Kesehatan Umum

10 September 2021

Hati-hati, Berikut Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan yang Sering Tidak Moms Sadari

Salah satunya, atau bahkan semuanya justru rutin Moms lakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Tanpa disadari, Moms mungkin sering kali melakukan kebiasaan buruk bagi kesehatan. Misalnya, tidak berolahraga teratur sehingga memicu berbagai penyakit, menonton TV terlalu lama yang berisiko merusak penglihatan, atau mengonsumsi makanan cepat saji dengan berlebihan.

Semua kebiasaan buruk tersebut tampaknya pernah Moms lakukan, bahkan terjadi secara berulang. Jika iya, sebaiknya Moms perlu mengubah kebiasaan itu dan beralih pada pola hidup yang lebih sehat.

Sebenarnya, ada banyak sekali kebiasaan buruk bagi kesehatan yang luput dari perhatian. Apa saja ya Moms? Simak selengkapnya agar Moms bisa menghindarinya.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk yang Harus dijauhkan untuk Mendukung Perkembangan Otak Si Kecil Lebih Optimal

Kebiasaan Buruk bagi Kesehatan

Berikut beberapa kebiasaan buruk bagi kesehatan yang perlu Moms ketahui, dikutip dari berbagai sumber.

1. Jarang Berolahraga

kebiasaan buruk bagi kesehatan - 1

Foto: Orami Photo Stock

Tahu kah Moms bahwa, jarang berolahraga merupakan kebiasaan buruk yang memiliki dampak besar bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan?

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kurang olahraga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jadi, sangat penting untuk memasukkan beberapa bentuk aktivitas fisik dalam rutinitas harian Moms.

American Health Association merekomendasikan 30 menit aktivitas fisik sedang untuk melindungi kesehatan jantung.

Jika Moms terlalu sibuk beraktivitas dan tidak memiliki waktu cukup untuk pergi ke gym, mungkin bisa berolahraga dalam porsi kecil.

Cobalah berolahraga 15 menit di pagi hari, 15 menit saat makan siang, dan 15 menit setelah bekerja. Hal ini memiliki manfaat yang sama dengan latihan 45 menit yang dilakukan secara terus-menerus.

Baca Juga: 10 Olahraga di Rumah untuk Si Kecil yang Sederhana dan Mudah Dilakukan

2. Tidak Tidur Cukup

kebiasaan buruk bagi kesehatan - 2

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti sudah tahu bahwa waktu tidur yang dianjurkan, yakni selama 7-8 jam setiap harinya. Jadi, jangan sampai kurang tidur, ya.

Hal ini karena kurang tidur kronis dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, depresi, serangan jantung, hingga stroke.

Dengan demikian, cobalah untuk tidur lebih awal dan tidur yang cukup agar tubuh Moms dapat berfungsi dengan baik. Jika Moms mengalami sulit tidur, coba tanyakan kepada dokter tentang apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Cari Tahu Macam-macam Gangguan Tidur, Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Ngemil saat Tidak Lapar

kebiasaan buruk bagi kesehatan - 3

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi camilan di sela-sela jam makan utama memang tak ada salahnya, Moms. Namun, ngemil ketika Moms tidak lapar inilah yang menjadi kebiasaan buruk dan berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Tanpa disadari, aktivitas ngemil saat dalam keadaan tidak lapar ini juga sebenarnya merupakan tanda bahwa tubuh Moms telah kehilangan kontak dengan sinyal rasa lapar dan kepuasan alami.

Sebaiknya, Moms perlu berhati-hati karena kondisi ini dapat menyebabkan makan berlebihan kronis dan kelebihan berat badan yang tidak sehat sehingga meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kondisi serius lainnya.

Apalagi, jika makanan yang Moms jadikan camilan bukanlah makanan sehat. Tentu saja, akan memiliki dampak negatif yang lebih tinggi bagi kesehatan.

Dalam mengatasinya, Moms sebaiknya makan atau ngemil saat dalam keadaan benar-benar lapar. Bukan makan karena Moms sedang merasa stres, bosan, marah, sedih, atau perasaan lainnya yang tidak disadari sebagai rasa lapar.

Selain itu, berhentilah makan ketika setelah merasa sedikit kenyang, bukan kekenyangan.

Cara lain yang dapat mencegah Moms dari kebiasaan buruk ini, yakni sebaiknya jangan menyimpan makanan tidak sehat di rumah atau setidaknya pastikan Moms memiliki makanan yang lebih sehat sebagai camilan, seperti buah segar, sayuran, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Anak, Salah Satunya Es Krim!

4. Menonton TV Terlalu Lama

kebiasaan buruk bagi kesehatan - 4

Foto: Orami Photo Stock

Menonton TV terlalu lama setiap harinya juga bisa menjadi salah satu kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan, lho. Hal ini karena Moms akan kehilangan aktivitas fisik jika terlalu lama menonton TV.

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak ini pun telah lama dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang buruk.

Semakin sedikit aktivitas fisik yang Moms lakukan, maka semakin besar peluang bagi Moms untuk mengalami kelebihan berat badan dan mengembangkan diabetes tipe 2.

Bahkan, terbatasnya aktivitas fisik juga dapat memengaruhi kepribadian seseorang.

Dalam Journal of Research in Personality, para peneliti melihat data dari 3 studi dan menemukan adanya hubungan antara kurang olahraga dan penurunan sifat karakter, seperti maladaptif atau perilaku yang menyebabkan individu mengalami masalah penyesuaian diri.

Jika menonton TV bisa menggantikan waktu yang seharusnya Moms habiskan untuk melakukan hobi favorit, mengunjungi teman, atau melatih pikiran, hal ini juga mungkin mempercepat kehilangan ingatan.

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk membatasi waktu menonton TV. Misalnya, maksimal hanya 2 jam sehari dan pastikan Moms berolahraga selama 30 menit setiap harinya.

Hindari juga makan saat menonton TV ya, Moms. Pasalnya, hal ini bisa membuat Moms mengonsumsi terlalu banyak makanan tanpa disadari, yang pada akhirnya, tubuh mendapatkan terlalu banyak kalori dan lemak.

Baca Juga: 5 Cara Menerapkan Screentime untuk Balita yang Paling Efektif

5. Konsumsi Makanan Cepat Saji

kebiasaan buruk bagi kesehatan - 5

Foto: Orami Photo Stock

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan instan atau cepat saji memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama.

Apabila Moms memiliki kebiasaan buruk ini, sebaiknya segera ubah pola makan menjadi yang lebih sehat.

Hal ini karena mengonsumsi makanan cepat saji bisa menaikkan berat badan dengan cepat, meningkatkan risiko penyakit jantung, hingga diabetes.

Bukan itu saja, Moms.

“Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan cepat saji dapat mengurangi efektivitas sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kesehatan mental yang buruk,” kata Kristin Kirkpatrick, RDN, ahli gizi terdaftar dan pemilik KAK Consulting di Denver.

Meski efeknya bagi kesehatan bisa sangat buruk, tetapi mengurangi konsumsi makanan cepat saji bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi, makanan cepat saji sangat mudah didapatkan, rasanya yang enak, praktis, dan murah.

Moms pun bisa mengubah pola makan menjadi lebih sehat secara perlahan. Misalnya, dengan mengganti soda dengan air atau kentang goreng dengan salad.

Pilih juga makanan yang terbuat dari biji-bijian dan sayuran organik.

Selain itu, Moms bisa mengatasi kebiasaan ini dengan membuat makanan yang lebih sehat di rumah.

Baca Juga: Dampak MPASI Instan Pouch Bagi Perkembangan Si Kecil

6. Kebiasaan Merokok

kebiasaan buruk bagi kesehatan - 6

Foto: Orami Photo Stock

Meski tak sedikit orang yang telah mengetahui bahwa merokok termasuk kebiasaan buruk bagi kesehatan. Namun, masih banyak orang yang tetap merokok.

Menurut Journal of Psychology and Health, meski prevalensinya menurun dalam beberapa tahun terakhir, tetapi merokok tembakau tetap menjadi salah satu penyebab utama kesehatan yang buruk dan kematian dini di seluruh dunia.

Untuk diketahui, merokok dapat menyebabkan kematian akibat penyakit kardiovaskular sekitar 20%, 30% kematian akibat kanker, dan 90% dari semua kanker paru-paru, belum lagi meningkatkan risiko kanker mulut, tenggorokan, hingga, kandung kemih.

Jika Moms atau Dads terjebak dalam kebiasaan buruk ini, sebaiknya berusahalah untuk berhenti merokok. Apabila mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, Moms dan Dads mungkin perlu bantuan konselor atau kelompok pendukung.

Baca Juga: Waspada, Berikut 7 Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Itu dia Moms, kebiasaan buruk bagi kesehatan yang sering kali dilakukan secara terus-menerus tanpa disadari. Mulai sekarang, yuk hentikan kebiasaan ini sehingga memiliki pola hidup yang lebih sehat.

  • https://www.medicinenet.com/what_are_the_top_6_bad_habits/article.htm
  • https://www.thehealthy.com/habits/worst-health-habits/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5892442/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5490618/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait