkan mata dan membuat siapa pun terpana melihatnya.

Selain itu, panorama alam semesta juga jadi pengingat diri tentang kebesaran Tuhan yang Maha Esa atas segala ciptaan-Nya yang luar biasa.

Memandang dan mengagumi alam membuat manusia secara tak langsung memupuk rasa syukur atas nikmat Tuhan yang luar biasa. Tanpa alam, Bumi hanyalah tanah, udara, tanpa ada kehidupan di dalamnya. Maka tak heran jika banyak orang memilih berprofesi atau menekuni segala hal yang berkaitan dengan alam karena memang alam terlalu menakjubkan untuk dilewatkan.

Baca Juga: 55 Kata-kata Bijak untuk Suami yang Bikin Langgeng Hubungan

Atas keajaiban Tuhan ini, manusia sudah sepantasnya menjaga alam agar tetap asri, subur, dan memberikan manfaat bagi makhluk hidup di Bumi. Selain dengan tindakan, kekaguman dengan maha karya Tuhan ini juga bisa diutarakan melalui kata-kata alam.

Dalam jurnal Children's Geographies dijelaskan bahwa melihat dan berjalan-jalan di alam akan membuat seseorang lebih bahagia.

Selain itu, kata-kata alam juga bisa berfungsi sebagai ajakan kepada orang lain untuk selalu mengingat kebesaran serta menjaga alam sebagai bentuk syukur.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kumpulan kata-kata alam yang dijadikan referensi sebagai ungkapan kekaguman terhadap alam semesta.

Baca Juga: 60 Kata-kata Malam Lucu dan Bijak, Bikin Mood Kembali Ceria!

Kata-kata Alam Mutiara

kata-kata alam

Foto: Orami Photo Stocks

Keindahan alam memang tak cukup dirayakan hanya dengan berfoto atau mengabadikannya dalam ponsel maupun perangkat elektronik.

Namun, hal ini juga bisa dihayati melalui kata-kata alam mutiara yang menyentuh hati. Berikut ini kumpulan kata-kata alam mutiara melansir dari berbagai sumber.

  1. Berinteraksi, mengenali, dan menikmati keindahan alam, menyadarkan kita untuk menjaga dan melindungi kelestarian alam Indonesia.
  2. Mengapa harus jauh-jauh ke luar negeri, jika di Indonesia kalian bisa mendapat segala keindahan dari alamnya.
  3. Semesta memberikan pelajaran yang sangat berharga tentang keindahan melalui indahnya pelangi dengan adanya warna yang beraneka ragam.
  4. Manusia diturunkan di dunia oleh Tuhan, sebagai utusan untuk menjaga alam, bukan merusaknya.
  5. Tidakkah takut dirimu jika alam menjadi murka? Masih berani saja dirimu mengotori dan merusaknya.
  6. Bila kamu belum pernah terdampar dalam lembah yang rimbun, kamu belum pernah tau semegah apa bumi yang kamu injak.
  7. Keindahan alam mampu menghantarkan daya imajinasi kita ke tahap yang tak mungkin menurut akal.
  8. Alam merupakan guru terbaik, karena setiap adegan petualangan pasti akan mengajarkan ilmu yang sangat berharga untuk kita.
  9. Bumi akan selalu mencukupi kebutuhan semua manusia, namun tidak untuk memenuhi keserakahan satu manusia.
  10. Biarkan saja orang lain sibuk mengurusi kita, namun anak cucu kita kelak akan tertawa bangga dengan masa muda kita yang merindu pada keheningan alam.
  11. Sekecil apa pun langkah yang kau lakukan dengan alam, setiap langkah itu juga alam akan memberikanmu penghargaan indah yang tak mampu diberikan seseorang.
  12. Pohon di tengah hutan bagaikan lilin dalam kegelapan. Sebab ia mampu memberikan cahaya dan ketenangan nyata bagi penghuni sekitarnya.
  13. Di hadapan hukum alam, semua manusia adalah sama.
  14. Semakin dekat Anda dengan keindahan yang disuguhkan alam semesta, maka semakin tak tertarik anda dengan perdebatan dan persaingan.
  15. Alam tak hanya sekadar obat yang mampu menghilangkan setiap kesedihan atas luka hati, namun ia juga mampu memberikan kesejukan sepanjang masa.
  16. Jika alam cukup ganas untuk kau taklukkan, cobalah lawan dengan kerendahan hati, bukan dengan kekerasan.
  17. Jika alam hendak kau musnahkan, lalu dari mana kamu akan mendapatkan makanan dan tempat tinggal?
  18. Layaknya seorang anak, alam adalah hal yang perlu selalu kita jaga keindahannya, agar anak dan cucu kita kelak tetap dapat menikmati, keindahan yang telah dikreasi oleh Tuhan Sang Pencipta Semesta Alam.
  19. Tiada kata yang bisa menafsirkan keindahan alam di atas ketinggian, tiada pula kata yang bisa menafsirkan kedalaman cinta dalam hati.
  20. "Alam terpuaskan dengan kesederhanaan. Dan alam bukanlah boneka." - Isaac Newton

Baca Juga: 45 Rangkaian Kata-kata Anniversary yang Menyentuh Hati untuk Pasangan, Romantis!

Kata-kata Alam Indah

kata-kata alam

Foto: Orami Photo Stocks

Alam yang indah memang harus disampaikan melalui kata-kata yang indah pula. Sebab, tak hanya memberikan kesejukan dan ketenangan, alam juga sumber inspirasi bagi banyak orang.

Mulai dari laut, gunung, bukit, hingga padang savana sekalipun adalah sumber kehidupan sekaligus ide-ide cemerlang banyak orang.

Dalam hal ini ialah ungkapan kata-kata alam indah bisa jadi cara untuk menyalurkan inspirasi dan ide yang melimpah dari alam. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini kata-kata alam yang indah.

21. Tak ada tempat yang lebih indah untuk berlari, selain alam.

22. Bagian puncaklah yang menjadi alasan agar kamu terus melangkah.

23. Berbagi waktu dengan alam, kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya. (Gie)

24. Jika alam menyuguhkan pemandangan, Lalu semesta menyuguhkan keindahan. Lantas apa yang membuat nyaman, jika keyakinan sudah tak lagi diperjuangkan.

25. Apakah kalian masih bisa sombong terhadap alam indah ciptaan-Nya ini?

26. Bahkan gedung bertingkat dengan segala kemegahan dan arsitekturnya, masih belum mampu menyaingi keindahan alam ini.

27. Sesungguhnya keindahan alam adalah suatu bukti dari kekuasaan-Nya.

28. Engkau tidak akan bisa menikmati keindahan mentari senja jika tak ada cahaya indah di hatimu. Engkau tidak akan bisa menikmati indahnya damai alam, jika tidak ada damai di hatimu.

29. Alam melukis untuk kita, hari demi hari, memberikan keindahan yang tak terbatas. (John Ruskin)

30. Sebuah keindahan alam, yang diberikan Tuhan yang wajib kita syukuri, dengan menjaganya.

31. Cinta merupakan perwujudan keindahan dari alam semesta, ketika seseorang sedang jatuh cinta, maka semuanya akan terlihat indah.

32. Menyatu dengan alam, nikmati ketulusan alam dalam membagi keindahan dan kesejukan di setiap paginya.

33. Perjalanan mungkin akan membawa kepada kesepian, kelelahan, dan bahaya. Namun, perjalanan juga akan membawamu pula pada kelokan yang hakiki.

34. Jika kamu belum pernah terdampar pada sebuah lembah rimbun, itu tandanya kamu belum pernah melihat bagaimana megahnya bumi yang kau injak.

35. Banyaknya langkah dalam perjalananmu, akan menentukan seberapa kenikmatan yang akan kau dapatkan. Sebab, kenikmatan akan ditentukan oleh siapa yang menjadi tujuannya, dan tujuan yang hakiki adalah Sang Pencipta.

36. Kamu akan tahu mana yang teman sejati dan mana teman ala kadarnya dari mendaki. Di mana dia yang mampu menjaga keselamatan temannya selain keselamatan dirinyalah, teman yang sejati.

37. Tuhan telah menciptakan bagian-bagian bumi dengan sangat indahnya. Jangan ragu! Jelajahilah setiap bagiannya, maka niscaya kamu akan memperoleh ketenangan hati darinya.

38. Tahukah kamu apa artinya bencana alam? Itu adalah tanda bahwa alam tengah marah dengan perlakukan buruk manusia.

39. Bukankah alam juga ciptaan Tuhan? Lalu apakah kamu mau mendapatkan dua dosa jika merusak alam? Pertama dosa atas merusaknya, kedua dosa atas tak mensyukuri ciptaan Tuhan.

40. Bahkan ketika kamu berlaku tak adil atau sadis pada alam, dia tetap selalu menyediakan apa yang kamu butuhkan dalam kehidupan.

