Parenting

29 Oktober 2021

35+ Kata Mutiara untuk Anak Agar Sukses dan Tetap Sayang Moms dan Dads

Ini kata-kata yang bisa Moms beritahu anak agar mereka sukses
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sedang mencari inspirasi kata mutiara untuk anak?

Setiap orangtua pastinya ingin agar kehidupan anak-anaknya lebih baik. Mereka sangat menginginkan anak-anaknya untuk tumbuh menjadi pribadi yang positif dan bahagia saat beranjak dewasa.

Oleh karena itu, tidak jarang beberapa nasihat yang diucapkan bisa berupa kata mutiara untuk anak atau kata-kata motivasi, sehingga ini akan membantu anak untuk belajar mengenai kehidupan yang sedang mereka jalani.

Kehidupan memang tidak pernah mudah untuk siapapun.

Pasti ada saja tantangan yang harus mereka hadapi, dan ini semua adalah ujian untuk mereka bisa menjadi lebih baik dan lebih sukses ke depannya.

Memberikan kata mutiara untuk anak, tanpa disadari juga akan menjadi sebuah pengingat, memicu semangat baru dan mampu membuat mereka untuk terus berpikir positif.

Berikut ini adalah beberapa kata mutiara untuk anak yang bisa Moms berikan kepada anak sebagai penyemangatnya untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan!

Baca Juga: 40 Kata Mutiara untuk Anak Perempuan yang Beranjak Dewasa

Kata-kata Mutiara untuk Anak yang Berisi Nasihat Bijak

kata mutiara untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Kata mutiara ini bisa diberikan atau diucapkan kepada anak seiring mereka tumbuh besar agar bisa menjadi anak yang bijak. Berikut contohnya:

  1. “Bersyukurlah atas apa yang telah kamu miliki, dengan begini kamu akan berakhir dengan memiliki lebih banyak hal. Jika kamu berkonsentrasi pada apa yang tidak kamu miliki, kamu tidak akan pernah merasa cukup.” - Oprah Winfrey.
  2. “Tetapkan tujuan, tantang dirimu, dan capai tujuan tersebut. Hiduplah dengan sehat dan hitunglah setiap waktu yang kamu miliki. Bangkitlah mengatasi rintangan dan fokus pada hal-hal yang positif.” - Robbert H. Goddard.
  3. “Setiap anak adalah seorang seniman. Masalahnya sekarang adalah bagaimana tetap menjadi seorang seniman ketika kita kelak tumbuh dewasa.” - Pablo Picasso.
  4. “Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga.” - Albert Einstein.
  5. “Meraih kesuksesan besar adalah bukti bagi semua orang bahwa orang lain bisa mencapainya juga.” - Abraham Lincoln.
  6. “Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Namun, pastikan agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali.” - Akio Morit.
  7. “Mimpi tidak pernah menyakiti siapa pun jika kamu terus bekerja tepat di belakang mimpi itu untuk mewujudkannya semaksimal mungkin.” - F. W. Woolworth.
  8. “Seorang juara hanyalah seseorang yang tidak menyerah saat mereka menginginkannya.” - Tom Landry.
  9. "Teruslah tersenyum, karena hidup itu indah dan ada banyak hal yang bisa disyukuri." - Marilyn Monroe.
  10. “Mencintai anak tidaklah cukup, yang terpenting adalah anak-anak menyadari bahwa mereka merasa dicintai orangtuanya.” - St. John Bosco.

Baca Juga: 30 Kata-Kata Mutiara Tentang Uang yang Dapat Dijadikan Motivasi dan Pengingat

Kata Mutiara untuk Anak Mengenai Kasih Sayang Orangtua

kata mutiara untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Sementara itu, berikut ini terdapat beberapa kata mutiara yang bisa diucapkan atau diberikan kepada anak saat mereka sedang terpuruk.

Kata mutiara untuk anak ini bisa menjadi bukti bahwa orangtua akan selalu disamping anaknya dan mendukung mereka:

  1. "Tak ada manusia yang menyayangimu melebihi ibu kamu sendiri. Dan ibu tetap rela menyayangimu meskipun bukan ia yang paling kamu sayangi."
  2. "Cinta ibu adalah yang paling menenangkan. Ia tak banyak wujud dan meneduhkan seperti halnya oase di padang panjang nan gersang."
  3. "Kedua orangtuamu adalah malaikat yang selalu menyembunyikan sayapnya untuk bisa melindungimu."
  4. "Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaanmu kepadanya, akan tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari luka yang kamu rasakan."
  5. "Dan cinta ibu itu seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau harap, ia pasti akan datang dengan sendiri."
  6. "Selalu mencoba menyemangatkan pagi, bahkan ayah pun selalu tampak bersemangat, meski sebenarnya hidup mereka terasa berat."
  7. "Walau mustahil menjadi ibu yang sempurna, namun seorang ibu pasti berusaha untuk menjadi ibu terbaik bagi tiap anak-anaknya."
  8. "Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah menjauh atau pun malu untuk tetap bersamamu."
  9. "Cinta orangtua kepada anak adalah cinta yang seharusnya diteladani. Ia banyak memberi tanpa harus meminta balasan."
  10. "Seberat apa pun masalah yang ibu hadapi, tidak ada halangan yang bisa menghentikan kasih ibu pada anaknya."

Baca Juga: 31+ Kata Mutiara buat Suami, Bentuk Ungkapan Cinta dan Sayang pada Pasangan

Kata Mutiara untuk Anak Agar Selalu Ingat Tuhan

kata mutiara untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Di saat-saat tertentu, mungkin ada kalanya orangtua tidak bisa mendukung lai sepenuhnya. Anak mungkin sedang merantau jauh untuk menuntut ilmu atau bekerja.

Oleh karena itu, pastikan Moms tetap mengingatkan anak untuk selalu bersandar kepada Tuhan, batuk saat senang atau saat susah. Ini beberapa kata-kata mutiara yang bisa diberikan kepada anak:

  1. "Di saat kamu merasakan kesedihan yang luar biasa, maka shalatlah dan beribadah maka Allah akan memberikan keindahan padamu di suatu hari nanti."
  2. "Janganlah sampai kamu melupakan Tuhan di kala kamu senang, maka di waktu sulitmu Tuhan akan mempermudah jalan yang akan kamu lalui."
  3. "Siapa pun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu-satunya, maka kita takkan pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan."
  4. "Jangan pernah mengeluh kepada Tuhanmu, sesungguhnya apa yang Tuhanmu kehendaki itu adalah jalan yang terbaik untukmu."
  5. "Ingatlah, apa pun kesalahan yang kamu perbuat di hari yang lampau. Semua akan berlalu dan kamu harus memperbaiki kesalahanmu tersebut, semoga semua kebaikan yang kamu lakukan menjadi berkah dan rahmat bagi orang yang ada di sekitarmu."
  6. "Jangan pernah kamu mengeluh ketika dilanda musibah, karena dengan musibah tersebut kamu bisa belajar apa kuat dari cobaan."
  7. "Sesulit apa pun masalah yang kamu hadapi, cobalah untuk selalu sabar menghadapinya, karena dengan kesabaran masalah apa pun akan mudah diselesaikan."
  8. "Sesama manusia kita janganlah saling dendam karena Allah akan menjauhkan keberkahan dan pahala pada kita."
  9. "Jangan pernah menoleh kebelakang jika itu hanya membuatmu mengulangi kesalahan, cobalah menoleh ke depan dan membuka lembar baru yang lebih baik dengan penuh optimisme."
  10. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimipi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik kepada Tuhan.”

Baca Juga: 35+ Kata Mutiara Syekh Ali Jaber, Inspiratif dan Penuh Makna, Masya Allah!

Kata Mutiara untuk Anak yang Menyentuh Hati

kata mutiara untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Selain beberapa kata mutiara di atas, berikut ini adalah daftar kata-kata mutiara untuk anak yang sangat menyentuh hati siapa saja yang membacanya:

  1. " Jangan paksa anakmu untuk menjadi seperti dirimu karena mereka tidak terlahir seperti di zamanmu." - Ali bin Abi Thalib
  2. " Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan sebaik-baiknya." - Hadis
  3. " Anakmu akan mengikuti atau meniru tingkah lakumu sebagai orangtua, bukan nasihatmu."
  4. " Anak-anak jauh lebih membutuhkan kehadiran orangtua daripada sekadar hadiah dari."
  5. " Anak-anak itu amanah, hanya boleh dididik sesuai keinginan yang menitipkan, bukan sesuai hawa nafsu."
  6. " Semua anak adalah baik karena Allah telah menanamkannyal di dalam dirinya fitrah yang lurus."
  7. " Anak terlahir ke dunia dengan kebutuhan untuk disayangi tanpa kekerasan, bawaan hidup ini jangan sekalipun kamu dustakan." - Widodo Judarwanto
  8. " Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil karena ketika kecil mudah membentuk dan mengasuhnya. Belum tersentuh oleh adat kebiasaan yang sukar ditinggalkan." - Hamka
  9. " Anak-anak tidak pernah baik dalam mendengarkan orang yang lebih tua. Namun, anak-anak tidak pernah gagal dalam meniru orang yang lebih tua dari mereka." - James Baldwin
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait