Kesehatan

KESEHATAN
30 Desember 2020

Kebiasaan Sehat Keluarga yang Bisa Dicontoh Anak di Masa New Normal

Pastikan Si Kecil punya daya tahan tubuh kuat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kebiasaan Sehat Saat Pandemi COVID-19 untuk Keluarga dan Si Kecil

Di masa pandemi COVID-19 ini, penting untuk menjaga kesehatan keluarga, terutama Si Kecil di mana daya tahan tubuhnya masih dalam perkembangan.

Apalagi, pandemi COVID-19 berarti banyak dari keluarga yang tinggal di rumah dan melakukan lebih sedikit interaksi sosial dan olahraga.

Tentunya, hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Karena itu, penting dalam memiliki gaya hidup sehat saat pandemi yang bisa dicontoh Si Kecil.

Apa saja ragam kebiasaan sehat tersebut? Simak berikut ini, Moms.

Baca Juga: Lebih Baik Cuci Tangan daripada Menyetok Masker untuk Mencegah Corona, Ini Penjelasannya

1. Lakukan Protokol 3M

kebiasaan sehat-1

Foto: Orami Photo Stock

Protokol 3M tentunya menjadi hal utama yang patut dilakukan. Baik itu ketika Moms dan Si Kecil berada di luar rumah atau di dalam rumah.

Protokol 3M tersebut adalah mencuci tangan selama 20 detik, memakai masker, dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Moms perlu mengajak Si Kecil agar disiplin melakukan kebiasaan sehat saat pandemi ini, ya.

Melansir Centers for Disease and Control Prevention, cucilah tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah berada di tempat umum, setelah menyeka hidung, batuk, atau bersin.

2. Aktif Berolahraga dan Bergerak

kebiasaan sehat-2

Foto: Orami Photo Stock

Berada di rumah dalam waktu lama membuat anggota keluarga juga jarang melakukan aktivitas fisik. Karena itu, kebiasaan sehat lain saat pandemi yang perlu dilakukan adalah tetap aktif berolahraga.

Jika Moms masih merasa ragu untuk beraktivitas di luar rumah, nyatanya ada banyak olahraga menarik yang bisa dilakukan di dalam rumah, lho!

Tidak hanya dengan berolahraga, Moms juga dapat melakukan ragam aktivitas fisik yang menarik dan menyenangkan bersama Si Kecil, seperti menari, bermain petak umpet, dan sebagainya.

Melakukan kebiasaan sehat saat pandemi dengan aktif bergerak juga bisa melindungi Si Kecil dari obesitas.

Pada American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, disebutkan bahwa jika satu orang tua mengalami obesitas, ada kemungkinan 50 persen anak-anaknya juga akan mengalami obesitas.

Baca Juga: Bukan Hanya Susu, Ternyata Ini Juga Makanan Sumber Nutrisi Penting untuk Balita

3. Konsumsi Makanan Bernutrisi

kebiasaan sehat-3

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi makanan bernutrisi juga menjadi kebiasaan sehat saat pandemi yang patut dilakukan oleh Moms dan Si Kecil. Di saat pandemi seperti ini, ada baiknya Si Kecil mengonsumsi sayur dan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013, disebutkan kebutuhan vitamin C per hari sebagai berikut:

  • Bayi usia 0 bulan hingga anak usia 12 tahun (40-45 mg/hari)
  • Anak remaja usia di atas 12 hingga 18 tahun (65-90 mg/hari)
  • Orang dewasa +18 tahun (75-90 mg/hari)

Beberapa rekomendasi sayur dan buah yang tinggi vitamin C seperti tomat, stroberi, jeruk, brokoli, bayam, jambu biji, leci, dan masih banyak lagi.

Jika Si Kecil bosan untuk memakannya langsung, Moms bisa mengolahnya menjadi makanan lain yang menarik.

4. Jaga Diri dari Stres

kebiasaan sehat-4

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, penting juga Moms memerhatikan kesehatan mental Si Kecil. Perubahan yang besar di masa pandemi ini tentunya membutuhkan adaptasi, yang mungkin terasa berat untuk anak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan beberapa tips dalam menjaga kesehatan mental anak agar tidak stres, seperti:

  • Buat rutinitas baru, dan disiplin dalam menjalankan rutinitas tersebut.
  • Bicarakan hal-hal mengenai COVID-19 dengan anak secara jujur, menggunakan bahasa yang sesuai dengan usia.
  • Dukung anak dengan pembelajaran di rumah dan pastikan waktu tersedia untuk bermain.
  • Bantu anak menemukan cara positif untuk mengungkapkan perasaan seperti ketakutan dan kesedihan. Terkadang, melakukan aktivitas kreatif, seperti bermain atau menggambar, dapat membantu.
  • Bantu Si Kecil tetap berhubungan dengan teman dan anggota keluarga lain secara online.

Dengan melakukan kebiasaan sehat saat pandemi ini, kecenderungan Si Kecil merasa stres menjadi berkurang.

Baca Juga: 4 Gaya Hidup Sehat untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh, Yuk Lakukan!

5. Berikan Asupan Gizi Tambahan

Terakhir, untuk mendukung daya tahan tubuhnya, Moms dapat memberikan Nutrilon Royal 3 yang merupakan susu pertumbuhan bagi Si Kecil.

Nutrilon Royal 3, adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun dengan ActiDuobio+ yang terbukti klinis membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil.

Tak hanya itu, Nutrilon Royal 3 juga mengandung FOS:GOS 1:9 yang lebih tinggi. Menjadikan satu-satunya susu pertumbuhan dengan kombinasi FOS:GOS yang dipatenkan untuk dukung daya tahan tubuh.

Dengan kandungan Omega lebih tinggi, Omega 3 (Asam-Linolenat) 103 mg/saji. Omega 6 (Asam Linoleat) 1274 mg/saji, Nutrilon Royal 3 dapat mendukung kemampuan berpikir Si Kecil.

Susu pertumbuhan Nutrilon Royal 3 juga mengandung 0 gula sukrosa, atau tanpa gula tambahan.

Nutrilon Royal 3 mengandung vitamin C yang membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen, dan vitamin E yang membantu penyerapan zat besi.

Itu dia Moms, ragam kebiasaan sehat saat pandemi yang bisa dilakukan bersama Si Kecil. Semoga keluarga Moms dan Dads sehat selalu, ya!

(ADV)

Artikel Terkait