Baca Juga: 25 Kata-Kata Senja Penuh Makna untuk Mengekspresikan Perasaan

Kata-kata Alam Semesta

kata-kata alam

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms penat dengan kehidupan di perkotaan, maka tak ada salahnya untuk mengistirahatkan pikiran sejenak dan menenggelamkan diri dalam indahnya panorama alam semesta.

Ketenangan, kesejukan, dan nuansa hijaunya pepohonan secara tak langsung akan membuat Moms merasa 'lepas' dan 'bebas' meskipun hanya sebentar. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini kumpulan kata-kata alam semesta.

41. Di alam, tidak ada yang sempurna dan semuanya sempurna. Pohon bisa berubah bentuk, dibengkokkan dengan cara yang aneh, dan mereka masih cantik." - Alice Walker

42. Waktu yang dihabiskan di antara pohon-pohon tidak pernah membuang waktu. - Katrina Mayer

43. Melihat keindahan di dunia, adalah langkah pertama memurnikan pikiran.

44. Duduk di tempat teduh di hari yang cerah, dan memandangi pemandangan, adalah penyegaran yang paling sempurna. - Jane Austen, Mansfield Park

45. Salah satu manfaat utama menghabiskan waktu di alam adalah pengurangan stres. - Richard Louv

46. Jika kamu melindungi ngarai dari badai angin, kamu tidak akan pernah melihat keindahan ukiran mereka yang sebenarnya. - Elisabeth Kübler-Ross

47. Di atas setiap gunung ada jalan, meskipun mungkin tidak terlihat dari lembah. - Theodore Roethke

48. Alam tidak terburu-buru, namun semuanya bisa tercapai.- Lao Tzu

49. Tujuan hidup adalah untuk membuat detak jantungmu cocok dengan ketukan alam semesta, untuk mencocokkan sifatmu dengan Alam." - Joseph Campbell

50. Jika aku adalah pohon, aku tidak akan punya alasan untuk mencintai manusia. - Maggie Stiefvater

51. Mendaki gunung seperti pulang ke rumah" - John Muir.

52. Lihatlah jauh ke dalam alam, dan kamu akan mengerti segalanya dengan lebih baik.- Albert Einstein.

53. Hidup saja tidak cukup. Seseorang harus memiliki sinar matahari, kebebasan, dan sedikit bunga. - Hans Christian Andersen.

54. Dalam setiap perjalanan dengan alam, seseorang menerima jauh lebih banyak daripada yang ia cari. - John Muir.

55. Pelajari alam, cintai alam, tetap dekat dengan alam. Itu tidak akan pernah mengecewakanmu. - Frank Lloyd Wright.

56. Aku merasakan paru-paruku mengembang dengan deru pemandangan - udara, gunung, pohon, orang-orang. Aku berpikir, 'Inilah yang membuatku bahagia' - Syliva Plath.

57. Tanam benih kebahagiaan, harapan, kesuksesan, dan cinta; semuanya akan kembali kepadamu dengan berlimpah. Ini adalah hukum alam. - Steve Maraboli.

58. Mereka yang menemukan keindahan di seluruh alam akan menemukan diri mereka menyatu dengan rahasia kehidupan itu sendiri. - L. Wolfe Gilbert.

59. Jalan pagi hari adalah berkah sepanjang hari. - Henry David Thoreau.

60. Hanya dikelilingi oleh alam yang berlimpah, mereka meremajakan dan menginspirasi kita. - EO wilson.

61. Jangan lupa bahwa bumi senang merasakan kaki telanjangmu dan angin rindu bermain dengan rambutmu. - Khalil Gibran.

62. Melupakan cara menggali bumi dan merawat tanah berarti melupakan diri kita sendiri. - Mahatma Gandhi.

63. Kita bergantung kepada alam tidak hanya untuk kelangsungan hidup fisik kita. Kita juga membutuhkan alam untuk menunjukkan jalan pulang, jalan keluar dari penjara pikiran kita sendiri.

64. Kita sekarang berada di pegunungan dan mereka ada di dalam kita, mengobarkan antusiasme, membuat setiap saraf bergetar, mengisi setiap pori dan sel kita.

65. Alam memiliki kekuatan untuk menyembuhkan karena itu adalah tempat kita berasal, itu adalah tempat kita berada dan itu milik kita sebagai bagian penting dari kesehatan kita dan kelangsungan hidup kita. - Nooshin Razani

Baca Juga: 59+ Rangkaian Kata-kata Islam Pemberi Semangat, Bisa jadi Motivasi!

Itulah 65 kata-kata alam yang dilansir dari berbagai sumber. Apakah Moms mendapatkan inspirasi untuk membuat kata-kata alam yang indah?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait