Rupa-rupa

26 Agustus 2021

60 Kata-Kata Jawa Lucu, Sindiran, hingga Cinta yang Penuh Makna dan Motivasi

Ada beragam kata-kata yang bisa menjadi motivasi dalam menjalani kehidupan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms, kata-kata Jawa bijak hingga lucu rupanya banyak dicari. Seperti halnya dengan suku-suku lain di Indonesia, Jawa memiliki kata-kata dengan penggunaan bahasa indah dan memiliki makna.

Banyak isitilah kata-kata Jawa yang terdengar kasar, tetapi memiliki arti dan makna yang mendalam. Kata-kata Jawa inipun cocok dijadikan sindiran sekaligus nasihat.

Di sisi lain, ada banyak kata-kata Jawa yang bisa dijadikan caption di media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Lantas, apa saja kata-kata Jawa-nya? Mari kita simak.

Baca Juga: 73 Kata-Kata Bijak Sunda Penuh Makna dan Motivasi

Kata-Kata Jawa Sindiran

kata-kata jawa sindiran

Foto: Orami Photo Stock

Setiap manusia sangat wajar merasakan kesal dan bete dengan orang lain. Untuk menghindari pertikaian, Moms bisa menggunakan kata-kata sindiran.

Selain mewakili perasaan hati, kata-kata Jawa sindiran ini bisa menjadi bahan renungan sekaligus introspeksi diri. Berikut kata-kata Jawa sindiran:

1. "Nek ngomong ojo nhuwur-dhuwur. Mengko lambemu iso kesampluk pesawat." (Kalau ngomong jangan ketinggian. Nanti mulutmu bisa kesenggol pesawat.)

2. "Ojo sombong nek dadi duwuran, ning pasar duwuran regane 10 ewu etuk." (Jangan sombong kalau jadi atasan. Di pasar, atasan diobral 10 ribu dapat 3.)

3. "Kowe ngelih banget, po? Nganthi mangan omonganmu dewe." (Kamu lapar banget? Sampai makna omonganmu sendiri?)

4. "Ono papat sing iso ngilang. Pertama malaikat, keloro jin, ketelu setan, kepapat wong utang ra iso nyaur." (Ada empat yang bisa menghilang. Pertama malaikat, kedua jin. ketiga setan, keempat orang hutang gak bisa bayar.)

5. "Ngaku konco kok gur pengen nuntut mulyo, pas konco ciloko malah lungo.” (Ngaku teman kok cuma mau menuntut kesenangan, saat teman susah malah pergi.)

6. “Atose watu akik isih kalah karo atose omonganmu.” (Kerasnya batu akik masih kalah dengan omonganmmu.)

7. "Uripmu koyo wit gedhang. Duwe jantung, tapi ora nduwe ati." (Hidupmu seperti pohon pisang. Punya jantung tapi tidak punya hati.)

8. "Ngapusi kui hakmu. Nek kewajibanku yo mung etok-etok ora ngerti yen mbok apusi." (Berbohong itu hakmu. Kewajibanku ya hanya pura-pura tak tahu kalau kamu bohongi.)

9. "Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren." (Hujannya awet nggak reda-reda, seperti mulutmu kalau ngomel, tidak pernah berhenti.)

10. "Kadang niat apik ora mesti ditanggepi wong liya apik. Sante lain kalem bae." (Kadang niat yang baik tidak selalu ditanggapi orang lain baik. Santai saja.)

11. "Adewe ki mati-matian dinggo konco. Lah konco matai-matiian dinggo mateni adewe" (Kita mah mati-matian buat temen, lah temen mati-matian buat matiin kita.)

12. “Nek kowe ora nduwe sego, ojo mangan konco.” (Kalau kamu tidak punya nasi, jangan makan teman.)

13. "Uwong iku nek diapiki bales ngapiki. Nek wis diapiki malah nglarani iku berarti guduk uwong." (Orang itu kalau dibaikin bales baikin. Kalau sudah dibaikin malah menyakiti, itu berarti bukan orang.)

14. "Konco kok moro nek butuh tok. Rumangsamu aku pom bensin?" (Teman kok kalau datang hanya pas butuh saja. Menurutmu aku ini pom bensin apa?)

15. "Swara sampeyan luwih kepenak nalika tutuk ditutup." (Suaramu terdengar lebih merdu ketika mulutmu tertutup.)

16. "Kepiye bodho yen dijaga, mundhak sapi mung bisa lemu." (Bodoh kok dipelihara, pelihara sapi tuh baru bisa gemuk.)

17. "Yo, jenenge uga kanca. Ana sing apik, ana sing lamis." (Ya, namanya juga temen. Ada yang baik, ada juga yang munafik.)

18. "Dhiskusi karo sampeyan miturut isi atimu. Mengko, bakal ana balesan kanggo saben ukara sing sampeyan ucapake." (Bicarakan aku sepuasnya. Kelak, akan ada balasan untuk setiap kalimat yang kamu keluarkan.)

19. "Omonganmu koyo parfum isi ulang, ambune wangi nanging palsu." (Omonganmu seperti parfum isi ulang, wangi tapi palsu.)

20. "Ora preduli sampeyan rekasa, sapa sing bakal tetep padha, mula kaya ngono." (Sekuat apa pun kau perjuangkan, yang pergi akan tetap pergi, memang sudah jalannya kok.)

Baca Juga: Yuk, Kenali Sifat Wanita Berdasarkan Bulan Lahir dan Hari Lahir

Kata-Kata Jawa Lucu

kata-kata jawa lucu

Foto: Orami Photo Stock

Kata-kata Jawa lucu bisa jadi alternatif untuk menghibur di saat rehat. Kata-kata Jawa ini juga cocok menjadi penghilang stres, bosan, dan suntuk.

Berikut ini kata-kata Jawa lucu yang cocok dikirimkan untuk teman hingga keluarga:

21. "Yen ana wong sing nyoba ngindhari urip sampeyan, aja nganti ucul, sadurunge dheweke mbayar utang kabeh." (Ketika seseorang berusaha menjauhi hidupmu, jangan biarkan, sebelum dia melunasi semua utangnya.)

22. "Sak abot-abote masalahmu, nek ditimbang yo ra bakal payu." (Seberat apapun masalahmu, kalau ditimbang juga tidak akan laku.)

23. "Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit." (Dosa yang paling menyedihkan adalah pada sambat tidak punya duit.)

24. "Waktu adalah uang, yen kanca mbok jak dolan ngomong raenek wektu. Brarti wonge randue duwit." (Waktu adalah uang, jika temanmu kamu ajak keluar tidak ada waktu berarti dia tidak punya uang.)

25. "Tangi turu nyandak hape, arep turu nutuli hape. Ojo lali, nek arep mati selfieo disik." (Bangun tidur pegang hape, mau tidur mencetin hape. Jangan lupa, kalau mau mati selfielah dulu.)

26. "Berakit rakit ke hulu. berenang-renang ke tepian, mantan wis ning penghulu, aku iseh kesepian." (Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian.)

27. "Nek dee ngadoh ra mesti dee sengit, iso wae dee meh ngentut." (Ketika dia mulai menjauh, bukan berarti dia benci, siapa tahu dia kentut.)

28. “Guyon ora popo, sing penting ojo jotos-jotosan, yo.” (Bercanda tidak apa apa, yang penting jangan berantem ya.)

29. "Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin iku perih." (Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu perih.)

30. "Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing." (Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering.)

31. "Yen ana wong sing nggoleki aku, jarene aku ana kulkas. Durung adhem." (Kalau ada yang nyari aku, bilang aja akudi kulkas. Belum dingin.)

32. "Yen ujug-ujug HP dadi panas, tegese dheweke lagi nesu." (Kalau tiba-tiba HP panas, itu artinya dia sedang cemberut sama kamu.)

33. "Ujare wong, ngombe kopi nalika ngrokok iku enak. Nanging, nyatane goroh, buktine angel."(Kata orang, ngopi sambil ngerokok itu nikmat. Tapi, nyatanya bohong, buktinya ini susah.)

34. "Aku salah ing mripatmu. Oke, wiwit sesuk aku pindhah menyang irung." (Salah terus aku di matamu. Oke, mulai besok aku pindah ke hidungmu.)

35. "Kerja kaya tuyul. Katon, ora prelu muji, ora golek perhatian, nanging asile jelas." (Bekerjalah seperti tuyul. Nggak kelihatan, nggak perlu pujian, nggak cari perhatian, tapi hasil jelas.)

36. "Aja lali mangan dandanan dadi apik saka njero." (Jangan lupa dimakan juga makeup-nya biar cantik dari dalam.)

37. "Nalika dibenturi watu, baleni tumindak kanthi mbuwang kembang, uga pot." (Saat dilempari batu, balaslah perbuatan tersebut dengan melempar bunga, sekalian dengan pot-potnya.)

38. "Kita urip ing jaman sing salah nesu, yen bener diarani tumben." (Kita hidup di masa kalau salah kena marah, pas bener dibilang tumben.)

39. "Cara sing paling apik lan paling kuat kanggo nggawe wong ngelingi kita yaiku nyilih dhuwit." (Cara terbaik dan ampuh untuk membuat orang mengingat kita adalah dengan meminjam uang.)

40. "Yen pandongamu durung diwales, kudu sabar, elinga ora mung sampeyan sing ndedonga." (Jika doamu belum terkabul maka bersabar, ingatlah bahwa yang berdoa bukan cuma kamu.)

Baca Juga: Bacaan Ayat Kursi dan 8 Manfaatnya Bagi Kehidupan, Salah Satunya Mempermudah Jodoh

Kata-Kata Jawa Cinta

chatting.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms, salah satu kunci hubungan tetap harmonis adalah melakukan komunikasi yang baik. Moms bisa mengungkapkan kata-kata Jawa romantis yang bisa bikin pasangan senang dan makin sayang.

Berikut ini kata-kata Jawa romantis yang bisa dijadikan inspirasi:

41. "Jare simbok timbang golek pokemon, luwih becik golek jodo, simbok pengen gendong putu, dudu gendong pikachu." (Kata ibu daripada nyari pokemon mending nyari jodoh, ibu pengen nimang cucu bukan nimang pikachu.)

42. "Kenangan apik karo koe bakal tak eling nganti lali." (Kenangan indah bersamamu akan aku ingat hingga sampai lupa.)

43. "Ojo sebut aku mantan. Sebut wae aku alumni. Sopo reti dewe iso reuni." (Jangan sebut aku mantan. Sebut aja aku alumni. Siapa tau kita bisa reuni.)

44. "Saking galau ne, krungu lagu Balonku wae atiku kemropok." (Begitu galaunya sampai dengar lagu balonku aja hatiku hancur.)

45. "Sing modus dipercoyo sing tulus digawe sengsoro." (Yang modus dipercaya yang tulus disia-siakan.)

46. "Tresno iku ra delok sopo, tapi kok kowe pilih sek ngganteng." (Cinta itu tidak melihat siapa, tapi kok kamu pilih yang ganteng.)

47. "Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo maneh seng gak duwe." (Orang yang punya pacar itu haruslah sabar dengan pasangan yang dimiikinya. Apa lagi yang engga punya.)

48. "Witing tresno jalaran soko kulino, lunture tresno jalaran ono wong liyo." (Cinta datang karena terbiasa, lunturnya cinta datang karena ada orang lain.)

49. "Nganti saiki, saben wektu sing ditindakake bebarengan pancen apik tenan. Nanging aku janji, sing paling apik durung teka." (Sejauh ini, setiap momen yang kita habiskan bersama sungguh luar biasa. Tapi saya berjanji, yang terbaik belum datang.)

50. "Saben dina karo sampeyan minangka dina sing luar biasa sajrone uripku." (Setiap hari bersamamu adalah hari yang luar biasa dalam perjalanan hidupku.)

51. "Aku tresna sampeyan, ora mung amarga saka sampeyan. Nanging uga amarga aku dadi nalika aku karo sampeyan." (Aku mencintaimu, bukan hanya karena siapa kamu. Tapi juga karena menjadi apa diriku saat bersamamu.)

52. "Sampeyan nggawe aku seneng kanthi cara sing orang ana sing bisa." (Kau membuatku bahagia lewat cara yang orang lain tak bisa.)

53. "Katresnanku marang kowe iku lelungan. Miwiti ing salawas-lawase, lan ora bakal rampung." (Cintaku padamu adalah sebuah perjalanan. Mulai selamanya, dan berakhir tidak pernah.)

54. "Nresnani sampeyan ora bisa dadi pilihan. Iku kudu." (Mencintai kamu tidak pernah sebagai pilihan. Itu suatu keharusan.)

55. "Mikir babagan sampeyan wis dadi kebiasaan, ngalamun sampeyan minangka kecanduan, lan tresna sampeyan minangka akibat sing ora bisa diendhani." (Memikirkanmu sudah menjadi kebiasaan, memimpikanmu adalah kecanduan, dan mencintaimu adalah konsekuensi yang tak terhindarkan.)

56. "Sampeyan bisa uga nyekel tanganku kanggo sawetara wektu, nanging sampeyan tetep nahan atiku ing salawas-lawase." (Kamu mungkin menggenggam tanganku sebentar, tapi kamu telah menggenggam hatiku untuk selamanya.)

57. "Nalika aku nutup mripat, aku bisa ndeleng sampeyan. Nalika mbukak mata, aku kangen sampeyan." (Ketika aku menutup mataku, aku melihatmu. Ketika aku membuka mataku, aku merindukanmu.)

58. "Sampeyan kene kanggo menehi katresnan, nggawa rasa seneng, lan menehi kangen tanpa wates." (Kamu hadir memberi cinta, membawa bahagia, dan memberikan rasa rindu yang tak pernah ada habisnya.)

59. "Banyu mung sumunar amarga srengenge. Lan sampeyan sunaku." (Air hanya bersinar karena matahari. Dan kaulah matahariku.)

60. "Aku ora peduli sepira angele awake dhewe bareng, ora ana sing luwih ala tinimbang pisah." (Aku tidak peduli betapa sulitnya kita bersama, tidak ada yang lebih buruk daripada perpisahan.)

Baca Juga: 60 Kata-kata Malam Lucu dan Bijak, Bikin Mood Kembali Ceria!

Itu dia Moms, kata-kata Jawa sindiran hingga cinta. Semoga kata-kata Jawa di atas membantu ya!

  • https://www.southernliving.com/culture/romantic-love-messages-for-him-and-her
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait